Latest News

Hati-Hati Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi

Hati-hati tanda-tanda kolesterol tinggi - Kolesterol merupan senyawa lemak kompleks yang dihasilkan dari dalam badan yaitu organ hati sekitar 80 persen dan sisanya dari luar badan yaitu zat kuliner yang kita konsumsi yang berfungsi antara lain untuk membentuk dinding sel.

Kadar kolesterol dalam darah sanggup meningkat lewat asupan kuliner yang kita makan, namun bila asupan ini sesuai dengan kebutuhan badan dan seimbang maka anda tidak perlu kuatir kolesterol sanggup membahayakan tubuh.

Kolesterol yang berada dalam badan tidak larut dalam darah, alasannya yaitu itu supaya sanggup disebar ke seluruh badan maka diharapkan protein yang disebut dengan Lipoprotein.

 Kolesterol merupan senyawa lemak kompleks yang dihasilkan dari dalam badan yaitu organ ha Hati-hati tanda-tanda kolesterol tinggi
Kolesterol
Kolesterol dibagi menjadi 2 jenis yaitu:
  1. Kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein), Merupakan jenis kolesterol yang berbahaya alasannya yaitu itu disebut juga dengan kolesterol jahat, kolesterol LDL ini bekerja mengangkut kolesterol paling banyak dalam darah menjadikan banyaknya pengendapan kolesterol di dalam arteri, bila pengendapan semakin tebal maka akan sangat berbahaya alasannya yaitu sanggup memicu terjadinya penyakit jantung koroner dan juga stroke.
  2. Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein), Merupakan jenis kolesterol baik dan tidak berbahaya alasannya yaitu bekerja mengangkut kolesterol lebih sedikit daripada LDL selain itu sanggup membuang kelebihan kolesterol jahat di dalam pembuluh darah arteri dan dibawa kembali ke hati untuk proses pembuangan. HDL ini sangat baik alasannya yaitu sanggup mencegah kolesterol mengendap di dinding arteri serta berfungsi menghindarkan pembuluh darah dari proses pembentukan plak pada dinding pembuluh darah.
Yang perlu juga anda ketahui bahwa selain kedua jenis tadi ada juga Trigliserida merupakan lemak yang terdapat dalam darah dan organ badan lainnya, bila kadar trigliserida meningkat maka kadar kolesterol juga ikut meningkat, beberapa faktor yang memicu terjadinya trigliserida yaitu faktor kegemukan, kuliner berlemak dan alkohol, namun sanggup diatasi dengan diet rendah karbohidrat.
         
Gejala secara umum penyakit kolesterol tinggi:
  1. Pada urat dan jaringan kulit terdapat penumpukan kolesterol dengan tanda pembekakan berbentuk bundar dengan warna kekuningan.
  2. Dibawah kelopak mata biasa terdapat bercak-bercak kuning.
  3. Bagi mereka yang mempunyai kolesterol tinggi alasannya yaitu faktor genetika penumpukan kolesterol akan terlihat dan dirasakan pada urat di sekitar buku jari.
  4. Serta tanda-tanda yang biasa dialami oleh penderita kolesterol tinggi yaitu tempat di sekitar tengkuk akan terasa pegal-pegal, bila anda mengalami ini segera periksakan ke dokter.
Beberapa tips untuk menghindari kolesterol tinggi dalam tubuh:
  • Mengkonsumsi kuliner berserat, manis untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh, karenanya pilihlah kuliner yang banyak mengandung serat  seperti sayuran dan buah-buahan diantaranya brokoli, buncis, kembang kol, anggur, melon, pisang, apel dll.
  • Banyaklah mengkonsumsi ikan menyerupai ikan tuna, ikan kod atau halibut yang baik untuk kesehatan dan menghindarkan kita dari kolesterol, selain itu ikan lainnya menyerupai makarel, salmon dan herring mengandung kadar asam lemak omega 3 yang baik juga untuk kesehatan jantung.
  • Mengkonsumsi kuliner yang mengandung kolesterol maksimal 300 mg dalam sehari, namun pada penderita penyakit jantung usahakan untuk tidak lebih dari 200 mg dalam sehari.
  • Pilihlah kuliner yang mengandung lemak sehat, menyerupai Almond, walnut, kedelai, kacang-kacangan lain, minyak zaitun dan minyak kanola.
  • Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol alasannya yaitu sanggup meningkatkan kadar kolesterol.
  • Hindari merokok alasannya yaitu sanggup memicu terjadinya serangan jantung dan stroke.
  • Lakukan olahraga secara teratur minimal 30 menit dalam sehari, sanggup dengan melaksanakan olahraga bersepeda, berjalan cepat atau mungkin olahraga lainnya sesuai kesukaan anda.
  • Banyaklah mengkonsumsi kuliner yang direbus, dibakar atau dipanggang, hindari kuliner gorengan terlalu banyak.
  • Kurangilah mengkonsumsi daging-dagingan yang berlemak.
  • Menghindari kuliner tidak sehat menyerupai junk food.
Makanan yang sanggup menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah:
  • Apel, sanggup membantu menurunkan kolesterol jahat serta menjaga jantung dan pembuluh darah biar tetap sehat.
  • Gandum, kadar kolesterol dalam darah sanggup diturunkan oleh serat dan betaglucan dalam gandum, menyerupai kuliner oatmeal sangat baik untuk dikonsumsi.
  • Semangka, zat antioksidan dan likopen sanggup menetralkan radikal  bebas serta mengoksidasi kolesterol pada dinding pembuluh darah.
  • Tomat, sanggup mengontrol kadar kolesterol.
  • Kacang-kacangan, mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang berfungsi menurunkan kolesterol jahat dalam darah, kacang yang mengandung asam lemak omega 3 yaitu kenari, almond, kacang merah dan kacang tanah manis juga untuk jantung.
  • Plum, mengandung serat dan zat fitokimia membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.
  • Alpukat, kaya lemak tak jenuh yang sanggup menurunkan kolesterol jahat.
  • Ikan, kandungan omega 3 dalam ikan sanggup menurunkan kadar kolesterol, ikan tuna, salmon dan sarden yaitu ikan yang kaya akan omega 3.
  • Sayuran hijau, mengandung vitamin B kompleks dan Niasin yang berfungsi mencegah pembekuan arteri, menyerupai brokoli, bayam, sawi hijau, buncis, wortel, paprika, kapri dll.
Ada beberapa kuliner berkolesterol tinggi yang jahat, jadi berhati-hatilah dalam mengkonsumsinya:
  • Seafood, kuliner seafood yang perlu diwaspadai yaitu cumi-cumi, udang, kepiting, kerang dan lobster.
  • Telur burung puyuh, mengandung kolesterol yang paling tinggi jadi berhati-hatilah.
  • Telur ayam, yang perlu diwaspadai yaitu bab kuningnya alasannya yaitu mengandung kolesterol jahat tinggi, untuk bab putih telurnya bebas kolesterol. Menurut penelitian mengkonsumsi sebutir telur setiap hari sudah melebihi batas asupan kolesterol yang dianjurkan, alasannya yaitu itu sebaiknya hindari mengkonsumsi telur secara rutin. 
  • Otak sapi, untuk yang menggemari kuliner jerohan disarankan untuk lebih berhati-hati, terutama otak sapi yang mengandung kadar kolesterol tinggi.
Serta kuliner lainnya yan perlu anda waspadai sanggup dilihat dalam tabel gambar di bawah ini. (Sumber: General Hospital - Singapura)
 Kolesterol merupan senyawa lemak kompleks yang dihasilkan dari dalam badan yaitu organ ha Hati-hati tanda-tanda kolesterol tinggi



0 Response to "Hati-Hati Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi"