Latest News

Daun Salam Bukan Sekedar Bumbu Masakan, Yuk Cek Informasinya


Tanaman ini mempunyai nama latin Syzygium polyanthun dan termasuk familia RutaceaeBagian yang dimanfaatkan yakni daun. Dengan kegunaan sanggup mengobati mencret, kencingmanis, dan astringen, antihipertensi ringan, antihiperkolesterol, antibakteri dan penyebab diare.

Tanaman ini mempunyai nama di tiap daerah, Jawa: Salam, manting (Jawa), kastolam (Kangean), Madura: Salam. Tanaman inimemiliki deskripsi perawakan pohon mencapai tinggi 25m. Batang pokok jelas, batang bercabang-cabang, tajuk rimbun. Daun tunggal, letak berhadapan, bentuk elip hingga bundar memanjang, panjang helaian daun 5-15, lebar 3.5 6.5cm, pangkal runcing, ujung meruncing, pertulangan 6 – 10 pada setiap sisi ibu tulang daun panjang tangkai daun 5 – 12mm. Bunga tersusun dalam susunan bunga beragam malay, panjang malay 2 – 8cm, percabangan jelas, bunga tersusun tiga – tiga pada anak tangkai, berbau harum kelopak berbentuk cawan lebar, tinggi 1mm, lebar 4mm, cuping berbentuk bundar melebar, panjang 1mm. Daun mahkota terdiri atas 5 helai, warna putih, panjang 2.5 – 3.5mm. benang sari banyak dalam 4 berkas, panjang 3mm, dasar bunga persegi 4, warna kuning hingga jingga. Buah buni, bentuk bulat, warna merah tua, diameter 8 – 9mm.

Daun salam mempunyai sifat dan khasiat yang biasanya memang daun salam juga sering dijadikan sebagai bumbu kuliner Indonesia. Dalam bahasa ilmiah daun salam sendiri disebut dengan Syzygium polyanthun, sedangkan di dalam salam bahasa Inggris daun salam dikenal dengan sebutan Indonesian Bay Leaf tau juga Indonesian Laurel.

Dengan kandungan kimia minyak atsiri (0.05%) mengandung sitral dan eugenol, tanin, dan flavonoid, flavonoid daun salam antara lain: kuersetin. Kandungan utama daun salam mencakup saponin, polifenol, dan alkaloid. Minyak atsiri daun salam terdiri dari seskuiterpen, lakton dan fenol

Daun salam juga mempunyai acara farmakologi yang telah terbukti secara ilmiah. Efek antihipertensi diperlihatkan dengan adanya penurunan tekanan darah arteri tikus jantan yang dibentuk hipertensi, namun dengan contoh penurunan yang berbda dengan vera pamill. Extrak air daun salam sanggup menurunkan kadar kolesterol LDL dan menaikkan kadar-kadar kolesterol HDL pada serum darah tikus putih. Extrak air daun salam konsentrasi 2µg/ml. Menurunkan kadar kolesterol total kultur primer tikus 19.2% dibandingkan terhadap biakan kontrol. Kadar kolesterol ini diukur sesudah 2jam inkubasi. Hasil uji ini dibandingkan dengan zat antihiperlipidemia, provastatin pada konsentrasi 4002µg/ml. Menurunkan kadar kolesterol berturut-turut sebanyak 1.4 dan 67.1 dibandingkan terhadap biakan kontrol sesudah inkubasi 2 dan 3jam. Extrak etanol daun salam dengan takaran 180mg/200g BB menunjukkan pengaruh antidiare yang tidak berbeda konkret dengan loperamid 0.8mg/200g BB. Penelitian pengaruh antibakteri penyebab diare telah dicobakan terhadap pertumbuhan Staphyllococcus, Aureus, dan Escherichiacoli menunjukkan minyak atsiri salam 40% sanggup menghambat pertumbuhan E. coli dan minyak atsiri 5% sanggup menghambat pertumbuhan S. aureus. Uji mikro biologi invitro memakai metode cakram menunjukkan extrak etanol sanggup menghambat pertumbuhan basil E. Coi, vibriocholerae, dan Salmonella sp. Pemberian extrak etanol daun salam takaran 2.62 dan 5.24mg/20g BB sanggup menurunkan kadar glukosa darah mencit.

Berikut beberapa ramuan daun salam dengan kombinasi materi herbal lainnya.

Contoh Pembuatan :

1. Diabetes R/ daun salam 3g, batang brotowali 5g, herba sambiloto 5g, air 500ml. Cara pembuatan dan penggunaan : Dibuat infusa dan diminum 3hr sekali sesudah makan.

2. Hipertensi R/ daun salam 2g, herba seledri 3g, akar alang-alang 3g, biji pala 1g, air 400ml. Cara pembuatan dan penggunaan : Dibuat infusa dan diminum 2x sehari sesudah makan.

3. Kolesterol R/ daun salam 3g, daun kemuning 5g, daun jati belanda 7g, daun sirih 1g, air 600ml. Cara pembuatan dan penggunaan : Dibuat infusa dan diminum 3hr sekali sesudah makan.

4. Maag R/ daun salam 3g, kulit kayu elok 5g, buah kapulaga 2g. Cara pembuatan dan penggunaan : Dibuat infusa dan diminum 3hr sekali sesudah makan.

0 Response to "Daun Salam Bukan Sekedar Bumbu Masakan, Yuk Cek Informasinya"