Latest News

Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Anyelir

Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Anyelir - Menurut  wikipedia, anyelir atau disebut juga bunga teluki dan dikenal dalam bahasa Inggris sebagai carnation, mempunyai nama ilmiah Dianthus caryophyllus yaitu tumbuhan hias pekarangan dan pot yang populer. Tanaman ini berasal dari tempat Mediterania. Bunga anyelir mempunyai warna yang jelas dan berwarna-warni, sehingga sering dipakai sebagai hiasan. Ada dua jenis tumbuhan anyelir yaitu jenis satu bunga bagi setiap tangkai dan jenis `spray', banyak bunga bagi setiap tangkai.

Lebih lanjut wikipedia menunjukan bila anyelir sanggup hidup selama 18-20 bulan. Jenis tumbuhan hias ini sanggup mencapai ketinggian hingga 2 meter, namun untuk sanggup tumbuh tegak ia harus diikat dengan penyokong. Garis sentra batang tumbuhan bunga anyelir sanggup mencapai 1 cm dan biasanya membengkak pada buku atau ruas.

 anyelir atau disebut juga bunga teluki dan dikenal dalam bahasa Inggris sebagai carnation Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Anyelir

Budidaya Tanaman HIas Bunga Anyelir


Klasifikasi Ilmiah Anyelir
Kerajaan: Plantae
Divis: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Caryophyllales
Famili: Caryophyllaceae
Genus: Dianthus
Spesies: D. caryophyllus

Dalam melaksanakan penanaman serta pengembangbiakan atau budidaya bunga anyelir ada beberapa tahapan yang harus dilakukan terkait proses menanam tumbuhan hias bunga anyelir.
  • Media Tanam
Disini penulis menyajikan isu terkait penanaman bunga anyelir pada pot, gunakan pot dengan diameter besar. Setelah pot disiapkan, lalu isi dengan adonan antara tanah dengan pupuk kandang, gunakan tanah yang gembur. Untuk perbandingan adonan nya cukup 1:1 saja. Siram dengan air media tanam tersebut supaya terjaga kelembabannya.

  • Pembibitan
Cara yang gampang untuk pembibitan ialah dengan memperbanyak tunas rumpunnya, lalu pilihlah bibit tunas yang terlihat sehat tanpa hama. Pisahkan bibit bunga anyelir terpilih dari induknya, lakukan dengan hati-hati jang hingga merusak akar. Setelah terpisah, simpan ditempat lembab untuk mencegah janjkematian bibit tersebut.

  • Penanaman
Tanamlah bibit yang telah dipisahkan tadi ke pot yang sudah terisi media tanam yang sudah disiapkan sebelumnya. Penting untuk diperhatikan pada proses penanaman ini akar bibit harus benar-benar tertanam dengan baik atau dengan kata lain tertutup seluruh akar oleh media tanam. Jangan lupa padatkan media tanam sehabis simpulan melaksanakan penanaman.

  • Proses selanjutnya ialah pemeliharaan tumbuhan hias bunga anyelir dengan cara pemupukan serta penyiraman yang teratur. (Ingat!! tetap jaga kelembabannya)

Mau tahu artikel menarik lainnya? simak di pekaranganrumahku.blogspot.com.

0 Response to "Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Anyelir"