Latest News

Pascom Gelar Sosialisasi Di Sdn 8 Banjar





BANJAR - HR, "Peduli Akan Sampah Community", merupakan sebuah komunitas yang bergerak dibidang sosialisasi dan kampanye perihal pengelolaan sampah. Komunitas ini dikenal dengan nama PAScom, dimana pada Senin (7/3) komunitas tersebut melaksanakan sosialisasi di SDN 8 Banjar yang berlokasi di Jl. Kh.Mustofa No.156 Banjarkolot Kota Banjar - Jawa Barat.

Siswa/i yang tergabung dalam kader 3R di sekolah tersebut menjadi target dalam sosialisasi yang digelar oleh PAScom. Adapun edukasi yang disampaikan memakai contoh bermain, sekitar 23 orang siswa/i dibagi menjadi 3 kelompok dengan nama reuse, reduce dan recycle. Masing-masing kelompok melontarkan pertanyaan seputar pengelolaan sampah kepada kelompok lain, dimana kelompok yang salah menjawab mendapat eksekusi untuk memungut sampah dilingkungan sekolah sambil menyebutkan kategori sampah yang mereka pungut, apakah organik atau non organik.

Kepala Sekolah, Hj. Yayat Maryati, S.Pd sangat mengapresiasi acara tersebut. Beliaupun mengungkapkan bahwa bawah umur didiknya yang tergabung dalam kader 3R pernah menjadi Juara Ke 2 pada perlombaan Peduli Sanitasi tingkat Provinsi Jawa Barat. Pada lomba tersebut, anak latih kami ditugasi menciptakan karya tulis perihal drainase dalam rentang waktu satu jam. Ungkapnya

Kami, lanjutnya, selalu berupaya dengan berbagaicara untuk menekan produksi sampah di sekolah ini. Salah satunya dengan mewajibkan siswa/i membawa alat makan & minum sendiri, dengan impian jikalau mereka jajan tidak harus memakai bungkus dari pedagang melainkan memakai alat yang telah mereka bawa. Selain itu kita juga menyediakan dispenser yang rencananya untuk semua ruang kelas supaya para penerima latih tidak harus membeli air minum kemasan. Tentunya dengan maksud untuk menekan produksi sampah.

Ditempat yang sama, Hendro pengelola 3R di SDN 8 Banjar menyampaikan kalau produk sampah di kita ketika ini mengalami penurunan yang signifikan, yaitu dari 50kg/hari menjadi 15Kg/hari. Katanya.

Disela kegiatan, salah seorang inisiator PAScom, Yadi. S (35) menjelaskan kepada HR bahwa tujuan dari sosialisasi ini yaitu untuk membentuk kader-kader lingkungan hidup semenjak dini. Dengan impian dikemudian hari lahir generasi-generasi gres yang ramah lingkungan. 
PAScom sendiri dibuat dengan dasar pedoman bahwa sampah sudah menjadi problematika diseluruh daerah, maka diharapkan kepedulian dari seluruh elemen masyarakat. Dengan janji bersama beberapa inisiator, tercetuslah pembentukan sebuah komunitas dengan nama Peduli Akan Sampah Community (PAScom)

***Yana Mulyana

0 Response to "Pascom Gelar Sosialisasi Di Sdn 8 Banjar"