Latest News

Agama Ialah Akhlak. Agama Ialah Perilaku. Agama Ialah Sikap. Semua Agama Niscaya Mengajarkan Cinta & Kasih Sayang...

"AGAMA"..........

Agama yaitu akhlak. Agama yaitu perilaku. Agama yaitu sikap. Semua agama niscaya mengajarkan cinta & kasih sayang.

Bila kita cuma puasa, shalat, baca Al-Quran, pergi pengajian,  datang ke masjid, ke majlis dzikir,  itu belum benar2 disebut orang beragama.

Tapi, Jika dikala bersamaan kita menjaga dan membangun korelasi sesama, memberi manfaat kpd orang lain, menyantuni fakir miskin, memberi makan belum dewasa terlantar dll, maka itulah sebaik-baik insan  beragama dan menjalankan perintah agama , mirip sabda Nabi: "Khoirun nash anfa'uhum lin nash".

Ukuran beragama seseorang bukan hanya dari kesalehan pribadinya, tapi juga dari kesalehan sosialnya.

Dalam sebuah hadis dikisahkan, suatu Saat Nabi SAW mendengar informasi perihal seorang yg rajin salat dimalam hari & puasa disiang hari, tetapi lidahnya menyakiti hati orang lain.
‘’Ia dineraka !’’ sahut Nabi.

Dalam hadis lain juga diceritakan, seorang sobat yg memuji kesalehan orang lain di depan Nabi. Nabi bertanya, ‘’Mengapa ia kamu sebut orang shaleh?’’

Sahabat itu menjawab, ‘’Karena, tiap saya masuk masjid ini ia sudah shalat dengan khusyuk & tiap saya sudah pulang, ia masih khusyuk berdoa’’.

"Lalu siapa yg memberinya makan & minum?’’ tanya Nabi lagi.

"Kakaknya’’, sahut sobat tersebut.
Lalu kata Nabi, ‘’Kakaknya itulah yg layak disebut orang shaleh’’.

Naaach ... Coba renungkan hadits tsb , Nabi mengajarkan Keistimewaan ibadah sosial, kemanfaatan diri buat insan lain, yg memang gotong royong setiap diri yaitu Kholifatullah fil ardli .                                                        
Maka orang beragama ialah orang yg punya solidaritas & keprihatinan kepada insan yg lain.

Orang beragama dan beriman- Bukan Sekedar orang-orang yg meratakan dahinya dan iktikaf masjid saja,  sementara beberapa meter darinya ada orang yg butuh pertolongan/uluran tangan tidak dipedulikan.

Pesan sabda Nabi : "Kasihilah makhluk yg dibumi, maka engkau bakal dikasihi yg "dilangit" !!!"
(HR.Thabrani)

Repost dari FB https://www.facebook.com/KIBAGUS

0 Response to "Agama Ialah Akhlak. Agama Ialah Perilaku. Agama Ialah Sikap. Semua Agama Niscaya Mengajarkan Cinta & Kasih Sayang..."