Latest News

Hubungan Penyakit Gondongan Dan Blauw ...

"Moms... dimana yah cari blau? anakku kena gondongan nih"

" Dok, gondongan anak aku sudah aku kasih blau, tapi ndak sembuh2.. dikasih apa lagi ya supaya cepet sembuh?"
.
Sering sekali aku dengar perihal pengobatan blau untuk anak sakit gondongan..

Sebenarnya apakah sakit gondongan itu? apa bahayanya? dan apakah blau sungguh untuk obatnya?

Gondongan atau Mumps atau Parotitis yaitu penyakit peradangan pada kelenjar ludah akhir virus berjulukan paromixovirus. Gejalanya jerawat pada leher atau rahang bersahabat pipi, nyeri dan kadang disertai demam.

Nah, alasannya penyebabnya virus, maka penyakit ini sangat menular. Caranya penularannya dapat melalui percikan ludah, dapat juga alasannya bertukar alat makan.

Obatnya apa sih dok?
Duh sayangnya, bukan blau lho obatnya moms.. Penyakit akhir virus ini hanya satu obatnya: yaitu daya tahan badan si penderita sendiri. Kaprikornus hanya dengan istirahat yg cukup, banyak makan makanan bergizi, dan extra minum air putih, itu saja sudah cukup. Pada anak mempunyai imunitas yg rendah, penyakit inipun dapat menimbulkan komplikasi, mirip peradangan pada ginjal, buah zakar maupun pada otak; namun komplikasi ini sangat sangat langka terjadi. Umumnya dengan istirahat dan makan yg cukup, virus bakal meninggalkan badan dalam 3-4 hari. Untuk mengurangi nyeri dapat gunakan obat pereda nyeri mirip paracetamol sesuai takaran anak.

Nah, jadi apa sih sebetulnya si blau ini?
Blau itu sebetulnya sabun 'jadul' yg sering dipakai orang2 renta jaman dulu untuk memberi efek biru dan higienis pada baju putih. Isinya terdiri dari tiga unsur yaitu biang blau, tepung soda (sodium citrate) dan tepung sagu (aci). Tidak pernah ada penelitian ilmiah yg mengatakan manfaat maupun kekerabatan blau dengan gondongan.

Sempat baca2 asal muasal blau dijadikan 'obat' gondongan. Jadi, jaman dulu, orang2 renta sebetulnya sudah tahu bahwa jikalau anak sakit gondongan sebaiknya banyak istirahat saja di rumah. Nah, blau ini pun dibaurkan pada pipi anak yg bengkak. Tujuannya semoga si anak aib keluar rumah dengan belepotan biru2 di wajahnya, sehingga dapat banyak istirahat di rumah.

Sooo..  sama sekali tidak ada efek menyembuhkan dari blau lhooo moms.. yg terjadi malah kadang timbul reaksi alergi alasannya kulit anak yg tidak tahan dengan kandungan blau. Gondongan tidak bertambah cepat membaik, malah kulit jadi mirip terbakar.. sayang kan...

Bahayanya lagi, kadang2, alasannya si ibu sudah merasa anaknya sudah diobati dengan blau, maka anaknya malah diagarkan bebas berkeliaran.. Tidak istirahat yg betul, malah main gadget seharian, tidak juga makan makanan bergizi.. hasilnya gondongannya tidak kunjung sembuh..

Oh ya satu lagi.. jangan lupa imunisasi MMR yah.. dapat mencegah gondongan lho.. Ingat, mencegah gondongan bukan dengan makan garam yodium.. itu sih mencegah GONDOKAN, bukan GONDONGAN... itu beda lagi lhooo.. hehee...

So.. jangan sibuk cari2 blau lagi ya moms.. sudah susah carinya, ga ada manfaat, ada bahayanya pula...

Semoga bermanfaat... Sumber https://www.facebook.com/Dr-Theresia-Santi-SpA-320858521665506/

0 Response to "Hubungan Penyakit Gondongan Dan Blauw ..."