Latest News

Resep Ketoprak, Masakan Tradisional Indonesia Yang Wajib Kau Dicicipi

Ketoprak menjadi masakan yang dilarang dilewatkan. Makanan tersebut sekilas seakan-akan dengan pecel. Hanya saja pecel memakai banyak sekali jenis sayuran sedangkan masakan ini hanya memakai sayur toge saja dicampur dengan bihun yang diberi sambel kacang tanah.

Ketoprak menjadi masakan yang dilarang dilewatkan Resep Ketoprak, Makanan Tradisional Indonesia yang Wajib Kamu Dicicipi

Makanan ini memiliki saos yang berbahan sama dengan gado-gado dan karedok yaitu dengan memakai saos kacang. Makara cita rasa yang diberikan hampir seakan-akan satu dengan yang lain yang membedakan yaitu materi baku pembuatnya dan pelengkapnya yang berbeda.

Asal mula kuliner ketoprak


Tidak terperinci kuliner ini berasal dari mana. Ada yang menyampaikan berasal dari Jakarta tetapi ada juga yang menyampaikan dari Cirebon. Bahkan ada yang bilang dari Jawa Tengah. Tidak duduk perkara ketoprak berasal dari mana yang penting merupakan kuliner orisinil dari Indonesia dan memiliki cita rasa khas orisinil orang Indonesia juga.

Masyarakat Jawa kadang mengenalnya sebagai salah satu jenis kesenian drama orisinil Jawa. Dan ternyata memang memiliki nama yang sama. Asal mula namanya juga unik alasannya yaitu konon berawal alasannya yaitu piring sang penjual yang jatuh dan berbunyi ketuprak. Ditambah penjual yang memakai gramobak untuk menjajakan makanannya dan masyarakat lebih mengenalnya sebagai gedubrak. Dari situlah asal mula nama kuliner yang unik itu.

Sebagai topping ketoprak, kau sanggup menambahkan telur rebus dan kerupuk kecil atau emping melinjo. Rebusan telur itu menyebabkan ketoprak lengkap istimewa. Tetapi jika memang tidak suka dengan telur rebus tidak perlu cukup taburan bawang goreng saja sudah cukup memperlihatkan kelezatan di pengecap yang sulit untuk ditolak.

Makanan ini biasa menjadi kuliner utama alasannya yaitu terdapat ketupat sebagai bahannya. Ketupat dicampur jadi satu dengan bumbu dan materi lainnya biar bercampur jadi satu dengan bumbu kacang. Di samping itu, ada bihun dan mentimun yang menambah rasa segar dan nikmat. Makara tidak mengherankan jika banyak orang yang memburu kuliner ini sebagai makan siang dikala di kantor alasannya yaitu mengenyangkan.

Untuk mendapatkannya juga tidak sulit alasannya yaitu kau tinggal mencarinya di pinggir jalan. Banyak pedagang kaki lima yang menjualnya dan harganya juga murah. Dijamin kondusif untuk kantong. Apalagi dikala tanggal bau tanah yang menuntut untuk berhemat. Tetapi dikala ini juga sudah banyak restoran yang menyediakannya sebagai salah satu sajiannya alasannya yaitu banyak peminat dan harganya juga tidak beda jauh dengan yang di kaki lima.

Jika kau ingin menambah khasanah masakan tradisional Indonesia maka ketoprak wajib kau coba. Rasanya yang gurih dari saus kacang tanah dicampur dengan segarnya irisan mentimun memperlihatkan sensasi tersendiri. Disamping mengenyangkan, kuliner ini memperlihatkan rasa nikmat di pengecap dan tidak mengecewakan. Jadikan kuliner tradisional menjadi raja di Indonesia biar terjaga kelestariannya.

Resep ketoprak mudah enak


Bahan utama

  • 250 gram taoge, basuh higienis dan seduh pakai air panas, angkat
  • 100 gram bihun, rendam air masbodoh hingga lunak, tiriskan
  • 5 buah tahu putih ukuran 6 x 6 x 2 centimeter
  • 4 buah ketupat, potong-potong sesuai selera

 Bahan saus kacang

  • 250 gram kacang tanah, goreng, haluskan
  • 100 mililiter air hangat
  • 6 siung bawang putih
  • 5 buah cabe rawit merah, goreng, sisihkan
  • 1 sendok teh garam
  • Kecap anggun Bango secukupnya

Bahan pelengkap

  • Irisan seledri
  • Bawang goreng

Langkah memasak

  1. Pertama, goreng tahu hingga setengah matang, angkat kemudian tiriskan dari minyaknya. Jika sudah, Potong kotak-kotak atau sesuai selera.
  2. Kedua bikin saus, haluskan cabe rawit, bawang putih dan garam. Tambahkan air, kacang dan kecap anggun kemudian haluskan. Aduk hingga merata, sisihkan.
  3. Ketiga, ambil piring saji. Susun ketupat, taoge, bihun beserta tahu. Tuang saus kacang diatasnya dan beri kecap manis. Taburi irisan seledri, bawang goreng sekaligus kerupuk merah sebagai pelengkap.

0 Response to "Resep Ketoprak, Masakan Tradisional Indonesia Yang Wajib Kau Dicicipi"