Latest News

Resep Martabak Manis, Kuliner Yang Selalu Bikin Kangen

Martabak anggun memang menyampaikan kesan tersendiri bagi penggemarnya. Baik itu anak muda atau orang renta bakalan susah bilang nggak mau pada masakan yang satu ini. Bahkan ada yang menyampaikan kalau masakan anggun satu ini cocok dibawakan untuk calon mertua kamu.

Martabak anggun memang menyampaikan kesan tersendiri bagi penggemarnya Resep Martabak Manis, Kuliner yang Selalu Bikin Kangen

Kamu dapat menemukan masakan ini hampir di banyak sekali tempat, mulai dari pinggir jalan hingga kafe-kafe modern. Kalau bosan dengan varian yang ditawarkan oleh penjual di pinggir jalan, kau dapat mencoba masakan ini di bar modern yang biasanya memperlihatkan topping dan jenis martabak yang lebih bervariasi.

Martabak manis, pilih jadul atau kekinian?


Sebelum itu kau tau gak sih asal-usul dari masakan yang satu ini? Martabak anggun berasal dari Bangka Belitung dan merupakan masakan khas warga keturunan Tionghoa yang tinggal disana. Nama aslinya Hok Lo Pan atau masakan ringan anggun orang Hok Lo.

Awal mulanya masakan ini hanya ditaburi dengan gula dan wijen sangrai. Setelah berkembang ke banyak sekali tempat banyak varian topping yang kemudian ditambahkan. Nama yang diberikan di setiap tempat pun berbeda-beda. Misalnya di Pontianak disebut apam pinang atau orang Medan menyebutnya martabak Bangka.

Seiring berjalannya waktu variasi martabak anggun semakin berkembang. Dulunya hanya dikenal taburan coklat, messes, kacang, dan keju atau gabungannya dengan tampilan yang sederhana. Variasi ini masih dapat kau temukan pada penjual di pinggir jalan. Meskipun begitu jangan anggap remeh kelezatan yang ada di setiap gigitannya.

Saat ini martabak anggun menjadi sangat terkenal terutama dikalangan anak muda sebab jenis dan variasi topping yang ditawarkan. Inovasi dari masakan ini biasanya ditemukan di kafe-kafe atau restoran. Tampilannya juga terlihat lebih glamor dari martabak yang dijual di pinggir jalan.

Jenis martabak kekinian yang cukup terkenal yaitu martabak pizza, martabak mini hingga martabak gellato. Setiap martabak yang ditawarkan pun mempunyai banyak sekali rasa dengan taburan topping pilihan. Martabak pizza misalnya, dengan bentuk mirip pizza taburan topping yang ada terdiri dari 4, 8 hingga 16 rasa yang berbeda. Ada juga martabak mini yang berukuran jauh lebih kecil dari pada martabak sejenisnya.

Selain jenis, varian topping yang dipakai menjadi daya tarik tersendiri bagi martabak anggun kekinian. Topping dengan kualitas premium biasa ditemukan pada martabak kekinian. Misalnya saja martabak dengan topping lelehan keju mozzarela atau kit kat green tea dibalut susu kental anggun dijamin rasanya meleleh di mulut. Selain rasa anggun ternyata kau juga dapat mencoba rasa pedas yang ada pada martabak samyang.

Nah itu tadi jenis dan varian martabak anggun jaman dulu dan kekinian. Meskipun mempunyai tampilan dan topping yang berbeda-beda, martabak tetap menyampaikan kelezatan di setiap gigitannya. Cocok buat kau dan teman-teman ketika nongkrong.

Resep martabak anggun legit


Bahan adonan

  • 350 mililiter susu cair
  • 250 gram tepung terigu
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 1 sendok teh ragi instant
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh garam
  • mentega secukupnya untuk olesan

Langkah membuat

  1. Pertama, campur terigu, baking powder, gula pasir serta ragi instant.
  2. Kemudian, tuang susu cair secara perlahan dan aduk hingga tercampur merata.
  3. Setelah itu, tuang telur, aduk rata dan tambahkan garam. Diamkan campuran selama 35 menit dengan ditutup kain.
  4. Selanjutnya, siapkan wajan anti lengket, panasin sebentar, oles atas dengan sedikit mentega. Lalu tuang adonan.
  5. Jika sudah agak matang akan terlihat lubang-lubang kecil, tabur gula pasir secara melingkar, tutup dan diamkan hingga matang.
  6. Selanjutnya, angkat dan olesi kembali dengan mentega. Beri materi isian mirip meses/keju/kacang.
  7. Terakhir, lipat hingga membentuk setengah lingkaran. Iris-iris sesuai selera ketika disajikan.

0 Response to "Resep Martabak Manis, Kuliner Yang Selalu Bikin Kangen"