Latest News

Tidak Perlu Keluar Uang Jutaan, 5 Hal Ini Dapat Kau Lakukan Untuk Mengambarkan Perilaku Berbakti Kepada Orang Tua

Berbakti itu merupakan kewajiban setiap anak kepada orang tuanya. Ada banyak cerita menyentuh mengenai anak yang berbakti kepada orang tua. Salah satunya yaitu cerita dari Negeri China, yaitu Zhang Da. Sejak usia kurang dari 10 tahun, Zhang Da sudah harus merawat ayahnya yang tidak bisa bekerja, tidak bisa berjalan, dan sakit-sakitan. Dia dengan penuh kasih sayang merawat ayahnya sendirian, sedang ibu Zhang Da menentukan untuk meninggalkan mereka berdua untuk berjuang sendirian.

Berbakti itu merupakan kewajiban setiap anak kepada orang tuanya Tidak Perlu Keluar Uang Jutaan, 5 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Menunjukan Sikap Berbakti Kepada Orang Tua

Pada usianya yang masih sangat kecil itu, dia harus melaksanakan banyak hal untuk ayahnya, diantaranya yaitu mencukupi kebutuhan makan dan obat-obatan. Di sela keadaan tersebut, dia tetap bersikeras untuk tidak berhenti sekolah lho. Hebat ya Zhang Da!

Tapi, tahukah kau sebetulnya ada banyak cara yang bisa kau lakukan untuk mengambarkan tanda baktimu kepada orang tua. Tidak harus seberat yang sudah dilakukan Zhang Da kok. Berikut yaitu hal-hal sederhana yang bisa kau lakukan sebagai tanda berbakti kepada orang tua.

1. Walau berbeda pendapat, tunjukan bahwa kau tetap mendengarkan


Sering kali orang bau tanah mempunyai perbedaan pendapat dengan anaknya. Alasannya tidak lain alasannya yaitu golongan muda sudah mengikuti perkembangan zaman, sedang golongan bau tanah cenderung lebih tradisional. Tidak jarang, hal ini mengarah pada pertengkaran. Tapi, kau jangan menyerupai ini ya!

Jika terjadi perbedaan pendapat dengan orang tua, ada baiknya kau bersabar dan mendengarkan pendapat tersebut hingga orang bau tanah simpulan bicara. Baru sehabis itu, kau bisa menyiasati dengan meminta waktu untuk memikirkan semua perkataannya. Jangan pribadi memotong pembicaraan apa lagi berteriak-teriak untuk membantah nasihatnya.

Dengan bersikap demikian, kau tidak akan terlihat kekanak-kanakan. Orang tuapun akan lebih percaya bahwa kau memang sudah bisa menentukan pilihan dengan penuh perhitungan.

2. Orang Tua memang cenderung suka melarang, tidak perlu melawan apalagi mengambarkan kemarahan


Kalian niscaya sering kan mendengar orang bau tanah melarang ini itu? Tidak jarang hal itu bikin anak jadi uring-uringan. Eittss,, jangan emosi dulu. Dari pada melawan dan mengambarkan kemarahan, ada baiknya kau tenangkan diri terlebih dahulu. Baru sehabis itu, kau jelaskan alasan-alasan kenapa kau ingin melakukannya. Kamu juga bisa meyakinkan orang bau tanah dengan cara menjelaskan manfaat kasatmata dari acara yang ingin kau lakukan itu.

Dengan mendengarkan ia berbicara, itu berarti kau memperlihatkan bahwa kau menghargai beliau. Sedangkan klarifikasi yang kau berikan akan memperlihatkan bahwa kau sudah bisa berpikir panjang dan matang. Dengan begitu, kemungkinan orang bau tanah akan lebih percaya dengan kamu.

Tapi, kalau memang orang bau tanah tetap tidak mengizinkan dengan alasan yang besar lengan berkuasa dan masuk akal, ada baiknya kita sebagai anak menyerah dan menurutinya saja ya. Menuruti larangan orang bau tanah juga termasuk tanda bahwa kau berbakti kepada mereka.

3. Berbakti bisa ditunjukkan dengan bersikap selektif dalam menentukan pertemanan


Kamu resah kenapa menentukan sahabat bisa disebut berbakti kepada orang tua? Begini penjelasannya. Teman atau pergaulan merupakan salah satu hal yang bisa menawarkan efek besar terhadap kehidupan kamu, utamanya perilaku dan kepribadian kamu. Misalnya dikala kau berteman dengan orang-orang yang bermasalah, lama-kelamaan sikapmu akan sama dengan mereka. Kalau sudah begitu, kau bisa jadi akan mendapat evaluasi yang tidak jauh berbeda dengan orang-orang tersebut.

Ketika kau mendapat nilai yang jelek dari masyarakat, secara tidak pribadi orang tuamu juga akan terbawa dengan hal itu. Kalau sudah mencoreng nama baik keluarga menyerupai itu, apa masih bisa disebut berbakti? Nah, untuk itu kau harus menentukan lingkungan pertemanan yang baik. Lingkungan pertemanan yang baik akan membawa kau ke kebaikan juga. Orang bau tanah juga menjadi melebih damai dan tidak banyak kekhawatiran.

4. Kamu seorang kakak, adik, atau anak tengah? Siapapun kamu, kau harus bisa menjaga sesama saudara


Buat kau yang punya saudara, tidak peduli berapapun jumlahnya, kau bisa memperlihatkan baktimu kepada orang bau tanah dengan cara menjaga kerukunan diantara semua. Orang bau tanah akan senang melihat anaknya bisa rukun dan saling menyangi satu sama lain. Orang bau tanah yang senang akan cenderung lebih sehat dan berumur panjang.

Berbeda dengan orang bau tanah yang anak-anaknya sering bertengkar. Pertengkaran tersebut akan membebani pikiran orang tua. Hal inilah yang akan memicu datangnya banyak sekali penyakit yang akan mengganggu kesehatannya. Kalau sudah begitu, jadi sama-sama susah kan?  Jadi, mulai kini kau harus berusaha untuk selalu bisa menengahi permasalahan antar saudara ya. Semua itu demi kebaikan semua anggota keluarga.

5. Sedang liburan? jangan cuma malas-malasan. Yuk, bikin hati orang bau tanah senang!


Sebagai anak kita wajib membantu orang tua. Tidak harus membantu dalam hal besar. Membantu dalam hal kecil saja sudah bisa menyenangkan hati mereka. Khususnya dikala kau sedang liburan dan berada di rumah. Ketika berada di rumah, tentu ada banyak pekerjaan yang bisa kau lakukan. Diantaranya yaitu menyapu lantai, membereskan rumah, mencuci baju, membantu berbelanja, memasak, dan masih banyak lagi.

Pada kesempatan yang baik itu, kau bisa memanfaatkan liburmu untuk membantu meringankan pekerjaan rumah tersebut. Tidak hanya meringankan, hal tersebut juga bisa sebagai media untuk kau belajar. Itung-itung buat latihan sebelum punya rumah sendiri ya. hehehe....

6. Berbakti juga bisa dilakukan dengan meninggikan mimpi


Loh, gimana sih maksudnya? Bingung ya? Yang disebut mimpi dalam hal ini bukan mimpi dikala kau tertidur, tetapi mimpi berupa harapan yang ingin kau capai di masa depan sana. Dengan mempunyai mimpi, kau akan menjadi lebih ulet dalam berusaha.

Misalnya, kau yang sedang berkuliah mempunyai mimpi untuk menyelesaikannya lebih awal. Dengan membicarakan hal tersebut kepada orang bau tanah dan mengambarkan keseriusanmu dalam mencapainya, kau akan menciptakan orang tuamu merasa bangga. Bahkan, orang tuamu juga niscaya akan ikut mendukung kesuksesanmu. Membuat orang bau tanah merasa besar hati juga termasuk berbakti kepada orang bau tanah lho.

Selain lima cara tersebut, masih ada cara lain yang bisa kau lakukan. Ingat, untuk berbakti kau tidak perlu melaksanakan hal-hal berat atau mengeluarkan banyak uang. Kamu hanya perlu menciptakan orang bau tanah merasa damai dan senang. Dengan tidak membebani pikiran orang bau tanah kau sudah bisa disebut berbakti kepada mereka.

Tapi untuk kau yang bisa melaksanakan hal-hal lain yang melebihi lima hal tersebut, jangan berpikir dua kali untuk melakukannya ya. Termasuk kalau kau mempunyai uang lebih, jangan pelit untuk membuatkan dengan orang tua. Ngomong-ngomong dari 5 hal sederhana tersebut, mana saja yang sudah kau lakukan?

0 Response to "Tidak Perlu Keluar Uang Jutaan, 5 Hal Ini Dapat Kau Lakukan Untuk Mengambarkan Perilaku Berbakti Kepada Orang Tua"