Latest News

Resep Mie Kocok Bandung, Makanan Khas Yang Menggiurkan

Mie kocok Bandung sudah populer selama beberapa dekade terakhir. Menggunakan bumbu dan cara memasaknya yang khas menciptakan mie kocok memiliki tekstur lembut dan kenyal ketika kau menyantapnya.

Mie kocok Bandung sudah populer selama beberapa dekade terakhir Resep Mie Kocok Bandung, Kuliner Khas yang Menggiurkan

Kalo sedang berkunjung di Bandung, kau sanggup dengan gampang menemui penjual mie kocok ini. Banyak warung di Bandung yang dianggap legend lantaran menyampaikan cita rasa yummy khas mie kocok. Tentu kau sanggup mampir ke salah satu dari warung-warung tersebut kalau sedang pergi ke Bandung.

Mie kocok bandung, makanan yang pantang terlewatkan


Tidak ada yang tahu persis kapan mie kocok menjadi makanan khas Bandung. Namun sejarah menyampaikan awal mula mie kocok pertama kali dibentuk ialah sekitar tahun 1958-an. Beberapa warung mie kocok sudah bangkit semenjak dikala itu dan menjadi warung-warung legendaris di Bandung hingga sekarang. Hal ini menerangkan mie kocok benar-benar tidak lekang oleh zaman.

Bukan tanpa alasannya kalo mie kocok Bandung merupakan salah satu makanan yang wajib dicoba. Kelezatan mie kocok Bandung dan teksturnya yang lembut menciptakan makanan yang satu ini sangat disukai oleh wisatawan lokal maupun asing. Meskipun sekilas tampilannya seolah-olah bakso biasa bahan-bahan yang digunakan untuk menciptakan mie kocok yang menjadi pembeda. Paling kentara ialah kuah yang digunakan dalam menyajikan mie kocok.

Dalam satu piring mie kocok biasanya terdapat mie kuning, kikil sapi, taoge, jeruk nipis, seledri, bawang goreng, dan daun bawang. Semua materi tersebut kemudian diguyur memakai kuah kaldu sapi yang kental. Bisa dibayangkan kelezatan yang kau dapatkan ketika sedang menikmati mie kocok. Selain itu di beberapa daerah ada tambahan resep sesuai ilham penjualnya.

Nah kini kenapa dinamakan dengan mie kocok? Hal ini dikarenakan dalam proses memasaknya mie kuning dikocok memakai wadah logam yang bolong-bolong dan dicelupkan kedalam air panas. Cita rasa mie kocok semakin yummy dengan tambahan kecap, sambal, dan cuka.

Seiring berjalannya waktu aneka macam variasi ditambahkan kedalam resep mie kocok Bandung. Ada yang menambahkan daging tulang iga atau memakai tulang sumsum dalam penyajiannya. Selain itu ada beberapa penjual yang menambahkan resep tertentu pada bumbunya. Biasanya ini dilakukan untuk mengurangi busuk bacin daging dan menciptakan kuah kaldu sapi menjadi lebih kental.

Setiap warung memiliki resep mie kocok Bandung sendiri-sendiri. Bahkan kau sanggup menemukan beberapa sajian mie kocok dalam satu warung dengan variasi yang berbeda-beda. Kalau masih galau kau sanggup googling dulu untuk menemukan daerah yang sesuai dengan seleranya.

Hal lain yang menjadi daya tarik warung penjual mie kocok Bandung ialah sebagian dari mereka masih memakai arang dalam proses memasaknya. Menggunakan arang berarti benar-benar menjaga kualitas materi dan bumbu yang tercampur dalam mie kocok.

Resep mie kocok bandung


Bahan utama yang dibutuhkan

  • 500 gram tulang kaki sapi
  • 200 gram tauge (bersihkan, siram air panas, kemudian tiriskan)
  • 1 bungkus mie telur(rendam air hingga lunak, kemudian tiriskan)
  • kikil sapi secukupnya (potong dadu, rebus hingga benar-benar empuk)
  • air secukupnya (untuk rebusan dan kuah) 
  • minyak secukupnya untuk menumis

Bumbu bumbu halus

  • 10 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai
  • 1 buah kemiri
  • 1 ruas jahe
  • 1 sendok makan ebi

Bahan pelengkap

  • potongan jeruk nipis secukupnya
  • sambal uleg pedas sesuai selera
  • seledri dan daun bawang secukupnya (iris tipis sesuai selera)
  • bawang goreng secukupnya
  • kecap manis

Cara membuat

  1. Langkah awal buat kaldu dulu: panaskan air hingga mendidih ddalam panci besar kemudian masukkan kaki sapi, masak hingga lunak/empuk.
  2. Jika sudah, angkat  dan potong kaki sapi dama bentuk kecil sesuai selera. Kemudian tuang lagi potongan tersebut ke dalam kuah.
  3. Selanjutnya, Panaskan minyak kemudian tumis bumbu yg telah dihaluskan, dan masukkan salam,serai, daun jeruk kemudian dan jahe kemudian aduk hingga bumbu matang dan keluar minyaknya.
  4. Berikutnya, tuang tumisan bumbu kedalam kaldu tadi yang sudah dibuat. Aduk-aduk sesekali biar merata. Posisi kaldu sedang di panaskan lagi ketika mencampurkan bumbu tumisan tersebut.
  5. Terakhir, siapkan penyajian berupa mangkuk kemudian tata mie, potongan kikil, tauge, seledri, daun bawang, bawang goreng.
  6. Setelah itu, siram dengan kuah kaldu panas. Sajikan selagi hangat dengan materi komplemen sambal, perasan jeruk nipis dan kecap.

0 Response to "Resep Mie Kocok Bandung, Makanan Khas Yang Menggiurkan"