Latest News

10 Cara Alami Mengobati Sakit Tenggorokan

Cara alami mengobati sakit tenggorokan - Sakit tenggorokan memang sering dialami oleh hampir semua orang. Baik itu orang bau tanah maupun anak-anak. Penyebabnya pun beragam, dan yang paling utama ialah lantaran tidak menjaga contoh makan dengan baik, menyerupai makan sembarang makanan yang penting yummy dan kenyang. Justru itulah yang menjadi pemicu sakit tenggorokan.

Berbicara mengenai sakit tenggorokan. Biasanya sakit tenggorokan juga disebabkan lantaran sering berteriak atau sering mengeluarkan bunyi dalam nada yang tinggi. Jika hal ini dilakukan terus menerus makan bisa menjadikan tenggorokan sakit. Lalu bagaimana cara mengobatinya? Sebelum itu, kita perlu tahu terlebih dahulu mengenai gejala-gejalanya. Biasanya radang tenggorokan akan ditandai dengan rasa sakit pada tenggorokan atau terasa perih. Segeralah melaksanakan pengobatan bila terjadi tanda-tanda tersebut.

Untuk mengobati sakit tenggorokan, bahwasanya ada banyak cara yang bisa dilakukan. Namun yang lebih baik ialah dengan secara pribadi konsultasi dokter ahlinya. Selain itu, untuk mempercepat pengobatan, anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami. Berikut ini beberapa cara alami untuk mengobati sakit tenggorokan:
 Sakit tenggorokan memang sering dialami oleh hampir semua orang 10 Cara Alami Mengobati Sakit Tenggorokan
10 Cara Alami Mengobati Sakit Tenggorokan

1. Jahe

Jahe ialah salah satu jenis rempah-rempah yang mempunyai banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu baik untuk mengobati sakit tenggorokan. Untuk memanfaatkan jahe sebagai obat alami tenggorokan, anda cukup menumbuk jahe sampai halus dan kemudian seduh dengan air panas. Tambahkan beberapa sendok madu biar lebih nikmat. Minumlah secara rutin.

2. Jeruk Lemon

Jeruk lemon juga bisa anda manfaatkan untuk membantu mengobati sakit tenggorokan. Anda bisa menciptakan ramuannya dengan cara mencampurkan 1 sendok teh air perasan lemon ke dalam gelas air matang. Kemudian minumlah secara rutin. Kandungan yang ada dalam jeruk lemon bisa meredakan inflamasi dan membantu membunuh kuman-kuman di tenggorokan.

3. Madu

Madu telah dipercaya akan kandungan antibakterinya, antivirus, dan antijamur yang tentunya sanggup membantu melawan bisul kuman di tenggorokan. Anda bisa memanfaatkan madu untuk mengobati sakit tenggorokan. Cukup campurkan satu sendok makan madu dengan segelas air hangat. Konsumsilah secara teratur sehari 2-3 kali sampai sakit tenggorokannya sembuh.

4. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih memang biasanya dipakai untuk mengobati sakit perut, perut kembung, masuk angin, dan sebagainya. Namun anda juga bisa memanfaatkan minyak kayu putih untuk mengobati sakit tenggorokan. Cukup teteskan minyak kayu putih di satu ember air panas yang masih menguap. Hiruplah aroma hangat yang keluar dari ember berisi air tersebut. Lakukan berulang kali sampai membaik.

5. Minum banyak air putih

Minum air putih secara rutin dan teratur sangatlah penting untuk dilakukan. Bahkan ada yang menyampaikan minimal konsumsi air putih atau air mineral sebanyak 7-8 liter dalam sehari. Selain sanggup menyeimbangkan cairan dalam badan anda, minum air putih secara rutin juga akan membantu mengobati sakit tenggorokan yang anda alami.

6. Berhenti merokok

Merokok ialah salah satu kebiasaan yang kurang baik. Baik itu bagi perokok aktif maupun pasif, akan sangat berbahaya bila hal itu berlangsung terus-menerus dan berlebihan. Jika anda mempunyai sakit tenggorokan, maka akan sangat dianjurkan untuk menjauhi kebiasaan merokok maupun asap rokok. Hal ini lantaran asap rokok sanggup menjadikan sakit tenggorokan, bahkan sampai tumor tenggorokan.

7. Mengkonsumsi bawang putih

Mungkin kedengarannya asing bila disuruh mengkonsumsi bawang putih. Rasanya yang asing menciptakan kita enggan untuk mengkonsumsinya. Namun perlu kita ketahui bahwa bawang putih sanggup membantu mengobati sakit tenggorokan. Bawang putih mengandung senyawa allicin yang sanggup membunuh kuman penyebab radang dan melawan kuman penyebab rasa sakit dan iritasi.

8. Daun kemangi

Daun kemangi mungkin akan terasa agak asing bila dikonsumsi orang yang belum terbiasa. Namun daun kemangi ini mempunyai banyak manfaat, salah satunya yaitu sanggup mengobati sakit tenggorokan. Anda bisa merebus daun kemangi dan minumlah airnya. Anda juga bisa melakukannya hanya dengan berkumur dengan air rebusan kemangi. Perlahan sakit tenggorokan akan reda.

9. Menghirup uap panas

Seperti yang telah dijelaskan di atas, yaitu menghirup uap air panas yang dicampur dengan minyak kayu putih. Namun disini anda bisa menghirup uap air panas tanpa dicampur apapun. Cukup air panas yang diletakkan dalam wadah panci atau sebagainya. Hiruplah melalui hidung, sesekali juga melalui mulut.

10. Konsumsi sup

Saat anda mengalami sakit tenggorokan, anda juga bisa memanfaatkan sup untuk mengobatinya. Jadi, anda bisa mengkonsumsi sup yang yummy rasanya sekaligus mengobati tenggorokan. Anda bisa menentukan sup ayam yang hangat dengan rasa sedikit asam. Tidak hanya meringankan sakit tenggorokan, tapi anda juga akan menerima nutrisi yang membantu melawan peradangan.

Demikianlah informasi perihal 10 Cara Alami Mengobati Sakit Tenggorokan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "10 Cara Alami Mengobati Sakit Tenggorokan"