Latest News

9 Cara Alami Dan Cepat Mengobati Bisul

Cara alami dan cepat mengobati bisul - Mendengar kata bisul tidaklah absurd lagi bagi kita. Gangguan kulit yang satu ini memang sangat merepotkan. Ya, bisul itu sendiri yaitu sebuah benjolan merah pada kulit yang didalamnya terlihat bernanah serta menyebabkan rasa sakit. Benjolan ini dapat muncul lantaran adanya infeksi basil yang memicu radang pada folikel rambut, yaitu lubang dimana rambut tumbuh.

Berbicara mengenai bisul, sesungguhnya bisul dapat muncul dan tumbuh pada kulit jenis apapun, tapi bisul hanya tumbuh pada kulit yang berbulu atau berambut saja. Oleh alasannya yaitu itu bisul tidak pernah dijumpai tumbuh di telapak tangan, telapak kaki, bibir, dan lain sebagainya. Adapun bab badan yang sering terjangkit bisul yaitu ketiak, kepala, leher, paha, dan bahkan bab wajah sekalipun. Hal ini dikarenakan bab tersebut sering keluar minyak dan sering terjadi gesekan.

Mengenai bisul, bagaimana cara penyembuhannya? Apakah dapat sembuh dengan sendirinya? Untuk mengobati bisul, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan. Nah berikut ini beberapa cara alami dan cepat untuk mengobati bisul:
 Mendengar kata bisul tidaklah absurd lagi bagi kita 9 Cara Alami dan Cepat Mengobati Bisul
9 Cara Alami dan Cepat Mengobati Bisul

1. Penanganan pertama

Sebelum melaksanakan pengobatan dengan beberapa cara dan materi alami di poin selanjutnya, lakukan penangan pertama sebagai berikut:
  • Kompres bisul dengan air hangat memakai waslap lembut, lakukan 3x sehari. Selain mengurangi rasa sakit juga akan membantu mengumpulkan infeksi pada ujung benjolan.
  • Bersihkan bisul memakai kain kasa beserta alkohol dan sabun antibakteri. Bubuhi juga dengan obat oles dan bungkus bisul yang pecah dengan kain kasa steril.
  • Gantilah perban sesering mungkin, yaitu dua hingga tiga kali sehari.
  • Cucilah tangan anda sesudah mengobati bisul. Hal ini ditujukan semoga basil tidak menginfeksi bab badan lain.

2. Bawang putih

Untuk mengobati bisul, anda dapat memanfaatkan bawang putih. Bumbu dapur yang satu ini mempunyai kandungan antibiotik yang baik untuk mengobati bisul. Untuk mengobati bisul dengan bawang putih, yang pertama kupaslah bawang putih dari kulitnya, kemudian bersihkan dan tumbuk hingga halus. Kemudian oleskan tumbukan bawang tadi secukupnya pada bab yang bisulan, kemudian tutup memakai perban. Proses ini akan menyebabkan rasa pedih, namun tak masalah, hal itu termasuk dalam proses penyembuhan.

3. Daun kamboja

Daun kamboja juga dapat anda manfaatkan untuk mengobati bisul. Cara ini dibilang efektif untuk mengobati bisul, yaitu dengan cara mengambil bab getahnya, laluoleskan secara eksklusif ke bab bisul. Selain itu, anda juga dapat memakai cara kedua yaitu dengan mencuci higienis daun kamboja dan campur dengan minyak kelapa, kemudian ditempelkan pada bab yang bisul.

4. Lidah buaya

Mungkin biasanya pengecap buaya dipakai untuk perawatan rambut semoga lebih hitam, tebal, dan sehat. Namun sesungguhnya anda juga dapat memanfaatkan pengecap buaya untuk pengobatan bisul. Lidah buaya mempunyai kandungan mineral alami, vitamin, dan antioksidan yang kaya manfaat. Cukup oleskan gel pengecap buaya pada bab bisul dan tutuplah dengan kain halus.

5. Asam jawa

Untuk mengatasi bisul kau dapat memakai asam yaitu dengan memakai biji asam jawa yang sudah diolah sehingga warnanya cenderung lebih hitam, bukan coklat. Asam jawa dibilang efektif untuk mengobati bisul. Anda cukup mencampurkan asam jawa, minyak kelapa, dan garam secukupya. Lalu tempelkan pada bisul yang sudah dibersihkan. Setelah mengering kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih.

6. Daun waru

Daun waru mungkin sering disepelekan manfaatnya. Sebenarnya daun yang biasa dijadikan sebagai lambang cinta ini mempunyai manfaat baik untuk mengobati bisul. Untuk memanfaatkannya, cukup melumatkan daun waru dan tempelkan pada bisul. Selain itu, anda juga dapat dengan cara lain yaitu dengan mencuci higienis daun waru, kemudian dipanggang di atas api. Setelah layu dan masih panas, tempelkan pada bisul. Lakukan dua kali sehari.

7. Daun iler

Daun iler atau daun Miana mempunyai warna ungu yang bagus dan indah, cocok untuk dijadikan flora hias. Namun selain sebagai flora hias, anda juga dapat menjadikan daun iler sebagai flora obat, yaitu sebagai obat alami bisulan. Sama halnya dengan daun waru, daun iler dicuci, kemudian olesi dengan minyak kelapa, kemudian digarang. Ketika masih hangat, tempelkan pada bisul

8. Temu lawak

Temulawa juga banyak mempunyai khasiat sebagai obat tradisional, termasuk untuk obat bisul. Untuk memaanfaatkannya, cukup sediakan 1 ruas jari temulawak, kemudian irislah tipis-tipis. Kemudian rebus dengan 2 gelas air bersama sedikit gula aren. Setelah itu, masukkanlah asam jawa sebesar ibu jari. Setelah agak dingin, saring dan minumlah secara rutin.

9. Daun sirih

Selain temu lawak, anda juga dapat memanfaatkan daun sirih. Daun ini mempunyai khasiat yang baik untuk mengobati bisul. Ambilah tiga lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih, kemudian ditumpuk hingga halus. Kemudian balurkan tumbukan daun sirih tadi pada bab yang bisulan. Gunakanlah perban untuk menutupi bisul yang telah diberi baluran daun sirih. Pastikan tumbukan daun sirih melekat dengan baik.


Demikianlah informasi wacana 9 Cara Alami dan Cepat Mengobati Bisul. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "9 Cara Alami Dan Cepat Mengobati Bisul"