Latest News

Penyebab Dan Cara Mengatasi Insomnia Atau Susah Tidur

Penyebab dan cara mengatasi tak bisa tidur atau susah tidur - Tidur yakni salah satu kebiasaan yang pada umumnya dilakukan oleh semua orang di malam hari diatas pukul 8 malam. Nah, tidur inilah yang akan menciptakan badan kita menjadi lebih fit, nyaman, kuat, dan sehat. Namun tidur pula yang juga sanggup menciptakan badan menjadi lemas, lesu, dan gampang terjangkit penyakit. Mengapa demikian?

Berbicara mengenai tidur, tidur memang sangat disarankan dalam durasi waktu yang pas. Apabila berlebihan akan menjadikan badan gampang terjangkit penyakit. Begitu pun sebaliknya, kurang tidur juga sanggup menjadikan badan gampang terjangkit penyakit. Kurang tidur biasanya disebabkan lantaran insomnia. Ya, tak bisa tidur atau susah tidur biasanya sering dialami oleh orang yang sudah terbiasa tidur di malam hari atau begadang. Misal, begadang lantaran nonton program tv, atau lantaran ada acara tertentu yang terlalu sering di malam hari. Inilah yang menciptakan badan menjadi terbiasa tidur malam dan susah untuk tidur di waktu yang lebih awal.

Mengenai insomnia, bahwasanya ada banyak hal yang menjadikan seseorang mengalami insomnia. Namun pada umumnya terjadi lantaran kebiasaan tidur malam, sanggup juga lantaran mengkonsumsi obat tertentu, dan sanggup juga penyebab lainnya. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini beberapa penyebab dan cara mengatasi tak bisa tidur atau susah tidur:
Penyebab dan cara mengatasi tak bisa tidur atau susah tidur  Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur
Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur

1. Stres dan depresi

Ketika seseorang mengalami gangguan pada otak atau pikirannya, menyerupai stres atau depresi, biasanya orang tersebut akan mengalami kesusahan dalam tidurnya. Karena tiap kali menjelang tidur, gangguan tersebut akan selalu berputar dalam kepalanya. Sehingga sulit untuk menenangkan pikiran dan memejamkan matanya. Alhasil, tak bisa tidur pun menyerang.

2. Kecemasan, perasaan khawatir, dan gugup

Rasa cemas, khawatir, gugup atau sebagainya juga sanggup menjadi penyebab insomnia. Hal ini hampir sejenis dengan stres atau depresi, yaitu gangguan pikiran serta hati. Gangguan kecemasan yang menjadikan tak bisa tidur antara lain, ketegangan, memikirkan wacana masa lalu, khawatir berlebihan wacana masa depan, terlalu banyak beban dan tekanan tanggung jawab.

3. Kondisi medis tertentu

Ada banyak macam kondisi medis ringan maupun berat yang sanggup menjadikan gangguan tidur atau insomnia. Gangguan medis tersebut antara lain, alergi hidung atau sinusitis, duduk masalah pencernaan menyerupai reflux, duduk masalah endokrin menyerupai hipertiroidisme, radang sendi, asma, kondisi neurologis menyerupai parkinson, sakit kronis, nyeri punggung, dan lain sebagainya.

Cara mengatasi insomnia

Untuk mengatasi duduk masalah gangguan susah tidur atau insomnia, ada banyak cara yang sanggup anda lakukan. Dan yang paling utama yakni menjaga rujukan hidup sehat dan jangan terlalu banyak menanggung beban pikiran. Berikut ini beberapa cara mengatasi insomnia:

1. Tempat tidur yang nyaman

Tidurlah di kawasan yang berdasarkan anda sanggup menciptakan tidur anda terasa nyaman. Karena kawasan tidur juga kuat pada kualitas tidur anda. Mulai sekarang, nyamankan kawasan tidur anda, benahi barang-barang di kamar tidur anda, hindarilah sampah yang berserakan. Jangan lupa biasakan ganti seprai 3-4 hari sekali. Tambahkan juga pewangi untuk mengharumkan ruangan kamar anda.

2. Kurangi cahaya berlebih

Ketika anda ingin tidur, biasakan untuk mematikan lampu kamar, atau hanya menyalakan lampu tidur saja yang tidak terlalu menyilaukan mata. Karena ketika tidur, sangat dianjurkan untuk meminimalisir cahaya yang ada di sekitar. Hal ini ditujukan supaya tidak mengganggu tidur anda. Berdasarkan penelitian, tidur dengan lampu menyala atau cahaya yang terperinci di malam hari sanggup lebih beresiko terkena penyakit tertentu.

3. Jaga kesejukan udara

Agar tidur anda sanggup nyenyak, semaksimal mungkin jagalah kesejukan udara dalam ruangan kamar anda. Dengan kesejukan udara yang baik, maka tidur anda pun sanggup nyenyak dan terjaga dengan baik. Karena dengan udara yang pengap atau sebagainya sanggup menciptakan anda susah tidur bahkan terkena insomnia. Jangan hingga ruangan kamar anda tertutup rapat.

4. Mengkonsumsi madu

Mengkonsumsi banyak sekali macam makanan menyerupai buah-buahan, sayuran, dan materi alami lainnya juga sanggup membantu mengatasi duduk masalah insomnia. Salah satunya yaitu madu, madu sanggup membantu mengatasi tak bisa tidur dengan baik. Madu juga sanggup menciptakan badan anda menjadi lebih rileks. Untuk mengkonsumsinya, cukup tambahkan sesendok makan madu mentah dengan segelas air hangat dan minumlah setiap kali sebelum tidur malam.

5. Susu dan kunyit

Selain madu, anda juga sanggup memanfaatkan susu dan kunyit. Kedua materi alami ini sanggup membantu mengatasi tanda-tanda insomnia. Susu mempunyai kandungan asam amino triptofan yang mempercepat tidur anda. Sedangkan kunyit mengandung anti inflamasi yang membantu mengurangi peradangan pada sistem pernafasan, sehingga membantu fatwa pernafasan anda ketika tidur.  Cukup tambahkan sesendok teh abu kunyit untuk satu gelas susu. Didihkan dan biarkan selama beberapa menit pada api kecil. Biarkan sejenak dan tambahkan madu secukupnya. Minumlah 30 menit sebelum tidur.

Demikianlah isu wacana Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur. Semoga isu diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "Penyebab Dan Cara Mengatasi Insomnia Atau Susah Tidur"