Latest News

Cara Mengobati Cantengan Pada Kuku Kaki Dan Tangan

Cara mengobati cantengan pada kuku kaki dan tangan - Cantengan mempunyai nama lain paronikia, gangguan kesehatan ini disebabkan jawaban infeksi kuman yang terjadi antara lipatan kulit dan kuku pada jempol kaki. Selain itu, cantengan juga sanggup disebabkan lantaran kuku yang tumbuh dan menusuk kulit yang kemudian menyebabkan tumbuhnya kuman dan terjadi infeksi.

Berbicara mengenai cantengan, biasanya orang yang mengalami cantengan akan mengeluhkan beberapa hal terkait dengan rasanya, yaitu rasa nyeri, bengkak, kemerahan, dan juga bernanah. Hal ini akan sangat terasa sakit apabila tertekan suatu benda atau kesenggol suatu benda. Oleh lantaran itu banyak orang yang mengeluhkan akan cantengan yang dialaminya.

Untuk mengobati cantengan, tolong-menolong ada banyak cara yang sanggup anda pilih untuk dilakukan. Namun, sebaiknya anda tahu terlebih dulu mengenai penyebab cantengan yang anda alami. Hal ini ditujukan untuk mencegah cantengan tiba kembali. Berikut ini beberapa penyebab cantengan pada kuku:
Cara mengobati cantengan pada kuku kaki dan tangan  Cara Mengobati Cantengan pada Kuku Kaki dan Tangan
Cara Mengobati Cantengan pada Kuku Kaki dan Tangan

Penyebab kuku cantengan

  • Biasanya disebabkan lantaran kesalahan dalam memotong kuku, yaitu melewati batas maksimal pertumbuhan, atau pemotongan yang tidak rata dibagian atas kanan kirinya, maka sanggup menyebabkan infeksi kuman yang menyebabkan terjadinya cantengan.
  • Kesalahan yang juga biasa dilakukan yaitu mengorek kuku kaki. Ya, apakah anda pernah melaksanakan kebiasaan ini ketika kuku anda kotor? Justru ini sanggup menyebabkan terjadinya infeksi kuman dan menyebabkan cantengan.
  • Pernah menggigit kuku? Jika pernah, ini juga merupakan salah satu penyebab terjadinya infeksi kuman dan menyebabkan cantengan. Kebiasaan menggigit kuku ini akan memudahkan kulit yang seharusnya terlapisi kuku terjangkit bakteri.
  • Kebiasaan menggunakan kaos kaki atau sepatu sempit juga menjadi penyebab infeksi bakteri. Hal ini memang terjadi secara tidak sadar. Jika terlalu sering akan menyebabkan cantengan.
  • Yang terakhir yaitu kurangnya kesadaran diri untuk menerapkan contoh hidup sehat, salah satunya yaitu merawat kuku. Meskipun terkesan sepele, namun dengan merawat kuku akan membantu menghindarkan infeksi bakteri. Jika tidak pernah dirawat, maka cantengan akan gampang menyerang.

Cara mengobati cantengan pada kuku

Apabila anda sudah mengetahui apa saja penyebab dari cantengan kuku anda, kini anda perlu tahu bagaimana cara mengoabtinya. Untuk mengobati cantengan tidaklah sulit, anda sanggup melakukannya dengan menggunakan cara alami. Berkut ini cara mengobati cantengan pada kuku:

1. Rendam dengan air hangat

Untuk mengobati cantengan, anda sanggup menyiapkan air hangat yang diletakkan di dalam baskom. Kemudian rendamlah kaki anda yang mengalami sakit cantengan selama kurang lebih 15 menit. Hal ini ditujukan untuk meredakan rasa sakit dan mengempeskan nanah pada kaki yang sakit cantengan. Lakukanlah tips ini ketika kuku anda mulai terasa sakit, keras dan kemerahan.

2. Daun dewa

Mungkin banyak yang belum mengenal daun dewa, anda sanggup cari tahu mengenai daun yang kuasa di internet. Untuk mengobati cantengan dengan daun dewa, siapkan daunnya yang masih terlihat, kemudian cucilah hingga bersih. Tumbuklah daun dewanya hingga halus dan aplikasikan pada serpihan yang cantengan. Lakukan 2 kali sehari secara rutin.

3. Jahe

Anda juga sanggup memanfaatkan jahe untuk mengobati cantengan. Pertama cukup menyiapkan jahe yang telah dikupas dan dicuci bersih. Kemudian parutlah jahe yang sudah higienis dan campurlah dengan minyak kelapa. Lalu pangganglah kedua materi tersebut, namun jangan hingga kering. Setelah dipanggang, tempelkan pada serpihan yang cantengan. Agar kuat, balutlah dengan perban dan rekatkan. Lakukan selama 3 hari hingga kuku anda lepas dan sembuh dari cantengan.

4. Daun kuku pacar, jeruk nipis, dan gula merah

Untuk mengobati cantengan dengan kombinasi ketiga materi ini, anda sanggup mulai dengan menyiapkan semua bahannya. Cuci daun kuku pacar, peras jeruk nipisnya, dan tumbuk gula meah hingga halus. Kemudian campurkan semua materi dan aduk hingga merata. Tempelkan pada serpihan yang terkena cantengan.

5. Bila kuku tertancap, cabut kuku akan membantu

Jika anda menemukan kuku anda tertancap dan terlihat dalam tancapannya, maka sebaiknya anda mencabut kelebihan kuku yang tertancap tersebut semoga sanggup sembuh dan ekspansi infeksi sanggup berkurang. Pastikan anda mencabutnya di daerah yang tepat, yaitu dokter yang pada bidang ahlinya. Setelah dicabut, anda akan diberi obat pereda nyeri dan antiradang serta antibiotik untuk mengurangi peradangan dan infeksi yang terjadi.

6. Bawa ke dokter jikalau mengeluarkan nanah dan terlihat parah

Biasnya, kuku cantengan yang tidak dirawat selama 3 hari saja akan menyebabkan dilema serius, yaitu terkandungnya nanah di bawah kulit atau kuku. Meskipun tidak dipegang, tapi akan terasa sakit dan nyeri. Bisa dibilang dilema ini yang paling mengerikan, lantaran nanah dipaksa keluar untuk meminimalisir kondisi yang lebih jelek ke depan. Gunakanlah alat-alat yang steril untuk mengeluarkan nanah hingga habis tuntas semoga tidak terkena infeksi bakteri. Sebaiknya bawa ke dokter semoga lebih aman.

Demikianlah isu perihal Cara Mengobati Cantengan pada Kuku Kaki dan Tangan. Semoga infromasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "Cara Mengobati Cantengan Pada Kuku Kaki Dan Tangan"