Latest News

Penyebab Kulit Kepala Gatal Dan Cara Mengatasinya

Penyebab kulit kepala gatal dan cara mengatasinya - Rasa gatal pada kulit kepala memang suatu hal yang wajar, apalagi bagi orang yang mempunyai rambut panjang, khususnya para wanita. Gatal biasanya disebabkan oleh keringat sesudah beraktivitas. Selain itu, gatal pada kulit kepala juga bisa disebabkan lantaran ketombe dan sebagainya.

Berbicara mengenai rasa gatal pada kulit kepala, ada banyak penyebab yang perlu kita ketahui. Hal ini ditujukan biar kita sanggup mencegah dan menghindari hal yang sanggup mengakibatkan gatal pada kulit kepala. Namun meskipun demikian, bukan berarti rasa gatal pada kulit kepala selalu disebabkan oleh ketombe, bisa saja disebabkan lantaran kulit kepala kering, salah perawatan, mengkonsumsi masakan sembarangan, nanah kuman yang disebabkan penyakit autoimun.

Oleh alasannya ialah itu kita perlu menerapkan contoh hidup sehat biar terhindar dari persoalan kesehatan, salah satunya yaitu gangguan pada kulit kepala. Lantas, apa saja yang mengakibatkan kulit kepala gatal dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini beberapa penyebab munculnya gatal pada kulit kepala dan cara mengatasinya:
Penyebab kulit kepala gatal dan cara mengatasinya  Penyebab Kulit Kepala Gatal dan Cara Mengatasinya
Penyebab Kulit Kepala Gatal dan Cara Mengatasinya

Penyebab gatal pada kulit kepala

1. Ketombe

Salah satu penyebab kulit gatal yang paling umum ialah adanya ketombe yang selalu muncul. Ketombe biasanya muncul lantaran adanya kuman yang berlebih yang kemudian mengakibatkan timbulnya minyak serta sel-sel kulit mati pada kulit kepala. Inilah yang mengakibatkan kulit mengelupas dan terasa gatal. Selain itu, biasanya ketombe juga bisa muncul lantaran salah menentukan produk perawatan rambut.

2. Kurap

Kurap pada kulit kepala akan mengakibatkan ruam dengan pinggiran teraba menonjol serta berwarna kemerahan menyerupai cacing, dan membentuk cincin. Kurap ini merupakan nanah jamur dari lapisan kulit kepala dan rambut. Gejala yang muncul sangat banyak, salah satunya terasa gatal, dan bisa juga menjadi botak disekitar kulit yang terkenda kurap. Kurap pada kulit kepala bisa menular, biasanya terjadi pada anak usia sekolahan.

3. Adanya kutu rambut

Jika anda mencicipi gatal pada kulit kepala anda, mungkin saja ada kutu yang tinggal di rambut atau di atas kulit kepala anda. Ya, binatang kecil yang tinggal di kulit kepala dan menghisap darah ini memang sangat mengganggu. Hewan ini sangat kecil dan mempunyai kaki yang banyak. Ketika binatang ini mulai menghisap darah, maka di area tersebut kulit kepala akan terasa gatal.

4. Adanya uban di rambut

Selain kutu rambut, gatal pada kulit kepala juga bisa disebabkan lantaran adanya uban yang tumbuh di kulit kepala anda. Uban ialah rambut yang mati dan berwarna putih. Pada umumnya uban tumbuh pada orang yang sudah lanjut usia. Namun bisa juga muncul pada usia bawah umur atau remaja. Biasanya uban yang muncul sebelum usia renta atau lanjut ialah uban yang kurang wajar.

5. Kondisi kulit kepala kering

Kulit kepala yang kering juga bisa menjadi penyebab mengapa kulit kepala anda menjadi gatal-gatal tak tertahankan. Memang beberapa orang mempunyai kulit yang kering dan bisa menjalar pada kulit kepala, sehingga kulit kepala menjadi kering dan gampang terkelupas. Pengelupasan inilah yang menciptakan kulit menjadi gatal-gatal.

6. Adanya produksi minyak berlebihan

Anda merasa rambut anda sering berkeringat dan lengket? Itu tandanya kulit kepala anda mengeluarkan minyak berlebih, dan itu bisa menciptakan kulit kepala anda menjadi gatal-gatal.  Memang terasa tidak nyaman, apalagi saat berada di luar ruangan yang banyak bubuk dan kotoran serta paparan pribadi sinar matahari, maka rasa gatal yang ditimbulkan akan semakin menjadi-jadi.

7. Alergi terhadap produk perawatan rambut

Jika anda sering merasa gatal-gatal pada kulit kepala anda, terlebih sesudah beberapa detik atau menit sesudah anda memakai produk perawatan rambut. Itu bisa dipastikan bahwa anda alergi terhadap produk perawatan rambut tersebut. Perawatan rambut contohnya hair spray untuk menciptakan rambut ini lebih keras. Penggunaan hair spray ini sanggup memicu kegatalan pada kulit kepala. Hal ini lantaran hair spray memperlihatkan imbas sensasi rambut menyerupai ditarik.

Cara mengatasi kulit kepala gatal

1. Menggunakan jeruk lemon

Untuk mengatasi kulit kepala yang gatal, anda bisa memanfaatkan jeruk lemon sebagai materi alami yang efektif mengatasinya. Untuk memanfaatkan jeruk lemon, anda cukup menciptakan jus lemon segar dan aplikasikan pada kulit kepala anda selama beberapa menit. Lalu keramas kulit kepala anda sampai bersih. Cara ini akan memperlihatkan nutrisi yang untuk kulit kepala anda.

2. Buat adonan minyak astiri

Anda bisa menciptakan adonan minyak astiri untuk mengatasi rasa gatal pada kulit kepala anda yang kering. Cukup campurkan minyak esensial kemudian gunakan pada rambut dan kulit kepala anda sampai rata. Anda bisa menciptakan adonan minyak teh, minyak kelapa, minyak zaitun, minyak almond, minyak alpukat dan minyak lavender. Untuk takarannya tergantung panjang pendeknya rambut masing-masing. Manfaatkanlah secara teratur.

3. Baking soda

Mungkin banyak yang tidak menyangkah bahwa baking soda sanggup mengatasi rasa gatal pada kulit kepala. Baking soda mempunyai kandungan zat yang bisa meredakan rasa gatal dan menciptakan kulit kepala anda terasa lebih nyaman. Untuk memanfaatkannya cukup mengusapkan pada kulit kepala yang terasa gatal, kemudian pijat perlahan sampai rasa gatal berkurang.

4. Cuka apel

Anda juga bisa memanfaatkan cuka apel untuk mengatasi rasa gatal di kulit kepala. Hal ini lantaran cuka apel mempunyai kandungan anti-inflamasi yang sanggup membunuh kuman dan kuman penyebab gatal pada kulit kepala. Anda hanya perlu mencampurkan cuka apel dengan air, perbandingannya yaitu 1:1. Kemudian oleskan pada kulit kepala anda dan diamkan selama 15 menit. Lalu bersihkan kulit kepala anda.

5. Lidah buaya

Seperti yang kita ketahui bahwa pengecap buaya sangat baik untuk kesehatan rambut. Namun selain menyuburkan rambut juga sanggup mengatasi gatal di kulit kepala yang disebabkan oleh ketombe. Anda cukup menyiapkan daun pengecap buaya yang masih segar. Ambilah gelnya pengecap buaya, kemudian oleskan pada kulit kepala anda secara merata. Biarkan selama 10 menit, kemudian basuh dengan air bersih.

6. Madu dan pisang

Anda juga bisa memanfaatkan pisang dan madu. Campuran kedua materi tersebut baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala, termasuk mengobati gatal-gatal pada kulit kepala. Selain menghilangkan gatal, masker madu dan pisang ini bisa menghilangkan ketombe serta sebagai pelembab alami. Anda cukup melumatkan satu buah pisang matang kemudian campurkan degan beberapa tetes madu. Setelah membentuk adonan pasta, oleskan pada kulit kepala anda merata. Tunggulah 20 menit dan bilas dengan air bersih.


Demikianlah gosip ihwal Penyebab Kulit Kepala Gatal dan Cara Mengatasinya. Semoga gosip diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "Penyebab Kulit Kepala Gatal Dan Cara Mengatasinya"