Latest News

Manfaat Luar Biasa Daun Sirsak Dan Pengaruh Sampingnya

Manfaat Luar Biasa Daun Sirsak Dan Efek Sampingnya. Sirsak merupakan flora yang banyak manfaatnya, konon sirsak berasal dari dataran Karibia, Amerika. Di Indonesia sirsak banyak mempunyai nama-nama yang berbeda tergantung wilayahnya masing-masing, ada yang mengenalnya sebagai nangka londo ( Jawa ), srikaya jawa ( Bali ), durio ulondro ( Nias ), nangkelan ( Madura ), nangko belando ( Palembang ). Di daerah-daerah banyak penyebutan nama Belanda dalam penamaan sirsak ini sebab konon dahulu sirsak yang ada di Indonesia ini didatangkan oleh pemerintah Kolonial Hindia-Belanda ke Nusantara pada era ke-19.

Tumbuhan ini dapat tumbuh disembarang tempat, tapi yang paling baik yang itu di tempat yang banyak airnya. Pohon sirsak dapat mencapai tinggi sekitar hingga 10 meter, biasanya pohon sirsak ditanam untuk diambil buahnya, walaupun kadang daun sirsak juga dimanfaatkannya.

Indonesia merupakan salah satu penghasil pohon sirsak yang banyak, tetapi kebanyakan pemanfaatannya hanya sebatas pada buahnya saja. Buah sirsak memang banyak mengandung vitamin C, serat dan aneka macam nutrisi, tetapi disamping itu daun dari buah sirsak juga mempunyai manfaat yang luar biasa kalau kita mengetahuinya, tetapi dibalik manfaat juga ada pengaruh sampingnya. Agar anda mengetahui beberapa manfaat dan pengaruh samping dari daun sirsak. Yuk kita simak manfaat dan pengaruh samping dari daun sirsak berikut ini.
Manfaat Luar Biasa Daun Sirsak Dan Efek Sampingnya Manfaat Luar Biasa Daun Sirsak Dan Efek Sampingnya
Manfaat Luar Biasa Daun Sirsak Dan Efek Sampingnya

Manfaat luar biasa daun sirsak

1. Daun sirsak sebagai obat kanker

Menurut penelitian daun sirsak mengandung zat proaktif yang dapat membunuh sel-sel kanker, maka dari itu sirsak dipercaya mempunyai keampuhan hingga 100 kali lipat dibandingkan pengobatan kanker melalui metode kemoterapi.

2. Mengatasi diabetes

Selanjutnya manfaat dari daun sirsak yaitu dapat mengobati penyakit diabetes, dengan meminum air rebusan dari daun sirsak maka kadar gula dalam badan yang tinggi dapat dinetralisir. Kadar gula darah yang normal yaitu 70-120 mg.

Baca juga : Penyebab diabetes diusia muda dan cara mencegahnya

3. Ampuh mengatasi wasir

Wasir yaitu penyakit yang menyerang anus yang berupa pembekakan, dapat menimbulkan penderita menjadi nyeri bahkan mungkin dapat hingga keluar darah. Daun sirsak mengandung zat yang dapat menghentikan pendarahan pada anus, sehingga pembengkakan dapat sedikit berkurang dan lama-lama dapat diatasi.

4. Obat asma dan sesak nafas

Dengan menyiapkan 8 lembar daun sirsak diremas-remas kemudian masukkan gelas sambil direndam air setengah gelas, minumlah tiap pagi hari hingga penyakit anda ini sembuh.

5. Daun sirsak atasi asam urat

Bagi anda penderita penyakit ini mulai kini jangan risau lagi sebab daun sirsak dipercaya dapat mengatasi penyakit ini, caranya yaitu dengan menciptakan rebusan daun sirsak dan diminum rutin setiap harinya hingga sembuh.

6. Mengobati bisul

Ambil beberapa daun sirsak yang masih muda kemudian digeprok daunnya kemudian tempelkan pada sakit bisul.

7. Obat batuk ringan

Siapkan 7 lembar daun sirsak muda, remas kemudian direbus dengan air, minum setiap pagi hari sebelum sarapan pagi.

8. Mengobati sakit pinggang

Caranya yaitu dengan menyediakan 20 lembar daun sirsak muda kemudian direbus dengan 5 gelas air hingga air mengering menjadi sekitar 3 gelas, minum sehari sekali 1 gelas.

9. Mengatasi eksim dan rematik

Beberapa lembar daun sirsak diremuk halus kemudian ditempelkan pada belahan yang sakit, diulangi hingga beberapa hari hingga sembuh.

10. Menurunkan kolesterol

Daun sirsak dipercaya oleh para hebat peneliti mempunyai kegunaan dapat menurunkan kolesterol jahat dari dalam tubuh. Biasanya kolesterol jahat ini dapat muncul sebab kurang selektif dalam menentukan makanan, pola kuliner yang banyak mengandung kolesterol jahat antara lain yaitu ayam goreng, belibis goreng, gorengan, dan makanan-makanan yang banyak mengandung minyak.

Baca juga : Cara alami menurunkan kolesterol yang tinggi

11. Menurunkan tekanan darah tinggi

Untuk menurunkan tanda-tanda darah tinggi atau hipertensi anda dapat mencoba pengobatannya dengan membiasakan minum air rebusan daun sirsak setiap pagi.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi tekanan darah tinggi

12. Daun sirsak untuk mengatasi jerawat

Daun sirsak juga dapat mempunyai kegunaan mencegah timbulnya jerawat, caranya yaitu dengan menumbuk beberapa daun sirsak yang muda, kemudian beri sedikit air kemudian dibentuk masker, diamkan selama sekitar 10 menit kemudian bilas dengan air bersih.

13. Menghilangkan kutu rambut

Sekarang sudah banyak beredar beberapa produk yang dapat membasmi kutu rambut, tapi kebanyakan dari itu memakai bahan-bahan kimia, buat anda yang ingin mencoba dengan materi alami maka alangkah baiknya anda mencoba dengan daun sirsak ini, caranya yaitu dengan merebus daun sirsak yang tua, kemudian hasil air rebusannya tersebut dipakai untuk keramas.

Efek samping daun sirsak

1. Gangguan asam lambung

Daun sirsak mempunyai kandungan senyawa yang dapat menciptakan asam lambung naik hingga ke kerongkongan. Ketika asam lambung menjadi naik maka makanan-makanan dapat kembali ke kerongkongan yang dapat menciptakan kondisi asam berlebihan.

2. Gangguan fungsi hati

Mengkonsumsi daun sirsak yang berlebihan dapat menimbulkan gangguan fungsi hati, sebaiknya konsumsi daun sirsak secukupnya saja, sebab jikalau sudah terkena tanda-tanda gangguan fungsi hati dapat menimbulkan komplikasi penyakit-penyakit lainnya.

3. Sembelit

Sembelit yaitu susah buang air besar, sembelit dapat menimbulkan wasir, biasanya orang yang terkena sembelit kurang mengkonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung serat. Disarakan bagi orang yang mengidap sembelit yang sedang terapi meminum daun sirsak maka harus lebih banyak lagi dalam mengkonsumsi kuliner yang berserat.

Baca juga : Penyebab, tanda-tanda dan cara mengatasi sembelit

4. Gangguan fungsi ginjal

Ada beberapa orang yang beranggapan kalau kebanyakan minum air rebusan daun sirsak dapat menimbulkan gagal ginjal, maka solusi yang sempurna dalam persoalan ini yaitu minumlah air rebusan daun sirsak dengan secukupnya saja, satu hari satu kali sudah cukup.

5. Memperburuk komplikasi penyakit

Konsumsi rebusan daun sirsak yang berkebihan dapat menimbulkan gangguan metabolisme dalam tubuh, ini dapat kuat pada enzim dan hormon yang seharusnya dapat bekerja dengan baik.

Cara mengatasi pengaruh samping dari daun sirsak

Daun sirsak mempunyai banyak manfaat, tetapi dibalik semua itu daun sirsak juga mempunyai pengaruh samping, berikut ini akan aku jelaskan beberapa cara mengatasi pengaruh samping dari daun sirsak.
1. Pilihlah daun sirsak yang masih segar atau yang gres dipetik dari pohonnya.
2. Jika anda memakai daun sirsak yang berupa teh celup maka sebaiknya liat dahulu tanggal kadaluwarsanya, pilihlah yang kadaluwarsanya masih panjang.
3. Beri sedikit adonan madu dan gula pada air rebusan daun sirsak.
4. Hindari mengkonsumsi air daun sirsak sesudah mengkonsumsi obat-obatan kimia sebab itu dapat menimbulkan reaksi keracunan tubuh.
5. Hentikan segera mengkonsumsi air daun sirsak ini apabila pengaruh sampingnya eksklusif terasa.
6. Selama anda minum air daun sirsak maka sebaiknya anda lebih banyak mengkonsumsi minum air putih biar badan terhindar dari kehilangan cairan tubuh dan ginjal dapat bekerja lebih baik.
7. Alangkah baiknya jikalau lagi melaksanakan rutinitas minum air daun sirsak juga ditunjang dengan memperbanyak mengkonsumsi kuliner berserat biar terhindar dari sembelit.

Demikianlah klarifikasi mengenai manfaat dan pengaruh samping dari daun sirsak. Semoga klarifikasi diatas bermanfaat untuk teman-teman. Terimakasih.

0 Response to "Manfaat Luar Biasa Daun Sirsak Dan Pengaruh Sampingnya"