Latest News

Makanan Sehat Ketika Lebaran | Teladan Makan Sehat

Obat Net Makanan Sehat Saat Idulfitri | Pola Makan Sehat
Pengobatan Lewat Internet.
Admin Obat-Net Mengucapkan " Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Bathin"

Pola makan sehat sering diabaikan selama bulan ampunan dan selama Lebaran. Pola makan sehat yang sudah dijalankan sebelumnya menjadi terlupakan. Idulfitri atau Idul Fitri merupakan momen yang dirayakan setiap tahun oleh umat muslim sedunia. Ajang berkumpul dan bersilaturahmi ini biasanya juga dimeriahkan oleh macam-macam masakan lezat baik kudapan ibarat kue-kue kering maupun masakan utama yang dimakan bersama ketupat ibarat rendang, opor ayam, sayur tauco dan masih banyak lagi. Makanan-makanan ini disajikan hampir disetiap rumah, dan bila kita berkunjung kelima rumah artinya kita bisa makan hingga dengan lima kali. Alasannya, khan cuma setahun sekali tapi ada dampak tersebunyi yang sering terjadi.


Akibat yang jarang disadari

Makan yang kebablasan ibarat ini menjadikan berat tubuh yang sudah turun sehabis berpuasa satu bulan penuh naik kembali malah sering kali menjadi lebih berat daripada sebelum berpuasa.

Kenaikan berat tubuh bukan satu-satunya akhir dari lepasnya kendali makan kita tetapi masih banyak lagi. Yang paling sering terjadi yakni kenaikan kadargula darah pada penderita diabetes melitus, kanaikan darah pada penderita hipertensi, bahkan sering berakhir pada serangan jantung dan stroke.

Mengerikan bukan? Ya jelas, dan itulah bulat yang terjadi berulang-ulang setiap tahunnya.

Yang perlu dilakukan ketika terlanjur terjadi

Jawabanya: Pola Makan Sehat! Bila kita sudah tahu akhir lepasnya kendali makan kita dan tak ingin mengalami dampak samping seseram itu tentu saja kita perlu ‘bertobat’ sedini mungkin. Artinya biarlah kesalahan yang sudah terjadi itu berlalu namun kita harus melaksanakan tindakan untuk memperbaiki kesalahan itu.

Upaya perbaikan tersebut meliputi, cucilah pencernaan kita dengan mengkonsumsi banyak air putih. Cairan berwarna sudah jadi masa lalu. Kemudian mari kita ikat lemak dan kolesterol dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran. Sayurnya boleh dimasak bening atau ditumis. Kalau perlu memakai santan maka kita bisa menggantinya dengan susu tanpa lemak. Hasilnya tetap lezat dan aman. Mulailah kembali makan berkala biar kanal pencernaan kita kembali kepada ritme yang teratur.

Dan yang hal yang penting lainnya yakni mulailah kembali berolahraga. Yang dimaksudkan dengan olahraga disini yakni melaksanakan gerakan teratur tanpa henti selama 30-45 menit. Kaprikornus beres-beres rumah ibarat menyapu dan mengepel alasannya tidak ada pembantu gres bisa disebut olahraga bila kita bisa melalukannya dengan gerakan teratur tanpa henti selama 30-45 menit.

Pola makan sehat yang perlu diingat untuk tahun depan

Setelah kita berupaya ‘menebus’ kesalahan kita tahun ini, kita juga harus ingat untuk mencegah biar tahun depan tidak terulang lagi. Dan hal itu harus kita mulai dari diri sendiri. Misalnya mengganti kue-kue kering dengan buah-buahan sebagai sajian untuk keluarga dan tamu. Memilih sajian yang berbeda. Umpamanya bila rendang wajib ada sebagai teman ketupat maka ayam opor bisa diganti menjadi ayam panggang atau sajian lain yang tidak memakai santan. Saat berlebaran biasanya kita berkunjung ke rumah kerabat dan famili. Pada dikala itu biasanya kita ‘lupa minum’. Maksudnya, yang biasa terjadi yakni kita disuguhi sirup atau minuman elok lainnya. Banyak-banyaklah mengkonsumsi air putih biar tubuh kita tetap bugar dan terhindar dari dehidrasi.

Dr. Diani Adrina, SpG
(Spesialis Gizi Klinik)
Semoga bermanfaat
PENTING..!!!
Hanyalah Alloh SWT yang menyembuhkan kita hanya berusaha, sebelum minum /makan obat tradisional  bacalah Bismillah

0 Response to "Makanan Sehat Ketika Lebaran | Teladan Makan Sehat"