Latest News

Obat Net : Manfaat Tanaman Pekarangan | Khasiat Sosor Bebek

Obat Net : Manfaat Tanaman Pekarangan | Khasiat Sosor Bebek
Pengobatan Lewat Internet.


Cocor BebekKalanchoe pinnata Pers ) atau Sosor Bebek sangat gampang ditanam dan cepat berkembang biaknya.
Selama ini tumbuhan sosor belibis lebih sering dipakai sebagai penghias halaman rumah. Namun, tumbuhan yang berasal dari Madagaskar ini ternyata juga berguna obat. Ia sanggup dipakai sebagai obat, baik obat luar maupun dalam.

Sosor belibis dalam bahasa Latin dikenal dengan nama Kalanchoe pinnata Pers. Daunnya yang cukup tebal, selain banyak mengandung air, juga menyimpan banyak sekali materi kimia yang bermanfaat bagi kesehatan.

Sebuah situs kesehatan, National Center for Biotechnology Information, menyebutkan bahwa bufadienolides yang terdapat pada sosor belibis bersifat antitumor.

Penelitian yang dilakukan oleh Supratman beserta rekan-rekan dari Divisi Biokimia Terapan Osaka Prefecture University di Sakai, Jepang, mengatakan bahwa isolasi terhadap lima bufadienolides dari daun sosor belibis memiliki efek menghambat pengaktifan antigen awal virus Epstein-Barr (EBV-EA) pada sel Raji yang disebabkan oleh tumor.

Selain bufadienolides, sosor belibis yang memiliki rasa sedikit asam, lunak, dan cuek ini juga mengandung zat asam lemon, zat asam apel, vitamin C, alkaloid, flavonoid, quercetin-3-diarabinoside, dan kaempferol-3-glucoside. Kandungan kimia tersebut menciptakan sosor belibis sanggup dipakai untuk banyak sekali pengobatan. Sosor belibis selain antitumor juga memiliki sifat antiradang, menghentikan perdarahan, mengurangi pembengkakan, dan mempercepat penyembuhan luka. Masyarakat China kerap memakai sosor belibis sebagai ramuan untuk mengatasi problem pencernaan, muntah darah, dan gangguan pada pendengaran ataupun tenggorokan.

Kemudian, sosor belibis juga dipakai untuk mengatasi stress berat luka jawaban kecelakaan, memar, ataupun perdarahan. Hal ini terutama dikarenakan sifat daun sosor belibis yang dingin.

Untuk asma
  • Masyarakat di Kepulauan Bahama kerap memakai daun sejuk, sebutan sosor bebek, untuk mengatasi gangguan asma atau pernapasan. Lalu, teh sosor belibis diminum untuk mengatasi rasa ibarat terbakar di serpihan dada. Teh tersebut juga sebagai antibakteri bagi luka memar atau luka pada tangan. Sebenarnya, serpihan yang sering dipakai sebagai ramuan obat yaitu daunnya.
  • Namun, tak sedikit pula ramuan yang memakai seluruh tumbuhan sosor bebek. Hingga ketika ini belum diberitakan jawaban dari efek samping penggunaan sosor bebek.
  • Meski begitu, beberapa literatur menyarankan untuk tidak memakai ramuan tersebut pada orang yang memiliki gangguan terhadap fungsi pencernaan. Adapun pada beberapa orang dengan kulit sensitif, penggunaan ramuan pribadi pada kulit sanggup berakibat gatal atau menjadikan lepuhan.
  • Untuk itu, kalau Anda ingin memakai sosor belibis sebagai ramuan obat, maka sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan hebat tumbuhan obat.
  • Beberapa ramuan simpel sosor belibis dari Ir Winarto, spesialis tumbuhan obat, berikut ini sanggup dijadikan pilihan untuk mengatasi beberapa keluhan.

Untuk penggunaan luar :

Luka - luka
  • Daun sosor belibis secukupnya diparut atau ditumbuk. Tambahkan sedikit air dan balurkan pada serpihan badan yang mengalami luka. Ganti setiap tiga jam sekali.

Perut mulas
  • Beberapa helai daun dadap serep ditumbuk dengan beberapa lembar daun sosor bebek. Beri sedikit air. Kemudian balurkan ramuan tersebut pada perut.

Menurunkan demam
  • Lumatkan daun sosor bebek, kemudian balurkan pada dahi. Gunakan dua kali sehari.

Bisul atau memar
  • Hancurkan 30-60 gram daun sosor belibis kemudian peras. Tambahkan madu dan diminum. Sisa daun ditempelkan pada serpihan yang sakit.

Radang pendengaran luar
  • Lumatkan 5-10 daun sosor bebek, peras. Airnya dipakai sebagai obat tetes telinga.

Radang amandel
  • Lumatkan 5-10 daun sosor bebek. Ambil airnya dan gunakan sebagai obat kumur.
Beberapa pengobatan tradisional memanfaatkan flora ini untuk mengobati penyakit.

Kandungan:
- asam lemon
- asam apel
- vitamin C
- glukoside
- tanin
- bryophyllin A (senyawa anti tumor)

Khasiat:

Dalam pengobatan tradisional cocor belibis dipakai untuk mengobati infeksi, peradangan, hipertensi, batu ginjal, dan rematik.

Jadi buat kawan-kawan jangan sepelekan atau menganggap remeh suatu tanaman, lantaran banyak manfaat dalam tumbuhan yang kadang kala kita anggap tidak ada manfaatnya.

Karena mungkin di setiap tumbuhan yang lain terkandung manfaat berbeda yang berguna juga untuk kita.

Sumber : http://www.suaramedia.com
PENTING..!!!
Hanyalah Alloh SWT yang menyembuhkan kita hanya berusaha, sebelum minum /makan obat tradisional  bacalah Bismillah

0 Response to "Obat Net : Manfaat Tanaman Pekarangan | Khasiat Sosor Bebek"