Latest News

Obat Tradisional Kanker Usus, Manfaat Bunga Dahlia

Obat Net Obat Tradisional Kanker Usus, Manfaat Bunga Dahlia
Pengobatan Lewat Internet

Manfaat Dahlia

Bunga dahlia tidak hanya sebagai bunga hias, tetapi juga ber­fu­ngsi untuk obat-obatan dan pangan. Namun sejauh ini, masyarakat belum mengetahui secara niscaya manfaat apa saja yang terkandung dalam bunga hias tersebut. Berdasarkan penelitian dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), umbi bunga dahlia me­ngan­dung inulin sebesar 3,8 persen. Inulin berfungi mencegah kan­ker usus, kelebihan ko­lestrol dan menurunkan tekanan da­rah tinggi. 

Hal itu diu­ng­kap­kan pe­neliti LIPI Dr. Didik Wid­yat­moko, Msc dalam so­sia­lisasi dan seminar “Membangkitkan Potensi Dahlia sebagai Sumber Estetika Lingkungan, serta Menunjang Perekonomian dan Kesehatan Masyarakat” di Istana Bung Hatta, Bukit­ti­nggi, kemarin (29/11). 

Seminar yang diadakan Komunitas Dahlia Saligurasi itu, dibuka Pembina Ko­mu­nitas Bunga Dahlia Sumbar Ny Nevi Irwan Prayitno, Ketua Komunitas Dahlia Saligurasi Yenni Rista Santoso, Bupati Agam Indra Catri, sejumlah pejabat SKPD dan penerima dari Kota Bukittinggi, Kabupaten Agam dan Solok Selatan. 

Menurut Didik, Inulin yang terkantung dalam umbi bunga dahlia, merupakan polimer dari unit-unit fruktosa. Inulin ini merupakan salah satu kom­ponen materi pangan yang mempunyai kandungan serat sangat tinggi. Secara umum, mempunyai sifat larut dalam air dan tak sanggup dicerna enzim-en­zim pencernaan. Inulin ini ju­ga mempunyai fungsi sebagai pro­biotik yang berfungsi se­ba­gai substrat mikroflora me­­­ng­untungkan di dalam usus

Untuk itu, ia berharap semoga Kota Bukittinggi, Kabupaten Agam dan Solok Selatan, se­gera menyosialisasikan kepada masyarakat terkait penting dan menguntungkannya mem­­budidaya inulin. ”Ketiga daerah ini, cocok ditanami bunga dahlia alasannya yaitu letaknya berada di atas 700 meter dari permukaan laut,” kata Didik Widyatmoko. 

Selain untuk obat-obatan, bunga dahlia juga tinggi nilai ekonomisnya, menyerupai inulin yang dihasilkan. Berdasarkan perhitungan LIPI, kalau dalam lahan satu hektare ditanami 20.000 bibit bunga dahlia, maka setahun menghasilkan inulin 750 kg dengan harga sekitar Rp10 juta/kg. 

“Jika dikalkulasikan, maka laba menanam bunga dahlia di lahan satu hektare saja, mencapai Rp7, 5 miliar. Itu gres harga Rp10 juta. Berdasarkan harga inulin di pasaran, mencapai Rp30 juta per kilogram, tapi tergantung kualitasnya,” beber Didik. 

Nanang Suryana, peneliti LIPI lainnya juga mengakui kandungan inulin dari bunga dahlia sanggup dikembangbiakkan dengan tiga cara yakni setek (vegetatif), benih (generatif), dan juga memperbanyak vege­tatif dengan umbi. “Untuk dikala ini, yang paling banyak dikem­bang­kan yaitu metode kultur ja­ringan,” uangkap Nanang. 

Ny Nevi Irawan Prayitno menyampaikan Bukittinggi dan Agam sudah mencanangkan bunga dahlia akan diproduksi untuk inulin, bukan hanya untuk tumbuhan hias. Bahkan untuk di Bukittinggi sendiri, pihaknya sudah men­cana­ngkan Kota Bu­kit­tinggi men­jadi The City Of Dahlia. 

Sejak The City Of Dahlia dicanangkan, kata Nevi, se­jum­lah tempat di Bu­kit­tinggi sudah menjadi taman bunga dahlia, menyerupai di Jam Gadang Buki­t­tinggi, sejumlah taman sekolah dan taman per­kan­toran. “Se­muaanya, sudah ditanami dah­lia,” katanya. 

Sumber : http://padangekspres.co.id

Semoga bermanfaat
PENTING..!!!
Hanyalah Alloh SWT yang menyembuhkan kita hanya berusaha, sebelum minum /makan obat tradisional  bacalah Bismillah.

0 Response to "Obat Tradisional Kanker Usus, Manfaat Bunga Dahlia"