Latest News

10 Penyakit Berbahaya

*_10 Penyakit mematikan bagi wanita_*


Di waktu kini ini majemuk penyakit banyak menyerang manusia, dari yang namanya sudah familier hingga penyakit-penyakit gres yang abnormal bagi pendengaran kita. Faktor gaya hidup dan lingkungan mungkin menjadi penyebab utama atas munculnya penyakit-penyakit tersebut.

Begitu halnya dengan penyakit yang menyerang kaum wanita. Makin banyak juga penyakit yang menyerang perempuan dan beberapa penyakit tersebut bahkan menjadi penyebab janjkematian utama pada wanita. Tak hanya kanker payudara, perempuan juga rentan menderita penyakit mematikan lainnya.

Meski demikian, penyakit mematikan bagi perempuan ini masih sanggup dicegah dengan cara melaksanakan gaya hidup sehat. Dr. Jane Smith, profesor dari Royal Australian College of General Practitioners mengatakan, “Anda tidak sanggup lolos dari riwayat penyakit keluarga. Tapi, seringkali gaya hidup Anda yang tidak sehat yang sanggup meningkatkan risiko terkena penyakit mematikan ini,” katanya.

Karena itu, kenali lebih jauh perihal 10 daftar penyakit mematikan yang menyerang perempuan ini, dan cara pencegahannya.

*1. Penyakit jantung koroner*

Sekitar sepertiga dari semua janjkematian disebabkan penyakit kardiovaskular CVD. Wanita mempunyai risiko 10 persen lebih tinggi dibandingkan pria.
Pencegahan: Jangan merokok dan menjaga berat tubuh ideal dan kadar kolesterol dengan olahraga teratur dan diet sehat. Jika Anda mempunyai riwayat keluarga CVD, diabetes atau tekanan darah tinggi, jangan tunda untuk melaksanakan investigasi ke dokter. Ternyata kopi sanggup dipakai untuk mencegah penyakit jantung koroner jikalau anda mengerti kasiat kopi.

*2. Stroke*

Stroke terjadi saat ada perdarahan atau penyumbatan pada pembuluh darah ke otak.
Pencegahan: Diet sehat, oalh raga setiap hari dan tidak merokok.

*3. Demensia*

Penyakit ini yaitu sebuah penurunan fungsi otak, termasuk ingatan, pemahaman dan penalaran. Demensia yaitu sindroma yang berafiliasi dengan beberapa penyakit. Paling sering disebabkan oleh Alzheimer. Biasanya ditemukan pada perempuan usia manula, tetapi sanggup terjadi sebelumnya.
Cara menghindarinya: Tidak ada pencegahan atau penyembuhan। Namun, usahakan semoga otak tetap aktif dengan tetap bersosialiasi meski usia makin bertambah. Lakukan acara yang memacu otak, ibarat mengisi TTS, atau bermain puzzle.Perbanyak masakan berdaun hijau dan minyak ikan.

*4. Kanker paru-paru*

Pada usia 85 tahun, sepertiga dari semua perempuan di dunia telah didiagnosis dengan beberapa jenis kanker. Kanker paru-paru termasuk dalam urutan kelima. Insiden dan angka janjkematian yang meningkat di antara perempuan akhir kanker paru-paru mencerminkan kenaikan perokok perempuan selama puluhan tahun.
Pencegahan: Sembilan puluh persen masalah ini disebabkan oleh merokok aktif atau pasif. Karena itu, stop merokok dan hindari asap rokok. Pemaparan ke bahan-bahan industri ibarat asbes juga sanggup menjadi faktor risiko.


*5. Kanker payudara*

Satu di sembilan perempuan akan menderita kanker payudara pada usia 85 tahun. Dan, satu dari 38 perempuan akan meninggal akhir penyakit ini. Usia rata-rata diagnosis yaitu 60, namun masih merupakan penyebab paling umum janjkematian di kalangan perempuan usia 25-64.
Pencegahan: Risiko akan makin besar jikalau mempunyai riwayat keluarga yang menderita kanker payudara. Lakukan SADARI (pemeriksaan payudara sendiri) setiap bulan, dan cek kesehatan payudara di dokter setahun sekali.

*6. Penyakit paru obstruktif kronik*

Penyakit ini ditandai dengan adanya gangguan di paru-paru, sehingga sebagian jalan masuk udara terhambat. Akibatnya, sulit untuk bernapas. Tiga perempat dari janjkematian dikaitkan dengan rokok, sedangkan penyebab lain mencakup abses jalan masuk pernapasan, polusi udara dan pekerjaan bubuk dan materi kimia.
Pencegahan: Hindari merokok, dan menjaga gizi yang baik. Jika mempunyai problem paru-paru, ada baiknya mendapat vaksinasi influenza setiap tahun.

*7. Influenza*

Infuenza yaitu sebuah virus umum yang sanggup menimbulkan abses jalan masuk pernapasan. Biasanya, tanda-tanda flu ditandai dengan demam tinggi dan sakit tenggorokan. Jika tidak diatasi dengan tepat, flu yang berkepanjangan sanggup menimbulkan radang paru-paru dan radang otak atau jantung.
Meskipun tidak menular, penyakit ini sanggup dibilang fatal, terutama jikalau Anda berusia di atas 65 tahun atau dalam kelompok berisiko tinggi (wanita hamil). Epidemi influenza umumnya terjadi setiap tiga tahun sekali, dan pandemik jauh lebih sedikit secara teratur.
Pencegahan: imunisasi tahunan dianjurkan bagi mereka yang berisiko. Kebersihan, masker wajah dan rujukan makan yang sehat membantu meminimalkan risiko.

*8. Diabetes*

Diabetes melitus yaitu suatu kondisi dimana tubuh tidak sanggup mempertahankan kadar gula darah dalam batas normal. Ada tiga tipe (tipe 1, tipe 2 dan kehamilan), tetapi tipe 2 yaitu yang paling umum dan cepat berkembang.
Prevalensi masalah gres penyakit ini meningkat dua kali lipat dalam 20 tahun ini. Dan, jikalau tidak terdeteksi atau kurang terkontrol sanggup menimbulkan kebutaan, gagal ginjal, amputasi, serangan jantung dan stroke.
Pencegahan: lakukan kontrol gula darah secara rutin. Pertahankan berat tubuh ideal, perbanyak masakan berserat dan berolah raga teratur.

*9. Kanker usus*

Kanker yang istilah medisnya kolorektal ini mensugesti usus besar dan rektum. Penyakit ini termasuk tipe kanker kedua yang paling umum dialami wanita.
Pencegahan: hindari kondisi obesitas dan stop merokok. Pemeriksaan dianjurkan dari usia 55 tahun. Diet dan olahraga sanggup mencegah hingga 75 persen dari kasus.

*10. Penyakit ginjal kronis*

penyakit ini ditandai dengan kondisi ginjal yang rusak. Jika tidak diobati, tahap tamat penyakit ginjal sanggup membunuh dalam hitungan minggu. Selama 25 tahun ini, masalah penyakit ini meningkat 3 kali lipat.
Pencegahan: Risiko Anda meningkat jikalau mengidap diabetes, tekanan darah tinggi, glomerulonefritis (radang ginjal pembuluh darah kecil), abses jalan masuk kemih atau keracunan obat. Namun, usia, genetika, jarang berolahraga dan merokok juga berperan meningkatkan risiko terkena penyakit ini.

*_silahkan share jikalau dirasa bermanfaat_*

0 Response to "10 Penyakit Berbahaya"