Latest News

Caranya Mengetahui Macam Kulit

Perawatan kulit diharapkan untuk menjaga kulit tetap sehat, bersih, dan sedap dipndang. Perawatan dan pemeliharaan kulit Maknanya perjuangan untuk mencegah timbulnya kelainan-kelainan atau penyebab kelainan pada kulit.
Sebelum memilih menggunakan produk perawatan kulit, Musti diketahui terlebih dahulu langkah-langkah perawatan kulit sebagai berikut:
  1. Memahami maksud dan tujuan perawatan kulit
  2. Melihat keadaan dan jenis kulit
  3. Memilih produk perawatan kulit yg sesuai
  4. Melakukan perawatan dengan trik dan urutan yg baik dan benar

Untuk jenis kulit ada tiga, yaitu kering, berminyak, dan normal. Kadang juga ada kulit kombinasi, sebagian kering sebagian berminyak. Selain itu juga ada jenis kulit bermasalah (kulit sensitif, berjerawat, hiperpigmentasi). Untuk tiap jenis kulit mempunyai tata trik perawatan tersendiri.

Kulit normal:
Kulit yg sehat, tak mengkilap atau kusam, segar dan elastis, dengan minyak dan kelembaban cukup
Kulit berminyak:
Kulit yg punya kadar minyak berlebihan di permukaan, sehingga tampak mengkilap, kotor, dan kusam. Biasanya pori-porinya lebar, sehingga akhirnya bergairah dan lengket.
Kulit kering:
Lemak di permukaan kulit kurang atau sedikit, sehingga teraba kering dan kasar, alasannya ialah banyak lapisan kulit yg lepas dan retak, kaku atau tidak lentur dan Mudah terlihat kerutan.
Kulit kombinasi:
Sebagian normal, sebagian kering atau berminyak, terutama area T (dahi, hidung dan dagu)
Kulit sensitif:
Kulit yg peka terhadap aplikasi zat.kimia di atasnya
Kulit berjerawat:
Kulit yg disertai jerawat, biasanya berminyak
Kulit hiperpigmentasi:
Kulit dengan bercak-bercak hitam

keadaan kulit juga ditentukan oleh usia. Perawatan kulit untuk usia remaja, tidak sama dengan usia cukup umur atau usia lanjut. Iklim dan cuaca juga mensugesti keadaan kulit, sehingga seringkali diharapkan produk perawatan kulit yg tidak sama.

Tabloid Cantiq
dr. Ni Putu Susari Widianingsih, SpKK

0 Response to "Caranya Mengetahui Macam Kulit"