Latest News

Rileks Dengan Ear Candle Therapy

Relaksasi sanggup dilakukan dengan aneka macam trik. Misalnya, dengan metode pemijatan, mulai ala India hingga Swedia.
Kini, relaksasi juga sanggup dilakukan dengan terapi lilin atau ear candle therapy. Tentu lilin yg dipakai bukan lilin yg biasa dipakai untuk ulang tahun atau untuk lampu mati. Tapi lilin yg dirancang khusus namanya "Earwax". Earwax ibarat sumpit tapi diameternya lebih besar. Diameternya 1,5 cm. Pinggirannya dibentuk dari kain linen dengan kualitas tinggi, sementara di dalamnya terdapat serbuk-serbuk tanaman yg mempunyai efek terapi sekaligus mengandung aromaterapi.
Ear candle therapy tidak sanggup dilakukan sembarangan, Musti hati-hati alasannya ialah menyangkut telinga. Setiap kali terapi diperlukan waktu sekitar 30 menit untuk dua telinga. Prosedurnya sebagai berikut.

Tempelkan lilin
Dalam satu pak ear candle terdapat dua buah lilin, yg dipakai untuk sekali terapi. setelah pak dibuka, lilin ditempelkan pada Keliru satu telinga, dengan posisi kepala dimiringkan.
Lilin Musti masuk ke lubang indera pendengaran dengan pas. Jangan hingga ada celah yg terbuka semoga pada Saat terapi tidak terjadi gangguan, ibarat lubang indera pendengaran kemasukan kotoran dari luar.
Selain itu, posisi lilin Musti tegak lurus semoga pasien tidak terkena sisa dari pembakaran lilin Saat terapi berlangsung. Peletakan lilin yg benar sangat besar lengan berkuasa pada keberhasila proses terapi.

Bakar lilin
Jika posisi lilin sudah tegak lurus, selanjutnya terapis bakal memperabukan lilin penggalan atas. Tapi, Jika belum terbiasa, terapis bakal meletakkan sebuah tatakan di sekitar indera pendengaran untuk melindungi area sekitar supaya tidak terkena sisa pembakaran lilin.

Pijat
Saat pembakaran berlangsung, terapis bakal memijat area sekitar indera pendengaran untuk merilekskan otot-otot disekitarnya. Selama, pemijatan dilakukan, Jika sisa pembakaran tampak bakal jatuh, terapis bakal mengguntingnya perlahan tahpa menyentuh kulit orang yg diterapi. Jika kualitas ear candle-nya bagus, sisa pembakaran lebih kondusif walau terkena kulit orang yg sedang diterapi.

Hentikan pembakaran
setelah pembakaran berlangsung sekitar 15 menit, serbuk api bakal menjalar mencapai garis batas (ada garis batas yg melintas di lilin). Saat mencapai garis tersebut, terapis Musti menghentikan pembakaran sesegera mungkin. supaya api tidak menjalar lebih jauh dan membahayakan orang yg diterapi. Biasanya sebelum terapi sudah disediakan satu gelas air yg diletakkan bersahabat proses pembakaran. Gelas air bakal dipakai untuk mencelupkan lilin Saat ditarik dari lubang indera pendengaran Saat pembakaran telah mencapai garis batas.

Perlihatkan hasil
Bagian bawah lilin yg tersisa atau yg dicelupkan ke dalam air itu biasanya diambil lagi. setelah diambil, terapis bakal mengatakan hasil terapinya. Terapis bakal menggunting penggalan tengah setrik vertikal lalu dibuka. Biasanya ada kotoran yg berhasil diserap dari hasil pembakaran. Ada beberapa warna yg bakal tampak, bergantung gangguan indera pendengaran yg dirasakan pasien. Tapi Jika normal, biasa kotoran yg keluar berwarna putih atau sedikit kekuningan.

Banyak manfaat yg diperoleh dengan ear candle therapy. Diantaranya adalah:

Stimulasi pembuluh darah
Pembakaran lilin setrik perlahan menurunkan tekanan udara di dalam ear candle dan getaran yg menyalurkan udara hangat memberi sensasi hingga ke dalam telinga. Sensasi hangat itu masuk hingga ke dalam lubang telinga. Di dalam telinga, kehangatan menstimulasi pembuluh darah, membangkitkan sistem imun dan memperkuat jaringan limfa. Pada Saat bersamaan titik-titik akupuntur setrik refleks terstimulasi.

Mengangkat kotoran
Akibat perbedaan tekanan yg ditimbulkan Saat pembakaran, kotoran indera pendengaran bakal terangkat ke atas, membentuk alur yg memanjang. Berbagai acam unsur air sanggup ikut terangkat bersama kotoran, contohnya jamur.

Sembuhkan gangguan telinga
Dalam praktiknya, ear candle therapy sanggup mengatasi aneka macam duduk kasus kesehatan yg bermuara pada penggalan kepala, khususnya pendengaran. Sebab, terapi ini memang bertujuan membersihkan indera pendengaran dan berusaha membuat pendengaran yg sehat, melegakan sinus dan tenggorokan.
Dalam hal kesehatan, Jika terapi dilakukan setrik rutin, setidaknya satu ahad sekali, sanggup mengatasi sinusitis, radang selaput lendir, migrain dan beberapa macam gangguan pendengaran semisal tinnusitis (telinga berdengung). Bahkan sanggup juga membantu mengatasi masalah kehilangan keseimbangan, vertigo, dan sindrom meniere.

Relaksasi
Pemijatan yg dilakukan Saat terapi berlangsung sanggup merelaksasi otot yg bekerja di sekitar telinga. Tak heran usai terapi orang bakal merasa lebih ringan dan nyaman.

Tabloid Cantiq,

Oleh: Grace Wahyudi, Dipl Kosmetik Dipl CIDESCO Dipl CIBTAC, Technical Director Klinik Pacific.

0 Response to "Rileks Dengan Ear Candle Therapy"