Latest News

Tekanan Darah

Tekanan darah ialah kuatnya darah menekan dinding pembuluh darah Saat dipompa dari jantung menuju ke seluruh jaringan. Kerja tekanan darah serupa dengan tekanan air di dalam selang yg dihubungkan dengan keran air. Semakin besar keran air dibuka atau diputar, semakin besar tekanan air pada dinding selang.
Manfaat tekanan darah ialah untuk mengalirkan darah ke seluruh bab tubuh. Dengan demikian, semua organ-organ penting di dalam badan bakal mendapatkan oksigen dan zat-zat gizi yg dibawa oleh darah. Tekanan darah seseorang bervariasi sepanjang hari, tergantung pada situasi dan keadaan tubuh. Tekanan darah sanggup meningkat sewaktu-waktu, contohnya Saat mengalami kegembiraan, kecemasan atau alasannya melaksanakan atrik fisik. Namun, setelah istirahat, tekanan darah bakal turun kembali. Dalam keadaan tidur, tekanan darah mencapai nilai terendah, kecuali Jika mengalami mimpi jelek.
Tekanan darah dibedakan menjadi 2 macam, yakni tekanan darah sistole dan tekanan darah diastole. Tekanan darah sistole mengatakan besarnya tekanan pada dinding pembuluh darah pada Saat jantung berkontraksi (jantung berdenyut). Dengan kata lain, tekanan darah sistole ialah besarnya tekanan tertinggi (saat jantung berkontraksi) pada pembuluh darah pada satu waktu tertentu. Besarnya tekanan darah sistole biasanya dinyatakan oleh angka atau jumlah yg lebih besar Jika dibaca pada alat pengukur tekanan darah. Tekanan darah diastole mengatakan besarnya tekanan pada dinding pembuluh darah pada Saat otot jantung rileks diantara dua denyutan. Tekanan darah diastole merupakan tekanan terkecil di dalam pembuluh darah pada satu waktu tertentu. Tekanan ini dinyatakan oleh angka dengan jumlah yg lebih kecil Jika dibaca pada alat pengukur tekanan darah. Tekanan darah sistole dan diastole bervariasi untuk tiap individu. Namun, setrik umum ditetapkan, tekanan darah normal untuk orang cukup umur (>= 18 tahun) ialah 120/80. Angka 120 disebut tekanan sistole, dan angka 80 disebut tekanan diastole.Tekanan darah seseorang sanggup lebih atau kurang dari batasan nilai normal. Jika melebihi nilai normal, orang tersebut menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi dan Jika kurang dari nilai normal, orang tersebut menderita tekanan darah rendah atau hipotensi.Menurut WHO, batasan-batasan nilai untuk sistole dan diastole sebagai berikut. Jika nilai sistole <> 160 mmHg dan diastole > 95 mmHg disebut hipertensi. Alat untuk mengukur tekanan darah disebut tensimeter.

Perencanaan Menu Untuk Penderita Tekanan Darah TinggiIr. Susi Purwati, Ir. Salimar, dr. Sri Rahayu, M.Sc

0 Response to "Tekanan Darah"