Latest News

Mengenal Aneka Ragam Vitamin

Vitamin A
Identik dengan vitamin kecantikan. Dengan vitamin A kulit tetap licin dan halus, vitamin A juga menjaga kesehatan kerongkongan, cabang tenggorokan, serta seluruh pencernaan, kandung kemih, ginjal, dan organ-organ dalam rongga panggul.. Vitamin A menolong dalam pertumbuhan dan gigi yg normal terutama pada bawah umur dan orang muda. Bila kekurangan vitamin A kulit bakal menjadi tebal dan kasar, mata kelihatan suram, dan tidak bercahaya, serta Mudah terkena penyakit menular. Vitamin A terdapat di dalam aneka macam buah-buahan dan sayur-sayuran segar mirip wortel, labu, ubi jalar, alpokat, semangka, dan banyak lagi dalam buah-buahan segar.

Vitamin B Kompleks
Terdapat dalam biji-bijian mirip beras, gandum, dan lain-lain. Vitamin ini terutama terdapat pada kulit arinya. Ini berMakna beras yg sudah digiling putih telah kehilangan sebagian besar vitamin B kompleks.

Vitamin B2 (riboflavin)
Bila vitamin B2 tidak ada dalam makanan, maka retak-retak sanggup timbul pada sudut mulut, mata seolah-olah terbakar, dan lida berwarna keungu-unguan. Sumber vitamin B2 yakni susu, telur, kacang-kacangan, biji-bijian yg masih berkulit ari, dan sayuran yg daunnya hijau. Vitamin ini Mudah hilang atau terbuang jika dimasak dengan banyak air.

Vitamin B12
Bila kekurangan vitamin B12, bakal menderita penyakit anemia, sebab vitamin B12 amat penting dalam pembuatan sel darah merah. Penderita mungkin bakal mencicipi nyeri, dan kaku pada tangan dan kaki, bahkan mungkin mengalami setengah lumpuh.

Vitamin C
Vitamin C mempunyai kegunaan sekali bagi mereka yg menderita jerawat andal atau penyakit yg sudah berlarut-larut (lama). Kekurangan vitamin C menjadikan scorbut. Gejalanya sekeliling gusi berdarah dan tulang terasa nyeri jika disentuh. Terjadi bintik-bintik pendarahan di bawah kulit, dan mungkin gigi menjadi tanggal. Scorbut juga banyal dialami oleh perempuan yg sedang mengandung, ibu menyusui, dan mereka yg kekurangan makanan. Vitamin C Mudah sekali rusak oleh panas dan tidak tahan jika dimasak terlalu lama. Sumber vitamin C yakni jeruk, anggur, tomat, mangga, sayuran hijau dan buah-buah segar lainnya.

Vitamin D
Vitamin D diharapkan untuk pertumbuhan tulang yg besar lengan berkuasa dan sehat, sehingga penting bagi bayi dan anak kecil. Kekurangan vitamin D menjadikan kelainan bentuk pada tulang yg disebut rakhitis, tulang lunak dan Mudah bengkok. Sumber vitamin D antara lain kuning telur, minyak ikan, dan susu. Tubuh insan juga menghasilkan sendiri vitamin D oleh efek cahaya matahari. Tetapi berjemur di panas matahari jangan terlalu berlebihan sebab kulit sanggup terbakar.

Vitamin E
Vitamin E bersahabat bekerjasama dengan fungsi reproduksi. Juga mensugesti otot-otot jantung. Vitamin E banyak terdapat dalam biji-bijian yg masih berkulit ari, sayur-sayuran hijau, minyak zaitun, minyak kelapa dan lain-lain.

Vitamin K
Diperlukan untuk pembekuan darah. Kekurangan vitamin K menjadikan pendarahan yg tidak henti-hentinya. Vitamin K banyak terdapar dalam sayur-sayuran hijau, kedelai (tempe,tahu), dan susu kedelai.

Pengobatan Tradisional
R.M Edhi Sutardjo

0 Response to "Mengenal Aneka Ragam Vitamin"