Latest News

Legenda Menara Setan

Pada kiamat dinosaurus, tekanan dari dalam bumi dipaksa naik ke atas yg membuat Black Hills, Pegunungan Rocky, dan Menara Setan. Sementara legenda suku Indian kuno menceritakan perihal tujuh gadis yg memohon dan dibawa menjadi bintang Plediades.

Cerita-cerita yg dipaparkan banyak penulis perihal Menara Setan, banyak menggambarkan mitologi kuno dan mistis. Seperti ‘Devil’s Tower‘ karya Mark sumner yg lebih banyak menceritakan kisah mistis, sementara berdasarkan ilmuwan, menara setan terbentuk jutaan tahun kemudian saat wilayah tersebut berada dibawah laut.


Legenda Menara Setan Menyimpan Harta Karun
Wilayah timur bahari Wyoming terdapat gunung bebatuan beku yg terlihat ibarat ‘tunggul pohon raksasa’, dengan ketinggian lebih dari seribu meter. Setrik vertikal watu ini memiliki ukiran raksasa, penduduk berkulit putih menyebutnya Menara Setan (Devils Tower). Sementara suku Indian menyebutnya dengan banyak sekali nama, diantaranya ‘Bear Lodge‘.

Mungkin legenda menara setan yg paling banyak dikenal penduduk orisinil Amerika. Seperti legenda yg diceritakan oleh Kiowa, ada tujuh gadis bermain di erat desa mereka saat mereka dikejar oleh beberapa beruang. Gadis-gadis itu melompat di atas watu rendah dan memohon; “Batu, kasihanilah saya, watu selamatkan saya!” Batu itu mendengar mereka, hidup ibarat flora yg tumbuh drastis. Beruang-beruang yg mengejar mereka melompat di watu dan menggaruk (mencakar-cakar) bebatuan, tapi tidak sanggup mendaki. Menara setan membawa tujuh gadis ke tempat tertinggi sehingga mereka menjadi bintang, konstelasi yg disebut Plediades.

Dahulu, penduduk dari bab timur bahari Wyoming mengunjungi Yankton, Dakota Selatan. Disana beliau menawarkan gambar menara setan kepada beberapa suku Indian Sioux yg ditemuinya, Keliru satunya sangat bersemangat saat melihat gambar tersebut dan bertanya: “Apakah ada jalan menuju dasar menara setan?“. Penduduk itu menjawab tidak, dan laki-laki itu tampak kecewa. Dengan sedikit desakan, beliau memberikan legenda menara setan.

Sebelum tiga pemberani berburu erat menara setan, mereka menjelajahi bebatuan di dasar gunung dan menemukan sebuah lorong di bawahnya. Mereka membuat obor dari pinus dan mulai menjelajahi terowongan. Mereka menemukan bab acak-acakan dengan tulang manusia. Terowongan itu menuju sebuah gua yg memiliki danau bawah tanah berukuran sekitar 25 meter, dan disana terdapat emas, harta karun dengan jumlah yg sangat besar.

Para pemburu tidak siap untuk mengambil emas itu, mereka meninggalkan terowongan dan menyembunyikan pintu masuk harta karun sehingga orang lain tidak bakal menemukannya. Mereka berniat kembali untuk mendapat emas di lain waktu, tapi tidak pernah melakukannya. Keliru satu pemburu, sebelum kematiannya menceritakan kisah itu kepada anggota lain dari sukunya dan kisah itu telah diwariskan selama beberapa generasi suku Indian kuno.

Di sisi lain, Black Hills merupakan wilayah di mana menara setan berdiri. Disini terdapat beberapa gua terbesar di bawahnya, termasuk Wind Cave dan Jewel Cave. Daerah Black Hills juga dikenal sebagai pertambangan emas, jadi, ada beberapa kebenaran kisah legenda menara setan. Mungkin gua yg hilang tidak di bawah menara setan, tetapi di dekatnya.

Fenomena Alam Terbentuknya Menara Setan
Ketinggian menara setan sekitar 1.267 meter erat dengan Sungai Fourche Belle. Selama zaman dinosaurus, kawasan ini pernah berada di bawah bahari dangkal. Selama jutaan tahun, sedimen diendapkan di dasar bahari dan kesannya berkembang menjadi batuan sedimen ibarat watu pasir, serpih dan batulanau (siltstone). Pada kiamat dinosaurus (65 juta tahun lalu) tekanan dari dalam bumi dipaksa naik ke atas permukaan. Tekanan tersebut membuat Black Hills di dekatnya dan Pegunungan Rocky, juga memaksa batuan cair naik ke permukaan di lokasi menara setan.

Batu vulkanik plug terbentuk saat gunung berapi punah dan batuan cair di dalam tabung yg membawa magma dari dalam bumi ke kawah gunung mendingin sampai membentuk batuan beku. Batu dalam tabung biasanya jauh lebih keras daripada bab gunung lainnya. Angin, dan hujan kemudian mengikis gunung sampai watu vulkanik plug terbuka. Sebagian besar bukti menawarkan bahwa menara setan bukanlah sisa-sisa gunung berapi yg punah. Tidak ada jejak fenomena geologi di kawasan sekitarnya yg terkait dengan gunung berapi, ibarat bubuk atau pedoman lava.

Teori yg lebih mungkin menyatakan bahwa menara setan terbentuk akhir laccolith. Laccolith merupakan intrusi magma panas dari dalam bumi yg tidak pernah mencapai permukaan. Hal ini mendorong terbentuknya tonjolan batuan sedimen di atasnya, namun tidak ada kaldera atau kawah yg terbentuk. Batuan cair hambar dan batuan sedimen lembut di tonjolan kemudian terkikis, dan batuan keras beku terbuka. Jika hal ini terjadi, menara setan mungkin terbentuk antara satu sampai dua juta tahun lalu.

Menara setan terdiri dari Phonolite Porphyry, sebuah batuan beku abu-abu atau kehijauan dengan kristal Feldspar yg tertanam di dalamnya. Seperti tanah di sekitar menara yg terus terkikis, tidak kebal terhadap abrasi itu sendiri. Batu-batu yg acak-acakan di sekitar dasar menara setan merupakan sisa-sisa dari deretan yg jatuh dan terkikis dari waktu ke waktu.


sumber: /search?q=kisah-cinta-pahit-dalam-film-romantis

0 Response to "Legenda Menara Setan"