Latest News

22 Larangan Penting Bagi Ibu Hamil, Jangan Pernah Melakukannya!

Ibu hamil sangat rentan terhadap lingkungan sekitar dan kegiatan lainnya. Salah dalam menentukan kegiatan dan lingkungan yang tidak sempurna sanggup membuat kesehatan ibu hamil terganggu. Jika kesehatan terganggu, maka sanggup dipastikan janin dalam kandungan juga bakal terganggu bahkan sanggup keguguran atau lahir catat. Di sinilah pentingnya memahami larangan-larangan ibu hamil.

Ibu hamil sangat rentan terhadap lingkungan sekitar dan kegiatan lainnya 22 Larangan Penting bagi Ibu Hamil, Jangan Pernah Melakukannya!

Inilah 22 larangan penting bagi ibu hamil, jangan pernah melakukannya!

Melukis
Bagi yang hobi melukis, kegiatan ini sanggup tetap dilakukan selagi hamil. Tapi, jangan terlalu usang atau berlebihan, contohnya sepanjang hari. Cukup 1-2 jam setiap hari. Yang dikhawatirkan selama melukis wangi cat sanggup terhirup dalam waktu lama. Karena sebagian besar jenis cat mengandung materi kimia. Karena itu sebaiknya melukis dilakukan di udara terbuka untuk mengurangi terekspos terlalu usang dengan cat.

Hubungan Seks
Orgasme sanggup mengakibatkan keguguran di usia kehamilan muda dan mengakibatkan persalinan di usia kehamilan lanjut. Tapi, hal tersebut tak terbukti pada kehamilan normal. Jadi, kegiatan ini boleh-boleh saja dilakukan. Asal tidak ada indikasi kelainan pada kehamilannya, semisal letak ari-ari di bawah atau perdarahan. Asal juga mani jangan hingga dibuang di dalam, alasannya yaitu zigot laki-laki bakal sanggup menggerogoti dinding rahim yang sanggup membuat rasa sakit di perut.

Olahraga
Bila Anda terbiasa rutin dan gemar berolahraga, semasa hamil pun sanggup diteruskan. Hanya saja olahraga yang dilakukan bukanlah yang berbahaya dan mengandung risiko, ibarat balapan mobil, berkuda, lompat-lompat, arung jeram, dan sebagainya. Tapi, lakukanlah olahraga ringan selama 5-30 menit, contohnya jalan pagi, senam ringan, atau berenang. Jalan merupakan olahraga paling kondusif semasa hamil. Berenang pun termasuk olahraga yang kecil hasilnya dan sanggup dilakukan sepanjang usia kehamilan. Berenang sanggup membuat punggung terasa nyaman dan tubuh menjadi ringan, alasannya yaitu terhindar dari gravitasi.

Naik pesawat
Boleh dilakukan sebelum usia kehamilan 7 bulan. Sebetulnya bayi dalam kandungan tak bermasalah dengan ketinggian dan perbedaan tekanan udara. Agar perjalanan dengan pesawat lebih nyaman sebaiknya duduk di pinggir “gang” supaya gampang jikalau mau ke kamar kecil. Gunakan pula tali pengaman supaya duduk nyaman, dan gunakan penyangga kaki supaya tak menimbulkan nanah dan juga bantal kecil di belakang punggung.

Bepergian dengan pesawat memang berisiko tinggi. Bila kondisi udara buruk, lantas ibu menjadi stres. Ibu sanggup kekurangan oksigen dan mengalami sesak nafas. Sementara bayi dalam kandungan membutuhkan oksigen. Bila hal ini terjadi di trimester akhir, maka sanggup terjadi persalinan prematur atau bayi meninggal dalam kandungan.

Merokok
Bayi yang dilahirkan dari ibu perokok hampir selalu memiliki berat lahir rendah. Ibu perokok menjadikan bayi menerima darah lewat plasenta lebih sedikit, sehingga zat asam dalam darahnya sedikit. Akibatnya berat tubuh bayi pun lebih rendah dibanding bayi dari ibu tidak merokok. Jadi, semasa hamil bahkan jauh sebelum hamil, kegiatan yang tak bermanfaat ini sebaiknya dihentikan. Jangan ambil risiko, Bu!

Rontgen
Radiasi tak boleh dilakukan, apa pun indikasinya. Semua bentuk radiasi berpotensi membahayakan perkembangan janin. Pada dikala ini janin sedang dalam perkembangan. Semua jenis radiasi sanggup mengacaukan perkembangan sel. Sehingga terjadi mutasi sel yang sanggup berkembang ke arah kanker, cacat dan sebagainya. Bila diharapkan penyinaran, ibarat untuk mengetahui patah tulang atau rontgen gigi, sebaiknya katakan pada dokter bahwa Anda tengah hamil.

Sauna
Pada masa kehamilan kegiatan ini sama sekali tak menyenangkan. Apalagi dilakukan dalam ruang tertutup dan udara yang panas. Sementara perempuan hamil, kan, sudah banyak mengalami penguapan dari tubuhnya dengan seringnya berkeringat. Jadi, buat apa bersauna?

Mandi Malam
Yang harus diperhatikan perempuan hamil duduk kasus higienis. Kalau tak mandi, sanggup timbul jamur alasannya yaitu perempuan hamil banyak berkeringat. Jadi, boleh saja mandi malam asal tak hingga menggigil kedinginan. Bila tak ingin mandi, minimal membasuh dengan waslap, membersihkan tempat kemaluan, membersihkan tempat lipatan kulit danatau rontgen gigi, sebaiknya katakan pada dokter bahwa Anda tengah hamil.

Bekerja di depan komputer
Memang belum ada kehamilan. Lagipula radiasi dari komputer sanggup dikatakan kecil sekali. Jadi, boleh saja asal tak terlalu lama. Perhatikan pula perilaku tubuh, supaya tak muncul keluhan sakit punggung. Cobalah sesering mungkin untuk bergerak. Sebaiknya setiap 1-2 jam Anda melaksanakan kegiatan lain, ibarat jalan-jalan sebentar atau menggerakkan anggota badan.

Mengemudi
Bila kehamilan tak bermasalah, Anda diperbolehkan mengemudi. Tapi, perhatikan jarak dan usang mengemudi. Sering-seringlah mengubah posisi untuk mengendorkan otot-otot kaki. Jangan menunda cita-cita buang air kecil alasannya yaitu terlalu asyik mengemudi.Memasuki trimester ketiga kehamilan, Anda memerlukan seorang pengemudi. Perut yang membesar bakal menyulitkan Anda mengemudi dengan baik. Selain itu, juga menghindari kemungkinan yang tak diinginkan, contohnya terjadi kontraksi ketika tengah mengemudi.

Diet
Tak baik bagi kondisi ibu dan bayi, alasannya yaitu sanggup menimbulkan kekurangan vitamin, mineral dan materi kuliner lain. Diet hanya boleh dilakukan atas persetujuan dokter. Beberapa ibu hamil justru dianjurkan diet materi kuliner tertentu. Tujuannya, tentu saja bukan menurunkan berat badan, tapi supaya berat tubuh ibu tak bertambah setrik berlebihan. Kenaikan berat tubuh normal selagi hamil tak lebih dari dua kilogram sebulan. Bila perlu kurangi jenis kuliner tertentu yang sanggup menambah berat tubuh berlebih, ibarat cake, tart, biskuit, kuliner yang berlemak dan manis-manis.

Cat
Hindarilah kontak dengan cat, sekalipun hanya menghirup wangi thinner-nya. Karena zat yang terdapat dalam cat sanggup masuk ke dalam tubuh. Tak heran jikalau ada orang yang merasa pusing sesudah mencium baunya, apalagi bagi perempuan hamil. Memang belum diketahui niscaya apakah materi cat sanggup berbahaya bagi perkembangan janin atau tidak. Tapi, pencegahan tentu selalu lebih baik, bukan?

Bahan pembersih dan pengkilap
Mengandung bahan-bahan kimia yang sanggup diserap lewat kulit dan masuk ke dalam pedoman darah di mana janin sedang berkembang. Karena itu, hindari kontak eksklusif dengan kulit. Sebaiknya gunakan sarung tangan jikalau dalam pekerjaan, Anda harus menggunakan materi pembersih atau pengkilap.

Pewarna Rambut
Memang belum ada bukti yang menunjukkan bahan-bahan kimia dalam pewarna rambut berbahaya bagi janin. Tapi, di lain pihak, pewarna rambut pun tak terbukti kondusif sama sekali. Jadi, sebaiknya sementara Anda hamil, tundalah cita-cita untuk mengecat rambut.

Kosmetik
Sebetulnya kosmetik mengandung materi kimia, kendati jumlahnya sangat sedikit. Kandungan merkuri dalam kosmetik diketahui berbahaya bagi janin. Karena itu, konsultasikan pada ahlinya kosmetik yang kondusif buat ibu hamil.

Stoking
Jangan membatasi peredaran darah di kaki selama kehamilan, alasannya yaitu sanggup menimbulkan pembengkakan. Jadi, jangan gunakan stoking yang membungkus kaki dengan ketat. Sebaiknya gunakanlah stoking dari materi lunak jikalau Anda merasa perlu menggunakannya untuk menjaga keindahan dan kehangatan di ruang ber-AC. Penderita varises sanggup tetap menggunakan stoking khusus varises.

Sepatu
Pemilihan sepatu semasa kehamilan lebih pada kenyamanan dan keamanan. Karena tubuh mengalami perubahan maka penting untuk menghindari sepatu yang bakal membebani kepingan punggung bawah dan otot-otot kaki. Seperti halnya sepatu berhak tinggi sanggup berisiko terpeleset, jatuh dan kaki terkilir.

Sama halnya dengan sepatu bertumit rata yang lebih disukai, juga harus menunjang kaki dengan baik. Hindari pula yang sanggup mengakibatkan Anda jatuh atau tergelincir. Ketika membeli sepatu ukurannya sedikit lebih besar dari biasanya, sebagai antisipasi kaki yang membengkak yang umum terjadi semasa kehamilan.

Alkohol
Sebaiknya tak dikonsumsi sama sekali. Bila perempuan suka minum minuman beralkohol harus dilarang sebelum kehamilan terjadi. Tak ada tingkat pemakaian alkohol yang kondusif semasa kehamilan. Minuman beralkohol tersebut bakal masuk ke dalam darah bayi melalui darah ibunya. Sementara hati janin belum berfungsi maksimal, maka minuman tersebut bakal tetap beredar di dalam darah. Pada perempuan yang minum alkohol dalam jumlah berlebihan, sebagian besar bakal berisiko pada bayi. Bisa menghambat pertumbuhan fisik, otak dan sebagainya sehingga bayi lahir dengan cacat fisik, kerusakan jantung dan retardasi mental.

Kendati ada ibu yang mengatakan, “Saya minum alkohol, anak saya tak apa-apa, kok.” Tapi, semua penelitian menunjukkan angka tragedi pertumbuhan janin terhambat jauh lebih tinggi pada bayi dengan ibu yang minum minuman beralkohol. Jadi, sifatnya tidak kausatif melainkan risk (berisiko).

Daging setengah matang
Sebaiknya diolah hingga matang, alasannya yaitu materi kuliner berasal dari binatang sanggup mengandung bakteri, parasit, protozoa dan bahkan banyak sekali jenis cacing. Pada telur setengah matang pun sanggup ditemukan salmonela yang sanggup menjadikan penyakit typhus.

Bahan kuliner yang mengandung kuman tersebut sanggup masuk dalam darah ibu dan mengakibatkan infeksi, contohnya, toksoplasma. Nah, semua infeksi pada ibu hamil mengakibatkan gangguan pada bayi. Untuk mengetahuinya dilakukan investigasi darah. Bila Anda terinfeksi, dokter bakal melaksanakan yang terbaik bagi Anda.

Pil KB
Saat belum menyadari Anda hamil, mungkin Anda masih mengkonsumsi pil KB. Tak perlu terlalu khawatir, alasannya yaitu pil KB tak setrik eksklusif mengakibatkan efek pada janin, contohnya bayi cacat. Lagipula, hormon-hormon sintetis dalam pil KB hampir sama dengan hormon-hormon alami yang diproduksi tubuh. Tapi, segera hentikan sesudah tahu diri Anda hamil.

Kafein
Boleh saja, kok, Anda minum kopi, asal tak berlebihan. Tapi, ingat, kafein merupakan suatu perangsang yang kuat dan sanggup meningkatkan produksi hormon stres. Peningkatan ini mengakibatkan berkurangnya pedoman darah ke rahim dan berkurangnya oksigen mencapai janin. Jadi, mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang banyak tak baik bagi Anda dan bayi Anda. Sedangkan minum teh disarankan tidak berbarengan dengan vitamin/makanan yang mengandung zat besi. Teh bakal menghambat peresapan zat besi.

Obat pereda sakit
Jangan minum obat sembarangan! Tapi, bukan berarti jikalau sakit tak boleh minum obat, lho. Selalu konsultasikan dengan dokter kandungan jikalau Anda bakal mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Atau, beri tahukan dokter jikalau Anda sedang hamil, sehingga ia bakal menuliskan resep obat yang kondusif untuk ibu hamil.
Sumber: bayidananak.

0 Response to "22 Larangan Penting Bagi Ibu Hamil, Jangan Pernah Melakukannya!"