Latest News

Jenis & Pengaruh Ancaman Minuman Soda Bagi Janin Berdasarkan Penelitian



Beberapa pelengkap buatan tersebut masih gres dan belum dilakukan penelitian yang cukup panjang untuk mengetahui keamanan pelengkap tersebut bagi ibu hamil. Selain itu minuman bersoda juga mengandung kafein yang dalam jumlah besar bisa berbahaya bagi kehamilan itu sendiri. Khusus mengenai kafein, kita sudah melihat bahayanya bagi ibu hamil pada goresan pena sebelumnya. Sumber tersebut menjelaskan bahwa, sejauh ini pelengkap buatan yang biasa dipakai ada 3 jenis yaitu aspartam, sakarin dan sucralose. Dari ketiga jenis tersebut yang kondusif dan dihentikan untuk ibu hamil yaitu:

a. Aspartam
Pemanis buatan ini juga dikenal dengan nama NutraSweet dan merupakan pelengkap buatan yang sudah usang beredar serta sudah dilakukan banyak penelitian. Peneliti menyampaikan bahwa mengonsumsi pelengkap buatan ini dalam jumlah yang kecil masih relatif kondusif bagi ibu hamil, tapi tidak boleh lebih dari satu hingga dua ounce per harinya. Jumlah tersebut merupakan batas maksimum konsumsi pelengkap buatan. Artinya jikalau lebih sedikit saja dan rutin maka bakal menjadikan perkembangan kesehatan janin.

b. Sakarin
Pemanis buatan ini sudah terang dihentikan dikonsumsi oleh ibu hamil pada usia kehamilan berapapun. Berdasarkan penelitian didapatkan bahwa konsumsi sakarin pada ketika hamil bisa menimbulkan bayi lahir cacat. Jadi sebaiknya hindari minuman soda yang mengandung sakarin.

c. Sucralose.
Pemanis buatan ini masih gres dan belum ada penelitian yang menyatakan bahwa pelengkap ini kondusif dikonsumsi oleh ibu hamil. Makara sebaiknya menghindari minuman yang mengandung pelengkap buatan ini hingga ada penelitian yang menawarkan bahwa pelengkap ini kondusif untuk ibu hamil.
 
Jenis dan Bahaya minuman bersoda bagi janin
Bahaya pelengkap buatan dalam minuman bersoda dan berenergi ini dikuatkan oleh sebuah penelitian di Kopenhagen, Denmark yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition. Dalam penelitian tersebut terungkap bahwa kelahiran prematur pada bayi terjadi pada ibu sering mengkonsumsi minuman atau makanan yang banyak mengandung pelengkap buatan. Sejauh ini, minuman bersoda yaitu jenis minuman yang banyak mengandung pelengkap buatan. Dalam 1 kaleng soft drink terdapat 12 sendok teh gula.

Dalam penelitian tersebut didapatkan jikalau ibu hamil mengonsumsi satu porsi minuman ringan yang mengandung pelengkap buatan dalam sehari, maka kemungkinan untuk melahirkan sebelum usia kehamilan 37 ahad sebesar 38 persen. Tapi jikalau ibu hamil mengonsumsi sebanyak empat porsi sehari, maka kemungkinannya bakal meningkat menjadi 78 persen.

Penelitian tersebut mengungkap bahwa pelengkap buatan yang terdapat di dalam minuman soda bakal dipecah di dalam tubuh menjadi suatu materi kimia yang sanggup mengubah rahim atau mensugesti kehamilan. Sehingga kelahiran lebih awal dibutuhkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginakn. Hal ini patut menjadi perhatian para ibu-ibu hamil, alasannya banyak ibu hamil yang menggantikan gula orisinil dengan pelengkap buatan lantaran dianggapan pilihan lebih sehat. Namun, studi menyatakan bahwa minuman berpemanis buatan, menyerupai aspartam, membawa ancaman bagi bayi dalam kandungan.

Para jago kesehatan semenjak usang juga mengetahui bahwa pada pelengkap buatan terkandung methanol yang sudah usang dikenal sebagai racun syaraf yang sanggup membentuk asam format di dalam tubuh. Selain itu, pelengkap buatan juga sanggup memicu terbentuknya formaldehida (formalin, materi kimia untuk pengawet mayat). Sejarah bahkan mencatat bahwa pelengkap sakarin sangat berbahaya bagi kesehatan dan sanggup terkumpul di plasenta. Oleh alasannya itu, ibu yang sedang hamil sebaiknya menghindari minuman maupun makanan yang mengandung pelengkap buatan tanpa terkecuali. Para ibu sebaiknya tidak usah terkecoh dan terpengaruhi oleh rasanya yang nikmat namun di balik itu mengundang penyakit yang berbahaya.

Menurut sumber di atas, selain mengandung banyak pelengkap buatan yang sanggup menimbulkan bayi lahir prematur, minuman bersoda biasanya juga mengandung banyak asam, kafein, materi pengawet dan fosfat/karbonat/soda. Sehingga dampak lain yang ditimbulkan dari konsumsi minuman bersoda dan pelengkap bautan semakin banyak. Di antaranya, segimana dikutip dari sumber di atas yaitu terjadinya aneka macam gangguan kesehatan sebagai berikut.

a        Obesitas
Obesitas yaitu kondisi di mana seseorang memiliki kelebihan berat tubuh di atas 75% dari berat idealnya. Kelebihan berat tubuh ini sanggup memicu timbulnya diabetes baik pada ibu maupun janin yang dilahirkan. Janin yang dilahirkan dengan bobot diatas 4 kg kemungkinan besar bakal mengidap diabetes.
b        Osteoporosis
Kandungan asam fosfat yang tinggi pada minuman bersoda menimbulkan meningkatnya asupan fosfor dalam tubuh. Peningkatan fosfor sanggup menimbulkan terganggunya perembesan kalsium dalam tubuh dan penurunan masa tulang sehingga menimbulkan resiko yang lebih besar terhadap tulang keropos.
c         Hipertensi
Kandungan kafein dalam minuman bersoda sanggup memicu terjadinya hipertensi yang sanggup menimbulkan terjadinya kelahiran prematur untuk menyelamatkan nyawa ibu dan janin.
d        Melemahnya sistem Imun
Tingginya kandungan pelengkap dalam softdrink sanggup menurunkan kemampuan tubuh melawan bakteri. Sel-sel darah putih berkurang kemampuannya selama beberapa jam atau beberapa hari .

0 Response to "Jenis & Pengaruh Ancaman Minuman Soda Bagi Janin Berdasarkan Penelitian"