Latest News

Resep Menciptakan Camilan Bagus Putu Mayang Tradisional Istimewa

Kue putu mayang yakni kue berair indonesia yang termasuk kategori jajanan pasar khas nusantara. Keberadaan camilan anggun putu mayang ini kini sudah jarang ditemukan. Padahal kue putu mayang ini enak dan dulu sangat gampang ditemukan di pasar pasar tradisional hingga dijajakan setrik kelilih. Semakin banyaknya aneka jenis kue modern yang beredar di masyarakat membuat camilan anggun putu mayang ini semakin kurang dikenal.

Kue putu mayang ini enak tak kalah dari aneka jajanan modern. Putu mayang biasanya disajikan bersama saus santan menyerupai saus serabi bandung. Rasa Jajanan camilan anggun tradisional ini anggun dan gurih dengan bentuk kriting yang unik dan tektur camilan anggun yang lembut dan kenyal.

Untuk melestarikan camilan anggun putu mayang aku ingin membuatkan resep putu mayang tradisional supaya camilan anggun ini tetap dikenal oleh masyarakat kita. Siapa tahu suatu hari camilan anggun putu mayang ini dapat populer diseluruh dunia hehe. Untuk membuat putu mayang murah dan tidak sulit. Berikut resep membuat camilan anggun putu mayang yang enak dan lezat.

 Keberadaan camilan anggun putu mayang ini kini sudah jarang ditemukan Resep Membuat Kue Putu Sunlingkar Tradisional Istimewa

Bahan Resep Putu Sunlingkar :
tepung beras 150 gram
tepung sagu 50 gram 
gula pasir 1 sendok makan 
Air santan 300 ml (1/2 butir kelapa supaya lebih gurih)
garam 1/2 sendok teh 
pewarna hijau 2 tetes 
pewarna merah 3 tetes 

Bahan Saus gula jawa Kue Putu Sunlingkar :
250 gr Gula jawa 
400 ml Santan 
3 sdm Gula pasir 
1 lbr Daun pandan
garam secukupnya

Cara membuat saus gula jawa camilan anggun putu mayang :
Masak santan, gula pasir,gula merah,dan daun pandan serta garam secukupnya supaya rasa saus jadi lebih gurih. aduk saus hingga mendidih namun jangan hingga pecah pecah. Angkat dan sisihkan

Cara Membuat camilan anggun Putu Sunlingkar :

  • Campurkan tepung beras,gula pasir santan serta garam aduk hingga gabungan larut.
  • Masak gabungan diatas api kecil sambil terus diaduk hingga gabungan bergumpal. Angkat.
  • Pindahkan gabungan dan taruh pada mangkuk. masukkan tepung sagu bertahap setrik bertahap dan uleni gabungan camilan anggun putu mayang hingga merata.
  • Bagi gabungan menjadi 2 bagian.bagian pertama campurkan warna merah Uleni rata. bab kedua campur dengan warna merah. Uleni lagi hingga rata.
  • Masukkan gabungan ke dalam cetakan camilan anggun Putu Mayang. Semprotkan gabungan  pada daun pisang setrik memanjang lalu gulung.
  • Kukus gabungan selama 15 menit dengan api yang sedang hingga camilan anggun matang.
  • Kue Putu Sunlingkar siap disajikan dengan siraman saus. Untuk 24 buah
Demikian resep camilan anggun tradisional ini dirumah dan semoga putu mayang tetap lestari dan dapat terus dinikmati oleh anak cucu kita nanti. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

0 Response to "Resep Menciptakan Camilan Bagus Putu Mayang Tradisional Istimewa"