Latest News

Resep Cara Menciptakan Camilan Anggun Ongol-Ongol Tradisional

Ongol ongol merupakan kue basah khas nusantara. Ongol ongol memiliki tekstur kenyal dan lembut. Kue dari tepung singkong ini gampang ditemukan di pasar kue tradisional. Selain tepung kanji atau singkong, Jika anda tak mau repot memarut singkong atau membuat camilan cantik dari tepung kanji materi resep camilan cantik ongol ongol ini dapat juga digantikan dengan ongol ongol hunkwe ataupun tepung sagu aren.  

Penyajian camilan cantik ini ditaburi atau digulingkan dengan kelapa parut. Kue ini juga baik untuk jajanan anak sebab materi camilan cantik ini sederhana dan tak memerlukan materi pewarna maupun pemanis. Kue ongol ongol dikenal didaerah tapanuli, namun hampir setiap tempat di indonesia memiliki resep camilan cantik ongol ongol sendiri. Yang berbeda biasannya hanyalah materi utamanya saja.

Soal rasa tentu camilan cantik berair ini tidak kalah dengan Roti Modern yang banyak beredar di kota kota besar. Semua jenis ongol ongol mulai dari yang terbuat dari singkong, sagu, hunwkue memiliki rasa yang khas dan enak. Kali ini masak kue bakal mengembangkan resep ongol ongol dari sagu aren, Jika anda ingin membuat ongol ongol dari materi yang lain anda boleh menggantikan tepung sagu dengan materi yang anda inginkan :

 Ongol ongol memiliki tekstur kenyal dan lembut Resep Cara Membuat Kue Ongol-Ongol Tradisional

Bahan Membuat camilan cantik Ongol Ongol:
tepung sagu aren kering 125 g 
gula merah atau gula jawa 150 g  ( iris tipis tipis )
daun pandan 2 lembar ( potong potong)
kelapa muda 150 g (kupas dan parut memanjang 
375 ml air
garam secukupnya

Cara membuat Ongol Ongol:
  • Campurkan materi tepung sagu kedalam air 150 ml, aduk hingga rata dan Sisihkan.
  • Sisa air (225ml) dimasak dengan gula serta daun pandan hingga mendidih dan gula menjadi larut. Angkat lalu saring. Campurkan dengan larutan tepung sagu bertahap sambil diaduk rata.
  • Masak gabungan ongol ongol pada api yang kecil hingga mendidih dan gabungan menjadi kental.
  • Tuangkan gabungan yang sudah mengental dan masih panas ke dalam loyang, ratakan gabungan dan Dinginkan. Potong ongol ongol sesuai selera.
  • Guling gulingkan pada kelapa parut hingga camilan cantik terbalut dengan rata.
  • Kue ongol ongol siap diSajikan.

Praktis dan sederhana bukan membuat camilan cantik ongol ongol ini? Sajikan untuk roti enak teman minum teh atau ketika santai bersama keluarga tentu dapat menjadi kenikmatan tersendiri. Selamat mencobanya dirumah supaya bermanfaat

0 Response to "Resep Cara Menciptakan Camilan Anggun Ongol-Ongol Tradisional"