Latest News

Aplikasi Android Visual Penunjuk Arah Kiblat

VISUAL QIBLAH (oleh : Arif Maftuhin)

Keliru satu aplikasi yg terinstall di HP saya ialah Visual Qiblah. Sebelum 'cocok' dengan aplikasi yg satu ini, saya sudah mencoba banyak aplikasi lain sejenis: aplikasi-aplikasi penemu arah kiblat.

Sebagai orang yg sering pergi ke tempat-tempat baru, menginap di lokasi baru, arah kiblat menjadi keperluan pokok. Di hotel tidak selalu ada penunjuk arah kiblat. Jika pun ada, kadang tidak akurat. Maka aplikasi diharapkan untuk mempercepat pemenuhan keperluan salat.

Seperti saya sebutkan tadi, ada banyak aplikasi sejenis "Visual Qiblah", tetapi yg satu ini cukup istimewa. Pertama, tentu saja soal akurasi. Kedua, ringan, tidak memakan banyak space memori. Ketiga, tidak ada iklan yg mengganggu.

Keakuratan aplikasi ini ditentukan oleh tekniknya yg bergotong-royong menggunakan Google Earth. Di Google Earth kita sanggup menandai suatu lokasi (A) dan menarik garis lurus lokasi itu dengan titik lokasi lain (B) di penggalan bumi manapun. Penerapannya pada arah kiblat mirip melekat tali di Ka'bah dan menariknya ke lokasi kita solat. Jadi, insyallah, niscaya akurat.

Kelemahannya? Ya itu tadi, kita perlu kalibrasi GPS dan kompas HP kita jikalau kita benar-benar ingin hasil yg akurat. Aplikasi lain tidak sanggup dengan cepat menunjukkan kelemahan akurasi GPS kita, sementara dalam aplikasi ini koreksi lokasi sanggup dicek dari visualisasi satelit. Jika tampak tidak akurat, segera lakukan kalibrasi kompas dan GPSnya. Di gambar yg kedua, Anda sanggup melihat batapa lurusnya garis kiblat aplikasi ini dengan masjid UIN Sunan Kalikajaga.

Saya beri 5 bintang untuk aplikasi ini dan merekomendasikan penggunaannya untuk para travelers.

NB: Status ini ialah pola review untuk Mata Kuliah Fikih Kontemporer, bukan iklan :p

#fikihkontemporerKPI
Re-post dari FB https://www.facebook.com/arif.maftuhin



0 Response to "Aplikasi Android Visual Penunjuk Arah Kiblat"