Latest News

Pandang Komputer Maksimal Dua Jam

Terlalu usang bekerja di depan komputer membuat mata lelah. Bahkan, ada yg penglihatannya kurang jelas. Namun, banyak yg kurang menyadari hal itu.
Menurut dr Hendrian D.Soebagjo SpM, orang yg setiap hari bekerja di depan komputer lebih dari setengah jam rawan mengalami gangguan fungsi makula (saraf penglihatan). Hal ini menjadikan kurangnya ketajaman penglihatan sentral dan refleks warna. Pekerja komputer Musti hati-hati. Semakin usang mereka terpapar cahaya komputer, kerusakan bakal semakin besar.
Lalu, gimana merawat mata supaya tetap sehat meski bekerja di depan komputer? Sebisanya, menatap komputer maksimal. Diselingi beristirahat 15 menit dan melihat jauh. Maknanya mata benar-benar istirahat bukan untuk nonton atau membaca. Selain itu, usahakan setrik refleks berkedip. Namun, ketegangan bekerja membuat seseorang tak terpikir untuk berkedip. Menyiasatinya, memejamkan mata selama lima hitungan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kekeringan pada lapisan luar mata.
Usahakan juga mengatur jarak antara pengguna dan komputer. Yaitu 35-60 cm, maksimal 70 cm. Pilih warna soft atau pastel untuk ruangan dan meja kerja. Pastikan ruangan menerima cukup pencahayaan. Bila ruangan menerima cahaya pribadi dari luar, dianjurkan menggunakan vertical blind (tirai) untuk membatasi sinar yg masuk. Perhatikan juga layar monitor. Sebab, emisi radiasi dari layar membahayakan fungsi visual (tajam penglihatan) dan sistemik (pembuluh darah). Jangan asal menentukan layar komputer perhatikan trik penggunaannya.

Oleh: dr Hendrian D.Soebagjo SpM

Jawa Pos

0 Response to "Pandang Komputer Maksimal Dua Jam"