Latest News

Ukuran Lingkar Pinggang Sehat

Bila ingin mengetahui ukuran lingkar pinggang sehat, ukur saja dengan jari tangan. Batasan sehat, Jika bundar pinggang tak hingga empat jengkal tangan. Orang yg mempunyai lingkar pinggang lebih dari empat jengkal rawan terjangkit penyakit. Terutama penyakit degeneratif ibarat gangguan jantung, kolesterol, diabetes mellitus, dan obesitas.
Pada perempuan dewasa, lingkar pinggang sebaiknya tak lebih dari 80 cm, sedangkan laki-laki kurang dari 90 cm. Asumsinya, satu jengkal setara dengan 20-25 centimeter. Karena itu, batasan ukuran sehat berMakna empat jengkal.
Apalagi, perut ialah tempat bersarang penyakit. Ditambah, di bab torso (dada dan perut) terdapat banyak organ vital kehidupan. Misalnya, jantung, hati, empedu, lambung dan usus. Hormon testosteron pada laki-laki dan estrogen pada perempuan juga penting dalam proses mengatur metabolisme badan dan pengiriman lemak. Bukan hanya untuk membangkitkan gairah. Sayang, seiring pertambahan usia, produksi dua hormon tersebut berkurang. Saat produksi hormon testosteron dan estrogen menurun, distribusi lemak ke seluruh badan terhambat. Efeknya, lemak macet alias melekat pada dinding pembuluh darah. keadaan itu membuat bab dalam pembuluh darah menciut sehingga peredaran darah pun terganggu. Penumpukan lemak tersebut paling Mudah terjadi di tempat perut.
Selain alasannya ialah penurunan produksi hormon, penumpukan lemak terjadi alasannya ialah contoh hidup tak sehat. Contohnya, konsumsi makanan berlemak tanpa diimbangi sayur. Kurang atrik fisik dan stres ikut memicu penimbunan lemak. Normalnya, perut membuncit jawaban penurunan estrogen gres terjadi pada usia 50-an. Sekarang usia 40 tahun saja, perut sudah mulai membuncit. Kejadian terbanyak justru pada perempuan bekerja.
Jika begitu, Jika lingkar pinggang mendekati empat jengkal, itu berMakna alarm untuk segera memperbaiki contoh hidup. Ada dua faktor yg berpegaruh. Yakni, contoh makan sehat dan contoh gerak sehat. Pola makan sehat sesuai dengan atrik tubuh. Sayur dan buah jangan ditinggalkan alasannya ialah seratnya sangat baik untuk melunturkan lemak tubuh. Hindari ngemil yg nilai gizinya rendah. Pola gerak sehat berkaitan dengan gerakan badan untuk memperabukan lemak. Pekerja mapan yg lebih banyak menghabiskan waktunya dibelakang meja sangat mungkin kurang gerak. Untuk mengatasinya, ya olahraga. Jika tak ada waktu, cukup naik turun tangga dikantor. Hentikan penggunaan lift (elevator).

Oleh: Eko Dwi MMaknani DCN, hebat gizi dari RSU dr Soetomo Surabaya

Jawa Pos

0 Response to "Ukuran Lingkar Pinggang Sehat"