Latest News

Kolesterol Tinggi Turunkan Dengan 8 Buah Ini

Kolesterol tinggi sanggup memicu terjadinya stroke atau bahkan serangan jantung. Selain dengan berolahraga dan minum obat kolesterol, Anda Musti perhatikan apa saja yg Anda makan. Mulailah mengurangi masakan tinggi lemak jenuh, mirip gorengan, dan perbanyak makan masakan sehat mirip buah dan sayur. Ya. Ada banyak buah yg sanggup membantu menurunkan kolesterol. Tingginya kadar kolesterol dalam darah usang kelamaan menjadikan lemak menumpuk dan mengeras di dinding pembuluh darah. 

Kolesterol tinggi sanggup memicu terjadinya stroke atau bahkan serangan jantung KOLESTEROL TINGGI Turunkan Dengan 8 Buah Ini

Pada akhirnya, plak lemak ini bakal mempersempit pembuluh darah sehingga darah tidak sanggup mengalir dengan lancar. Penyempitan pembuluh darah inilah yg meningkatkan risiko seseorang terkena serangan jantung dan/atau stroke. Buah-buahan mengandung serat yg larut air. Serat larut air sanggup mengikat asam empedu, sehingga sanggup menurunkan perembesan lemak dan kolesterol dalam darah. Keliru satu jenis serat larut yg terbukti sanggup menurunkan kolesterol sampai 10% yaitu pektin. 


Selain serat, buah-buahan juga mengandung senyawa-senyawa kimia yg sanggup meningkatkan kadar kolesterol baik HDL, yg membantu memperlancar pedoman darah dan mencegah terjadinya penyakit jantung. Nah, apa saja buah penurun kolesterol yg Musti/harus dikonsumsi rutin?

1. Alpukat Alpukat yaitu sumber lemak tak jenuh tunggal yg baik bagi kesehatan jantung. Alpukat juga kaya bakal vitamin, mineral, serta, dan senyawa yg menghambat perembesan kolesterol dalam tubuh. Mengonsumsi 1 buah alpukat per hari sanggup membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Penelitian menandakan selain memengaruhi kadar kolestrol, alpukat sanggup menunjukkan rasa kenyang yg lebih tahan usang — bahkan sampai 3-5 jam setelah dikonsumsi — dan menstabilkan kadar gula darah. Alpukat juga kaya bakal glutathione, antioksidan yg berperan dalam mencegah kanker dan penyakit jantung.

2. Apel Apel, terutama kulitnya, mengandung pektin — serat larut air yg ampuh menurunkan kolesterol. Pektin bekerja menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, untuk dibawa keluar badan lewat urin dan feses. Apel juga mengandung vitamin dan antioksidan polifenol yg membantu mengurangi peradangan. Terlebih, serat apel menunjukkan rasa kenyang yg usang sehingga Anda sanggup menghindari ngidam makan masakan yg tidak sehat.

3. Pir Pir termasuk buah yg tinggi serat alami. Satu buah pir ukuran sedang sanggup mencukupi 16% keperluan serat harian Anda. Bahkan, nilai serat buah pir lebih tinggi daripada apel. Macam serat yg terdapat dalam pir yaitu pektin. Pektin mengikat kolesterol dan mengangkutnya keluar dari badan sehingga kadar kolesterol jahat LDL dalam badan sanggup menurun.

4. Berries (strawberry, blueberry, cranberry) Keluarga beri kaya bakal pektin, serat larut air yg sanggup mengikat kolesterol yg terserap di usus halus, sehingga kadar kolesterol jahat menurun dan tergantikan dengan kolesterol baik HDL.

Pada penelitian milik Erlund et al dengan 72 subjek penelitian yg mempunyai faktor risiko penyakit kardiovaskuler menandakan bahwa asupan 2 porsi buah berry per hari (1 porsi setelah makan siang, 1 porsi setelah makan malam) sanggup meningkatkan kadar kolestrol baik HDL dan menurunkan tekanan darah sistolik. Pada penelitian Basu et al dengan subjek 16 wanita, asupan rutin dari buah berry menurunkan kolestrol LDL dalam 4 minggu. Selain itu, buah-buahan kelompok berry ini juga tinggi bakal polifenol, antioksidan yg baik dalam tubuh.

5. Anggur Sama dengan buah yg lainnya, anggur juga kaya bakal serat larut air yg sanggup mengikat kolestrol yg terserap di usus halus. Penelitian menandakan bahwa anggur mempunyai senyawa antioksidan tinggi, apalagi anggur merah. Antioksidan sanggup membantu meningkatkan kolestrol HDL dan menurunkan kolestrol jahat LDL serta trigliserida dalam darah. Itu sebabnya anggur menjadi kudapan yg sangat baik untuk orang-orang yg mempunyai aterosklerosis koroner. Antioksidan quercetin yg hadir dalam anggur juga sanggup melawan peradangan di dalam tubuh.

6. Pepaya Pepaya merupakan buah penurun kolesterol HDL yg juga tinggi antioksidan mirip likopen, vitamin C, dan vitamin E. Kolestrol sanggup melekat pada pembuluh darah jikalau terjadi oksidasi, sampai karnanya berkumpul membentuk plak dan menutupi pembuluh darah. Vitamin E dan C pada pepaya bakal menyatu dengan enzim yg disebut paraxonase yg bakal menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah.

7. Jeruk Jeruk kaya bakal serat larut air yg sanggup mengikat kolesterol yg terserap di usus halus. Buah penurun kolesterol berwarna oranye ini mengandung d-limonene, senyawa kimia yg bermanfaat untuk melarutkan kolesterol dan sekaligus membantu menghambat perkembangan kanker kanker payudara dan kanker usus. Manfaat jeruk sebagai antikanker ini dilaporkan oleh sebuah penelitian pada tahun 2007 silam. Jeruk juga merupakan buah yg tinggi kadar vitamin C. Vitamin C tidak hanya bekerja membantu mencegah penumpukan kadar kolestrol LDL, tetapi juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler. 

8. Jambu biji Jambu biji mengandung vitamin dan antioksidan yg bekerja melindungi jantung dari kerusakan akhir radikal bebas. Kadar kalium dan serat larut air dalam jambu biji pun sanggup membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah, sementara menaikkan kadar kolesterol baik HDL yg sanggup mencegah aneka macam penyakit jantung. Penelitian yg dilakukan di Malaysia selama 9 ahad menandakan bahwa asupan buah jambu biji sebanyak 400 gram per hari meningkatkan total kolestrol HDL dalam darah dan kadar antioksidan di dalam tubuh.

Yuk, mulai biasakan rajin makan buah setidaknya 2-3 porsi dalam sehari untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Maknakel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "8 Buah yg Bisa Bantu Menurunkan Kolesterol", https://lifestyle.kompas.com/read/2017/12/11/062900220/8-buah-yg-bisa-bantu-menurunkan-kolesterol. 
Penulis : Wisnubrata

0 Response to "Kolesterol Tinggi Turunkan Dengan 8 Buah Ini"