Latest News

Makan Kacang Kendalikan Mood

Keluarga kacang-kacangan mirip kacang merah, kacang panjang, kacang hijau, dan kacang mentega, merupakan sumber protein. Tingginya kandungan protein membuat kacang-kacangan bisa menggantikan daging. Terutama, vegetarian dan orang yg ingin mengurangi lemak hewani pada contoh makannya.
Kacang juga karbohidrat yg baik. Ia melepaskan kadar gula setrik perlahan dan tidak bakal mengalir dalam jumlah besar setrik mendadak dalam darah. Tenaga pun tidak bakal naik turun. Efeknya, suasana hati (mood) pun ikut terkendali.
Pada perempuan, kandungan fitoestrogen-nya berfungsi mirip hormon wanita. Efeknya, siklus haid lebih teratur dan premenstruaal syndrome teratasi. Selain itu, efeknya meredakan tanda-tanda menopause. Fitoestrogen, sering dipakai sebagai alternatif HRT (hormone replacement therapy). Bahan tersebut juga sanggup menurunkan risiko kanker payudara dan melindungi badan dari fibroid. Yakni, tumor rahim yg sering ditemukan pada pramenopause perempuan tidak melahirkan di atas usia 35 tahun.
Hampir semua kacang kaya bakal mineral. Diantaranya, potasium, selenium, besi, magnesium, mangan, dan asam folat. Mineral tersebut meningkatkan basil baik dan membantu proses pencernaan.

Oleh: Sri Wahyuningsih MKes, eksekutif Akademi Gizi Surabaya

Jawa Pos

0 Response to "Makan Kacang Kendalikan Mood"