Latest News

Satu Sel Sperma Juara Bisa Buahi Telur

Hanya satu sel sperma (spermatozoa) yg membuahi sebuah telur. Namun, spermatozoa dalam jumlah banyak tetap dibutuhkan untuk kesuksesan pembuahan. Dari setiap spermatozoa, yakni di cuilan kepalanya, bakal dihasilkan sejumlah enzim. Fungsinya, mengakibatkan telur bisa ditembus oleh spermatozoa. Begitu satu sel berhasil membuahi telur, selanjutnya pintu telur segera ditutup. Sehingga, spermatozoa lain tak bakal ikut membuahi. yg membuahi hanya satu spermatozoa. Tetapi, ia membutuhkan banyak teman untuk membuka pintu telur itu.
Dalam sekali ejakulasi, seorang laki-laki normal bakal menyemprotkan berjuta-juta spermatozoa. Setiap ml cairan sperma mengandung 20 juta spermatozoa. Nah, dalam 4 ml cairan yg disemprotkan terdapat 80 juta spermatozoa. Karena itu, niscaya cuma sperma terbaik yg membuahi telur. Ialah sperma juara. Sperma juara tersebut bisa mengalahkan spermatozoa lain yg kualitasnya kurang baik. Hal ini merupakan kompetisi alami yg baik.
Dalam reproduksi wanita, hanya satu telur (atau paling banyak dua telur) yg dihasilkan tiap bulan untuk satu siklus alami. Tentu, kondisinya bakal lain Jika perempuan diberi obat penyubur pertumbuhan telur. Hasilnya, lebih banyak telur yg diproduksi.
Pada pria, spermatozoa yg setrik alami dimungkinkan membuahi sel telur lazimnya mempunyai ukuran dan bentuk normal. Kepalanya oval, sedangkan cuilan leher dan ekor berukuran proporsional. Sehingga, ia bisa bergerak dengan gesit. Spermatozoa tersebut merupakan produk dari testis kiri dan kanan. Maknanya, kedua testis memproduksi spermatozoa. Jika hanya satu testis yg berfungsi, pada sebagian besar kasus, masih tak ada duduk kasus dengan kemampuan reproduksi. Sebab, ada kompensasi peningkatan produksi dari satu testis yg sehat. Testis berfungsi dengan baik Jika berada di dalam kantong zakar dan mempunyai ukuran cukup / tidak terlalu kecil.
yg Musti diperhatikan, jaga keadaan testis yg hanya satu tersebut semoga tetap prima. Beberapa hal bisa mengganggu. Antara lain, jerawat organ / akses reproduksi dan varikokel. Juga, polutan (pencemar plastik dan radiasi) serta rokok.

Oleh: Dr dr Hudi Winarso SpAnd MKes

Jawa Pos

0 Response to "Satu Sel Sperma Juara Bisa Buahi Telur"