Latest News

Islam Nusantara

.¤¤¤" ISLAM NUSANTARA "¤¤¤

Habib Abdulloh baharun. Rektor Al ahgaff yaman.
 &
Maulana Habib Luthfi  bin Ali bin Yahya menjawab:

(Dari Hadramaut ke Indonesia).

Islam Nusantara yakni aliran Islam yg dibawa ke Nusantara oleh para ulama dari kalangan ahlul bait, keturunan cucu Rasulullah yg berawal dari apa yg disampaikan oleh Imam Ahmad Al Muhajir bin Isa bin Muhammad bin Ali Al Uraidhi bin Ja’far Ash Shodiq bin Muhammad Al Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Sayyidina Husain ra.

Imam Ahmad Al Muhajir , semenjak Abad 7 H di Hadramaut Yaman, dia menganut madzhab Syafi’i dalam fiqih , Ahlus Sunnah wal Jama’ah dalam iktikad (i’tiqod) mengikuti Imam Asy’ari (bermazhab Imam Syafi’i) dan Imam Maturidi (bermazhab Imam Hanafi) serta perihal budbahasa atau perihal ihsan mengikuti ulama-ulama tasawuf muktabaroh yg bermazhab dengan Imam Mazhab yg empat.
Di Hadramaut kini, iktikad dan madzhab Imam Al Muhajir yg yakni Sunni Syafi’i, terus berkembang hingga sekarang, dan Hadramaut menjadi kiblat kaum sunni yg “ideal” lantaran kemutawatiran sanad serta kemurnian agama dan aqidahnya.

Dari Hadramaut (Yaman), anak cucu Imam Al Muhajir menjadi pencetus dakwah Islam hingga ke “ufuk Timur”, ibarat di daratan India, kepulauan Melayu dan Indonesia. Mereka rela berdakwah dengan memainkan wayang mengenalkan kalimat syahadah , mereka berjuang dan berdakwah dengan kelembutan tanpa senjata , tanpa kekerasan, tanpa pasukan , tetapi mereka tiba dengan kedamaian dan kebaikan. Juga ada yg ke kawasan Afrika ibarat Ethopia, hingga kepulauan Madagaskar. Dalam berdakwah, mereka tidak pernah bergeser dari asas keyakinannya yg berdasar Al Qur’an, As Sunnah, Ijma dan Qiyas.

Kaprikornus Islam Nusantara yakni Ahlus Sunnah wal Jama’ah disingkat ASWAJA yakni aliran Islam segimana yg disampaikan Imam Ahmad Al Muhajir bermazhab Syafi’i dibawa oleh para wali Songo ke Nusantara...

yaitu menjaga tradisi Islam Nusantara atau amaliyah Islam nusantara yg dibawa para wali songo, yg dibawa para habaib serta ulama2 pendahulu kita sperti tahlilan, rotiban, maulid nabi atau mauludan, ziarah kubur, haul, peringatan nisyfu sa'ban, perigatan nuzulul qur'an dan masih banyak lagi dan itu amaliyah ASWAJA (Ahlussunnah Waljama'ah) yg khas Indonesia atau khas Nusantara.

Kaprikornus ada kelompok yg tidak suka bahkan benci terhadap Wirid atau Bacaan2 aswaja yg disebutkan tadi, lihat arab saudi.
Dahulu arab saudi sperti Indonesia dipegang oleh ulama2 dan para habaib aswaja semua amaliyah di arab saudi sama persis dgn Indonesia ada rotiban, mauludan, tahlil, ziarah kubur, haul.
Namun lihat kini arab saudi berubah. Semua Wirid atau Bacaan2 aswaja dihilangkan oleh kelompok2 tertentu yg kini dikuasai wahhabi dan para habaib serta ulama aswaja di arab saudi dibunuh, maqom2 para wali Allah dihancurkan bahkan maqom Nabi saw juga SEMPAT Bakal DIBONGKAR.

Alhamdulillah waktu itu NU mengirimkan ulamanya ke arab saudi untuk berdebat langsung.

Yg menolak dan melarang pembongkaran maqom nabi saw yg waktu itu disebut tim hijaz dan Islam Nusantara juga bertujuan melindungi serta menjaga maqom2 para wali Allah yg ada di Nusantara ini supaya tetap terjaga.

Jangan hingga sperti arab saudi maqom2 para wali Allah dihancurkan bahkan rumah nabi saw kini diarab saudi dihancurkan dan dijadikan toilet umum.
Oleh lantaran itu jangan berprasangka jelek bahkan hingga berani memvonis sesat, menyesatkan, murtad, kafir.

Kaprikornus sudah terang Islam Nusantara itu menjaga dan melindungi amaliyah2 aswaja atau tradisi2 aswaja yg ada di Nusantara ini serta melindungi maqom2 para wali Allah di nusantara ini.

Semoga kita semua dibersihkan hatinya oleh Allah swt yg maha berkasih sayang dan jangan ikut2an mengkafir2kan menyesat2kan.

{ Abah Habib Luthfi bin Ali bin yahya }
Islam Nusantara.

Perspektif Prof. Dr. Habib Abdullah Bin Muhammad Baharun Rektor Univ. Al-Ahqaff, Hadhramaut, Republik Yaman.

Sekitar tiga tahun yg lalu, Saat dia berkunjung ke Indonesia dia sempat disodorkan oleh seorang santrinya sebuah pertanyaan sebagai berikut  :

يا سيدي، ما وجهة نظركم عن إسلام نوسانتارا، هل فيه تفريق للأمة الإسلامية أو توحيدها ؟؟

"Ya habib, apa pandangan jenengan perihal Islam Nusantara, apakah di dalamnya terdapat perpecahan umat Islam atau sebaliknya ??"

Beliau menjawab :

هذه الفكرة سمعت عنها قبل فترة، وأنّها تختلف باختلاف المفسرين. منهم من يفسرّها بأنّها الإسلام الذي جاء به الأولياء التسعة، وهو الذي يتناسب مع عادات أهل جاوة وأعرافهم، لا توجد فيه قسوة ولا جفاء ولا غلظة. بل فيه لين ورفق يمكن أن يتأقلموا معهم ويرفقوا بهم حتّى أسلموا تحت أيديهم عموما في فترة وجيزة متمسكين بمذهب الشافعي وعقيدة الأشعرية وطريقة الصوفية. لا يوجد فيه إكراه ولا تكفير ولا شدة ولا غلظة، بل بعكس ذلك كله. وقد تلَّقَوه هكذا سلفا عن سلف خلفا عن خلف. وهو الذي قام به العلماء الإندونسيون المتأخرون كأمثال الشيخ هاشم أشعري والشيخ بشري شنشوري والشيخ خليل بنكالان.

"Pemikiran ini sudah saya dengar sebelumnya, dan pemikiran ini tidak sama dengan berPerbedaan sudut pandang yg digunakan. Di antara mereka ada yg menafsirkannya dengan islam yg dibawa oleh wali songo, yaitu yg sesuai dengan adat-istiadat orang Jawa (maksudnya Indonesia setrik umum; lantaran penggunaan lafal jawa dipakai untuk jawa dan sekitarnya/Nusantara). Tidak ada kekerasan, dan perilaku kaku. Justru mereka menggunakan metode dakwah dengan kelembutan dan toleransi. Sehingga dimungkinkan untuk berbaur dan mengikuti keadaan dengan adat sekitar. Sehingga, dalam masa yg pendek, penduduk Jawa (Indonesia) Mudah untuk menerimanya dan pada kesudahannya dominan penduduk Indonesia masuk Islam tanpa ada keterpaksaan sedikitpun. Madzhab fiqh yg mereka anut yakni madzhab Syafii dan iktikad Asyariyyah, serta thoriqoh Shufiyyah. Tak ada nilai-nilai kekerasan sedikitpun, justru sebaliknya. Seperti inilah yg dikembangkan dari generasi ke generasi. Diantara beberapa ulama Nusantara yg mengembangkan pemikiran ibarat ini ialah KH. Hasyim Asy'ari, KH. Bisyri Syamsuri , KH. Kholil Bangkalan dan lain sebagainya".

فإذا فسّر إسلام نوسنتارا بهذا التفسير، فهذا قُوَيْس لا إشكال فيه، ونحن موافقون مع هذه الفكرة؛ لأنّ هذا هو الواقع الذي وجدناه مسطورا في كتب سير السلف الصالحين. ومعلوم أنّ دعوة أهل حضموت أنظف الدعوات، لا فيها قصد جمع المال ولا فيها قصد الاستعمار ولا فيها تأثير العوائد الفاسدة ولا فيها إكراه الآخرين للدخول إلى الإسلام. لو نظرنا إلى دعوة الهولانديين، فقد استعمروا إندونسيا في مدة 350 سنة، ولكن ماذا تركوا ؟؟ ما تركوا شيئا، لا اللغة تركوا ولا اللباس ولا المدارس ولا النهوض إلى التقدّم، بل بعكس ذلك كله؛ فإنّهم أخذوا كل شيء ثروات وأموال البلاد وأضف إلى ذلك الكتب والمخطوطات التي كتبها أعيان أندونسيا وعلماؤها ما تركوها إلّا نزرا يسيرا، فهم لا يزوّجون ولا يتزّوجون مع أهل البلد، وإذا تزوّج أحدهم مع أهل البلد طردوه من قبيلتهم، ويرفضونه رفضا باتا. ومع ذلك فإنّ هولنديين لا يتأقلمون مع أهل جاوة بل استخفوا بهم، ويعتبرون كالبهائم التي تقاد لقضاء حوائجهم اليومية ولا يحترمونهم كالإنسان وشاهد ذلك هو الواقع. وأمّا علماء حضرموت بعكس ذلك تماما، فإنّهم تزوّجوا مع أهل البلد ويزوّجون فيما بينهم. فإنّي وجدت أهلي –من قبيلة جمال الليل- كم وكم وجدت أبناءهم سودا؛ لأنّ جدّهم يدعو ويتزوّج بأفريقية عندما كانوا يعملون الدعوة بها، ووجدتهم بيض اللون؛ لأنّهم دعوا وتزوّجوا بالأتراك، وكذلك وجدت فيهم ممن وجوههم لم تكن فيها ملامح عربية أصلا؛ لأنّهم كانوا يدعون ويتزوّجون مع أهل جاوة أو أهل الصين. لم كان هذا ؟؟ لأنّهم استطاعوا أن يتأقلموا معهم ويدخلون في أعرافهم ولغاتهم ويندرجون في عوائدهم، ولا يكلفون أنفسهم أن تتأثروا بدعوات أهل حضرموت، بل أهل حضرموت تتأثّر بعوائد وأعرافهم. لم كان ذلك ؟؟ لتكون الدعوة أقرب إلى القبول والاستجابة. وكانت بعض اللغات التي يتكلم بها أهل حضرموت اندرجت في لغات أهل جاوة، وينشرون الآداب والأخلاق وكيفية احترام الآخرين. فهذا ميزة من مزايا دعوات أهل حضرموت، وخاصة الأولياء التسعة فإنّ أصولهم حضارم لا الهنود ولا الصين.

"Jika Islam Nusantara ditafsirkan dengan penafsiran tersebut, maka baiklah tak ada yg dipermasalahkan. Kita sepakat dengan pemikiran tersebut; lantaran ibarat inilah yg kita temui di buku-buku sejarah ulama-ulama salaf sholih. Dan perlu diketahui bahwa dakwah tokoh-tokoh Hadramaut yakni dakwah yg bersih. Tidak ada niatan untuk mengumpulkan harta, apalagi menginginkan kekuasaan dan menjajah, apalagi mempengaruhi mereka dengan membuatkan adat-adat yg tidak beres, tidak memaksa yg lain untuk masuk Islam.

Coba kita lihat, dakwah (baca : ekspansi) Belanda. Mereka telah menjajah Indonesia selama 350 tahun lamanya. Apa yg mereka tinggalkan ?? mereka tak meninggalkan apapun, tidak meninggalkan bahasa, pakaian, sekolah-sekolah maupun memperlihatkan kemajuan yg berMakna bagi bangsa Indonesia. Justru sebaliknya, mereka mengambil segalanya dari Indonesia, dari kekayaan dan harta Indonesia. Ditambah lagi dengan merampas buku-buku serta manuskrip-manuskrip yg telah ditulis oleh tokoh-tokoh Indonesia. Mereka tidak mau kawin atau mengawinkan dengan penduduk pribumi. Jika Keliru satu dari mereka ada yg kawin dengan penduduk pribumi mereka tidak segan-segan mengusir dari kalangan mereka dan menolak mereka dengan keras. Tidak mungkin bagi mereka untuk mendapatkan dan berbaur dengan kehidupan orang Indonesia, tapi mereka hanya menganggap mereka hanya sebagai hewan yg ditunggangi untuk memenuhi keperluan mereka sehari-hari, tidak memandang mereka sebagai manusia. Dan bukti nyatanya ialah realita.

Jika kalangan tokoh Hadromaut, berbalik 180 derajat; lantaran mereka menikah dan menikahkan dengan pribumi. Saya sendiri (al-habib) menemui keluarganya (dari kabilah Jamalullail), berapa banyak dari mereka yg berkulit hitam; lantaran kakek-kakek mereka berdakwah dan menikah dengan penduduk Afrika. Dan saya temukan yg lainnya berkulit putih; lantaran mereka dakwah dan menikah dengan orang-orang Turki. Begitu pula sebagian yg lain wajahnya sama sekali tidak ibarat dengan orang arab; lantaran mereka berdakwah dan menikah dengan orang Indonesia. Mengapa sanggup demikian ?? lantaran mereka sanggup berbias dengan orang Indonesia dan sanggup memasuki adat-istidat mereka, mereka tidak memaksakan diri mereka untuk memasukkan adat-istiadat Hadramaut ke dalam lingkup Nusantara. Justru sebaliknya, mereka lah yg berbaur dengan adat istiadat Nusantara. Mengapa demikian ?? lantaran dengan itulah lebih sanggup diterima. Terkadang sebagian bahasa Indonesia terpengaruh dengan bahasa Arab. Mereka membuatkan adab, dan sopan santun dan gimana menghormati orang lain. dan inilah Keliru satu karakteristik dari dakwah-dakwah tokoh Hadramaut di Indonesia. Terlebih dengan wali songo, yg notabene leluhur mereka yakni dari orisinil Hadramaut bukan dari India maupun Cina".tambahan dri alfaqir.

Banyak bahkan dikalngan dzuriat Rosulullah saw. keluarga jamalulail yg nikah dgn orang afrika berkulit hitam ,disulawesi ada alhabsyi yg berbaur saling menikahkan dgn dgn warga sulawesi, al aidrus al banjari dgn orang banjar, adzmatkhan berbaur dgn darah biru india ,sampe ketailand, dgn gelar nik long, sampe ke kamboja, malaisa, dan jawa walisongo yg berbaur dgn darah biru jawa. Dan masih banyak lagi.

لكن إذا قام السياسيون بتفسير إسلام نوسانتارا، فشيء آخر، وله حالة أخرى. فإنّهم حاولوا تغيير مفهوم معناه للوصول إلى أغراضهم. خذ من ذلك مثالا: فإنّ إسلام نوسانتارا قام بالتسامح مع الأديان الأخرى فيجوز من المسلم أن يتزوج من البوذية ويجوز للبوذي أن يتزوّج بالمسلمة، وعلى ذلك فقس. فإن كان قولهم كالذي ضربنا مثاله، فنحن قطعا لا نوافقه؛ لأنّهم جعلوا إسلام نوسانتارا حصنا يلجؤون إليه لتحقيق أغراضهم الفاسدة والحصول على مرامهم الكاسدة وحائطًا يتسترون به عن عيوبهم. لأنّ منهم من يقوم مقام هذا الأخير. فإذا اعترض علينا هذه الطائفة الأخيرة، فنقول لهم -كما في قصة أحد العلماء (لو لم تخن الذاكرة أنّ صاحب القصة هو الجاحظ) في معرض الردّ على اليهودي أو النصاري في عدم قبول المسلمين لدين اليهود والمسيحي (ثمّ ذكر قصّته)-: إن كان تفسيرك لإسلام نوسانتارا كما فسّره الأولياء التسعة والشيخ هاشم أشعري وغيرهم من علماء إندونسيا عقيدةً وفقهًا وطريقةً فنحن قبلناه، وإن لم يكن كما فسّروه فنحن قطع بردّ تفسيركم لإسلام نوسانتارا.

"Namun Jika para politisi memolitisir penafsiran Islam Nusantara maka itu yakni hal lain, dan mempunyai keadaan yg lain. lantaran mereka berusaha Mengubah makna Islam Nusantara dari makna aslinya. Ambillah sebagian teladan ibarat perkataan mereka: Islam Nusantara mengembangkan perilaku toleransi beragama dengan agama-agama lain, yg dengan demikian boleh seorang muslim menikah dengan yg beragama budha, atau seorang perempuan muslimah boleh menikah dengan pengikut agama budha (atas dasar Islam Nusantara), dan hal ini sanggup dikiaskan dengan yg lainnya.
Jika mereka beropini dengan pendapat yg ibarat ini atau mendekatinya, maka setrik niscaya kita menolaknya; lantaran mereka menyebabkan Islam Nusantara sebagai tameng yg memberi pinjaman kepada pemikiran-pemikiran nyleneh mereka dan mendapatkan semua tujuan-tujuan mereka. Dan menjadikannya sebagai tembok yg menjadi tempat persembunyian mereka di belakangnya. Karena memang ada orang yg ibarat ini. Jika mereka menyangkal kepada kita terkait penafsiran diatas (yg pertama versi ulama ahlussunnah). Maka kita katakan kepada mereka –seperti Keliru satu dongeng ulama, Jika gak Keliru namanya Al-Jahidh Saat berduskusi dengan orang yahudi atau nashroni Saat melihat orang-orang muslim tidak mendapatkan aliran Yahudi dan Nashroni-: Jika penafsiranmu atas Islam Nusantara segimana penafsiran wali songo dan KH Hasyim Asyari atau yg lainnya dari kalangan ulama Indonesia masa itu baik dari segi akidah, fiqh maupun thoriqoh maka saya niscaya menerimanya. Jika tidak maka sama sekali saya menolak mentah-mentah penafsiranmu.

فلهذا يا أولادي، لا تغتروا بالمسميات، بل انظر إلى حقائقها فإن كان موافقا للشرع فاقبلوه وإلّا فردّوه.
والحاصل أنّ في إسلام نوسانتارا إيجابيات وسلبيات، والشيء الإيجابي هو لنعلم ونعرف أنّ الإسلام في إندونسيا هو الإسلام الذي ينبغي أن يقلده المسلمون في بقية البلدان لما فيه من لطف الأخلاق وجمال الأسلوب وتطبيق حقيقة الإسلام، ولكن لا نحجر الباقين أنّ فيهم كذلك إلّا أنّ في إندونسيا زيادة على غيرها، ولغيرها زيادة على إندونسيا. فنحن نعتقد أنّ في حضرموت عوائد حسنة لم تكن في إندونسيا، وفيها كذلك عوائد حسنة لم تكن في حضرموت، فقس على سائر البلدان الإسلامية. فكلّ أحد منهم يأخذ الأشياء الحسنة من الآخرين بعضهم البعض؛ لأنّ المسلمون بعضهم البعض كالبنيان يشدّ بعضهم البعض. فينبغي لكل المسلمين أن يقوم بهذا، ولا يسعى في تفريق الأمة الإسلامية. وكنت قبل خمس سنوات من الآن أنوي أن أعمل دورة علمية حول الإسلام في إندونسيا مع العلماء في ندونسيا، وهذه الفكرة غير بعيدة عن فكرة إسلام نوسانتارا إن لم تكن عينها وينبغي للإندونسيين أن ينشروا هذه الدعوة للمسلمين في البلدان، ولكن شاءت الأقدار أن تفعل ما تريد.
والشيء السلبي ممن قبل هذه الفكرة، هو أنّ منهم من قام بالموازنة بين إسلام نوسانتارا وإسلام أفريقيا وإسلام أمريكا والإسلام في البلدان الأخرى، ثمّ يسعى في الاستكبار على الآخرين فهذا خطأ؛ لأنّه كما قلنا: المسلمون يشدّ بعضهم بعضا، فإذا أخطأ أحدهم ينبغي أن يصوّبه آخرون. ولا يجوز أن يستخفّ بهم لا سيّما يستكبر عليهم ويدّعي أنّه هو الوحيد صاحب الحق الذي لا يشاركه غيره ويدّعي أنّ الآخرين هم أصحاب الأخطاء فينبغي أن يقلّدهم في كل الأمور حتى فيما تتعلق بالعوائد والأعراف. فهذا خطأ قطعا؛ فإنّ هذا من الاستكبار والتكبر الذي نهانا الله تعالى عنه.

"Oleh karnanya wahai anak-anakku, jangan terkecoh dengan nama-nama, tapi lihatlah hakikat dan isinya. Jika sesuai dengan aliran syariat maka terimalah, kalo tidak maka tolaklah.
Inti dari permasalahan ini bahwa Islam Nusantara mempunyai nilai positif dan negatif.
Hal yg positif ialah supaya kita ketahui bahwa Islam di Indonesia yakni Islam yg selayaknya Musti diikuti dan ditiru oleh para muslim di Negara-negara lain; lantaran di dalamnya mengandung akhlak-akhlak yg lemah lembut, ungkapan yg indah, dan terdapat penerapan syariah yg sempurna. Tetapi kita tidak menutup-nutupi bahwa muslimin di Negara-negara lainnya juga demikian. Hanya saja di Indonesia mempunyai nilai plus, begitu pula dengan yg lain, mereka juga mempunyai nilai lebih. Kita yakin dan tau bahwa di Hadromaut terdapat adat-istiadat yg positif yg tidak ada di Indonesia. Begitu pula dengan sebaliknya, dan hal ini sanggup dikiaskan kepada Negara-negara lain.
Maka sebaiknya, setiap muslim mengambil hal-hal yg positif dari Negara muslim yg lain; lantaran muslim satu dengan yg lainnya ibarat bangungan kokoh yg saling menguatkan antara satu dengan yg lainnya. Jangan hingga memecah persatuan Umat Islam di dunia. Ini yakni nilai positifnya.

Lima tahun sebelumnya saya mempunyai proyek untuk membuat dauroh dengan kajian Islam di Indonesia dengan para kyai dan ulama di Indonesia, dan seharusnya mereka sebarkan dakwah ini ke negara-negara lainnya. Tapi kehendak-kehandak Allah mempunyai kehendak lain.
Sementara sisi negatifnya ialah diantara mereka ada yg membanding-bandingkan bahwa Islam Nusantara itu lebih baik dari Islam Afrika, Amerika, dan Islam di Negara-negara lainnya. Kemudian berusaha unjuk gigi dengan merasa paling benar, dan ini merupakan perilaku yg niscaya salahnya; lantaran segimana yg telah dipaparkan bahwa para muslimun menguatkan antara satu dengan yg lainnya. Jika Keliru satu dari mereka ada yg bersikap Keliru, benarin dong !!. Jangan hingga hanya menyalah-nyalahkan apalagi dengan merasa paling benar dan mengaku-ngaku hanya dirinyalah yg mempunyai tongkat kebenaran, bahkan dalam hal-hal yg berkaitan dengan adat istiadat, dan inilah yg termasuk dalam kategori sombong yg telah Allah swt larang".

وقد يحكمون على شيء في البلاد العربية، والإسلامُ براءٌ منه، كالتكفير وقتل المسلمين بغير سبب مقبول ومعتبر عند الشرع الذي طالما وجدناه في الأخبار كأمثال (داعش، ISIS)، فهذا لا ينسب إلى شيء من الإسلام، فكيف يحكمون أنّ هذا إسلام العرب أو ما يسمّون بإسلام الشرق الأوسط؛ و(الشرق الأوسط) صار اصطلاحا مشهورا فيما بين المسلمين؛ فإنّ هذا الاصطلاح في الأصل استعمله الغربيون من أهل أوربا فإنّ الجزيرة العربية جغرافيًا تقع في الشرق الأوسط بالنسبة لمن في الأوربا الغربية لا لغيرهم كإندونسيا مثلا، لكن صار هذا مصطلاحا شائعا فيما بين الناس.
في النهاية أنّ هذا الاصطلاح –أي إسلام نوسانتارا- يجوز أن يستخدم ولكن على التفسير الذي ذكرنا، سوى ما فسّره السياسيون؛ فإنّ هذا الثاني مرفوض قطعا وإنّها تفسير بالهوى والأغراض. فكل شيء لا سيّما مثل هذه الأسماء نعرضه على كتاب الله وسنة رسول الله، فإن وجدناه موافقا لما فيهما فبها ونعمت، وإلّا فاحكم ببطلانه، ولا تغترّوا بالمسميات وانظروا إلى الحقائق.

"Terkadang mereka memvonis atas sesuatu yg terjadi di Negara-negara Arab dan menganggapnya sebagai bab dari Islam, padahal sama sekali tidak termasuk dalam Islam sedikitpun, ibarat fenomena takfir, membunuh para muslimin tanpa ada alasannya yakni yg diterima dan diakui oleh syariat yg sering kita temui di medsos, ibarat ISIS.

Hal yg ibarat ini sama sekali tidak sanggup dimasukkan ke dalam ranah Islam. Bagaimana mereka sanggup menilai bahwa ini yakni Islam versi Arab atau Timur tengah. Bahkan timur tengah sendiri sudah menjadi istilah yg popular di kalangan muslimin; lantaran istilah ini asal mulanya dipakai oleh Eropa Barat; lantaran letak goegrafi semenanjung Arab berada di timur tengah Eropa Barat, bukan untuk yg lainnya ibarat Indonesia. Tapi sudah menjadi istilah yg popular mau gimana lagi ?.
Ujung-ujungnya, istilah ini (Islam Nusantara) sanggup digunakan, tapi dengan penafsiran pertama yg telah disebutkan. Bukan dengan penafsiran yg dipelintir oleh politisi; lantaran yg demikian ini ditolak mentah-mentah dan merupakan penafsiran orang-orang berkepentingan.
Maka, semua hal terutama hal-hal yg di atas, Musti kita nilai dengan pandangan syariat. Jika sesuai dengan isi kitab dan sunnah rasul maka betapa indahnya hal itu, Jika tidak tinggal kita buang aja, jangan hingga kita tertipu dengan yg beginian, dan lihatlah inti dan isi dari hal-hal yg gres tersebut".

Gresik, jawa timur,
Selasa, 18 Agustus 2015,
3 Dzul Qo'dah 1436 H.
Abdul Aziz Jazuli, Lc
Mahasiswa Dirosah 'Ulya,
Universitas Al-Ahqaff Yaman.

wallahu a'lam.

 Islam Nusantara yakni aliran Islam yg dibawa ke Nusantara oleh para ulama dari kalanga  ISLAM NUSANTARA

0 Response to "Islam Nusantara"