Latest News

Rangsang Tepat, Anak Tumbuh Optimal

Ayah dan ibu yg bekerja sering galau Saat Musti meninggalkan anak di rumah. Apalagi, si kecil masih tergolong balita. Pilihannya, mempekerjakan baby-sitter atau menitipkan anak di lokasi penitipan anak (TPA). Melalui dua trik itu, anak dibutuhkan mendapatkan stimulus(rangsangan) dan bisa bersosialisasi.
Pada day care atau playgroup, anak tak kehilangan kesempatan emasnya untuk tumbuh optimal. Sebab, rangsangan yg diberikan sudah dibakukan dalam atrik pendidikan. Day care ialah penitipan anak dengan konsep pengasuhan yg mempertimbangkan perkembangan fisik maupun psikis. Orang bau tanah sanggup menitipkan buah hatinya sebelum bekerja. Kemudian, mereka bisa menjemput si kecil sepulang kerja. Dua hal menjadi pertimbangan Saat menitipkan anak ke day care. Yakni, segi finansial dan fasilitas. Bisa dibilang, penitipan anak yg baik membutuhkan biaya cukup besar. Untuk akomodasi day care ideal, hendaknya terdapat lokasi tidur untuk setiap anak. Day care bisa dimulai Saat anak berusia setahun sedangkan play group gres dimulai Saat anak berusia tiga tahun. Lamanya waktu berguru bagi anak di playgroup tidak mutlak dua tahun. Melainkan diadaptasi dengan kemampuan anak menyesuaikan diri dan keadaan orang tua.
Dari segi materi, seluruh pelajaran yg diberikan oleh dua forum tersebut sama dengan pengetahuan dari orang tua. Pelajaran moral menjadi pengutamaan utama pendidikan anak usia dini. Fungsinya cenderung menggantikan kiprah orang bau tanah yg khawatir tak bisa mengontrol pendidikan moral si imut.
Selain itu, dua forum tersebut bertugas merangsang atrik fisik, kreativitas, dan imajinasi. Beberapa forum memperlihatkan contoh pendidikan dini dengan mengajarkan trik berhitung dan membaca. Tidak menganjurkan si kecil mempelajarinya. Cukup mengenalkan konsep, tidak perlu dipaksa untuk bisa baca, tulis, dan berhitung. Pemaksaan anak pada usia kurang lima tahun, berisiko mengakibatkan stress berat psikologis. Anak yg ditinggal orang tuanya bekerja sering menganggap dirinya sebagai langsung terbuang. Apalagi ditambah dengan beban berguru membaca dan berhitung. Untuk mengatasinya, si mungil perlu diberi pengertian mengapa ayah dan bunda menitipkan di day care atau playgroup. Begitu memasuki usia lima tahun, umumnya kemampuan motorik anak cukup baik. Maknanya, anak siap bergabung ke forum pendidikan yg lebih tinggi. Yakni taman kanak-kanak (TK).

Oleh: Maria Farida Kurniawati SPsi, ketua Yayasan Baby Smile School Surabaya

Jawa Pos

0 Response to "Rangsang Tepat, Anak Tumbuh Optimal"