Latest News

Musim Hujan Telah Tiba, Waspadai Nyamuk Demam Berdarah

Memasuki transisi dua isu terkini dari isu terkini kemarau ke isu terkini hujan atau pancaroba, masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan timbulnya banyak sekali penyakit mirip demam berdarah dengue atau DBD.

Diutarakan oleh dr Kevin William Hutomo, dokter umum dari RS Permata Depok, trik efektif untuk memberantas nyamuk demam berdarah yaitu dengan memerhatikan kebersihan lingkungan sekitar. 

"Biasanya pada isu terkini penghujan, curah hujan kan tinggi. Biasanya sering banget alasannya lingkungan juga kebersihannya kurang, air yg tergenang itu dapat jadi lokasi strategis nyamuk demam berdarah itu untuk bertelur. Jika air mengalir tidak bakal dapat nyamuk bertelur," ucap dr Kevin, demikian ia disapa.

"Tapi Jika banyak air tergenang atau pot-pot terbuka itu jadi lokasi nyamuk demam berdarah bertelur, balasannya banyaklah si nyamuk demam berdarah ini," ucapnya lagi.
Memasuki transisi dua isu terkini dari isu terkini kemarau ke isu terkini hujan atau pancaroba Musim Hujan Telah Tiba, Waspadai Nyamuk Demam Berdarah

Pria yg lahir di bulan Mei, 26 tahun silam ini menyampaikan bahwa Jika ada air yg tergenang atau tersumbat sebaiknya dialirkan kembali. Sebab dengan begitu, tak ada lagi lokasi strategis bagi nyamuk aides aegypti untuk bertelur dan berkembang biak.

Kemudian, berdasarkan dr Kevin, selain menjaga kebersihan lingkungan, tak lupa pula melaksanakan 3M, yakni menguras kolam mandi, menutup penampungan air dan mengubur barang-barang bekas.

Namun, yg terpenting ialah selama isu terkini ini tingkatkan daya tahan badan supaya tak mudah terjangkit banyak sekali penyakit, termasuk penyakit demam berdarah atau DBD.

"Nah Jika dari badan kita begitu virus ini masuk kan ada mekanismenya, balik lagi ke daya tahan badan kita. Jika daya tahan badan kita kuat, mungkin tidak bakal hingga terinfeksi. Tapi Jika daya tahan badan kita tidak berpengaruh itu ada fase-nya mirip pelana kuda. Nah trombositnya turun pas fase demam lewat, mudah terjadi shock di situ," terang dr Kevin.

Untuk santunan diri, dikala di rumah sebaiknya gunakan lotion anti nyamuk pada waktu pagi dan sore hari. Sebab nyamuk aides aegypti ini bahagia menggigit di waktu tersebut.

SUMBER

0 Response to "Musim Hujan Telah Tiba, Waspadai Nyamuk Demam Berdarah"