Latest News

Menyusui, Rambut Jadi Rontok

Produksi ASI diengaruhi oleh beberapa aspek. Antara lain, aspek psikologi yg dipengaruhi niat, kasih sayang, dan emosi ibu. Perasaan senang sangat kuat baik. Sebaliknya, kurang percaya diri dan cemas bakal mengakibatkan produksi ASI terhambat.
Ibu menyusui membutuhkan zat gizi lebih banyak. Bila kurang, kebutuhan asupan gizi menyusui diambil dari tubuh. Pada ibu yg menyusui bayi 0-6 bulan, kebutuhan gizi bakal bertambah 30 persen dari kebutuhan normal. Termasuk, kebutuhan makro dan mikronutriennya. Sebab, Jika tak tercukupi, bakal terjadi defisiensi (kekurangan) yg berdampak pada keadaan ibu.
Kerontokan rambut mungkin dikarenakan kekurangan mineral. Terutama, send (zn) dan vitamin B6. Kebutuhan vitamin dan mineral pada masa menyusui meningkat dua kali lipat Jika dibandingkan dengan yg tidak menyusui.
Beberapa materi makanan berikut dianjurkan untuk ibu menyusui.
Sumber karbohidrat. Pilih materi makanan yg mengandung karbohidrat kompleks. Seperti, nasi ditambahn dengan jagung kuning, ubi merah, dan labu kuning yg juga mengandung karoten.
Sumber protein. Diantaranya, ikan yg sanggup dimakan dengan tulang dan durinya. Selain protein, ikan mengandung kalsium dan mineral untuk pembentukan tulang. Sumber kalsium mencakup udang, kerang, ayam, daging, dan hati sapi/ayam. Sedangkan susu nonfat, tempe, tahu, dan kacang-kacangan (kacang hijau, kacang merah) merupakan sumber mineral.
Sumber lemak. Pilih sumber lemak tak jenuh supaya Mudah dicerna. Seperti, minyak kedelai, kacang, biji bunga matahari, dan minyak kelapa sawit.
Sumber vitamin dan mineral. Yakni sayuran berwarna hijau bau tanah dan kuning. Diantaranya, daun pepaya, singkong, katuk, bayam, sawi hijau, wortel, dan labu kuning. Bisa juga buah berwarna, mirip jambu biji, mangga, jeruk, dan semangka.
Ibu menyusui dianjurkan minum paling sedikit 8 gelas sehari. Bisa berupa air putih, susu, jus buah, atau jamu yg tidak membahayakan.

Oleh: Eko Dwi MMaknani DCN

Jawa Pos

0 Response to "Menyusui, Rambut Jadi Rontok"