Latest News

Terung Memperbaiki Kerusakan Sel Tubuh

Selama ini, ada anggapan jikalau mengonsumsi terung ungu sanggup membuat badan lemas, tidak bergairah. Padahal, anggapan itu tidak benar. Terung ungu tidak saja lezat, tetapi mempunyai kandungan zat gizi yg baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan gizi dalam 100 gram terung ungu antara lain, serat 1.3 gram, energi 24 kkal, fosfor 47 mg, natrium 3 mg, protein 1.4 gram, mineral 0.3 gram, karbohidrat 4 mg, kalsium 18 mg, vitamin C 12 mg, dan kalium 200 mg. Selain itu, terung ungu juga mengandung vitamin B1, B2, dan asam nikotinat.
Buah yg sering dimasak menjadi sayur dan lalapan tersebut berfungsi mengurangi kerapuhan pembuluh darah dan infiltrasinya, meningkatkan kemampuan badan dan merapatkan antara sel satu denga sel lainnya, dan memperbaikinya jikalau terjadi kerusakan. Dengan demikian, pembuluh darah tetap dalam keadaan normal dan elastis.
Terung juga sanggup untuk meningkatkan fungsi biologis dan mencegah pecahnya pembuluh darah. Jika pembuluh darah sanggup mengalirkan darah dengan lancar, maka risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi sanggup ditekan.
Terung yg kandungan kalori dan karbohidratnya rendah juga bisa menjadi sajian untuk diet diabetesi (penderita diabetes militus). Asam nikotinat berfungsi untuk metabolisme pemecahan lemak dalam tubuh.

Oleh: Andriyanto SH MKes, dosen Akademi Gizi Surabaya

Jawa Pos

0 Response to "Terung Memperbaiki Kerusakan Sel Tubuh"