Latest News

Cara Menciptakan Camilan Anggun Klepon Ubi Ungu Istimewa

Kue Klepon lebih dikenal dengan Nama Klepon merupakan kue lembap tradisional Indonesia. Dikenal sebagai jajanan pasar yang berbentuk bundar berselimut Parutan kelapa dan biasanya disajikan dengan wadah daun pisang. Kue klepon biasa diisi dengan gula merah sehingga ketika digigit rasa gula merah pribadi meletus lumer dimulut menunjukkan rasa yang benar benar khas. 

Membuat Klepon dengan cara tradisional membuat kelepon menjadi jajanan yang sehat untuk dikonsumsi alasannya kelepon tradisional ini tidak mengandung materi tambahan menyerupai pengawet atau pewarna makanan. Kue kelepon ini gampang dijumpai di pasar pasar tradisional dijajakan bersama masakan ringan bagus cenil, masakan ringan bagus lupis,  ongol ongol, getuk sebagai cemilan. 

Di sumatra masakan ringan bagus kelepon dikenal dengan nama onde onde, namun bukan onde onde yang ada di jawa. Onde onde jawa bukanlah klepon tapi masakan ringan bagus tradisional dari tepung beras bundar yang berbalut wijen dan biasanya berisi kacang hijau. 

Umumnya klepon mempunyai warna hijau yang diberi pewarna dari daun suji atau pandan. Yang berbeda ialah masakan ringan bagus klepon dengan warna ungu, masakan ringan bagus klepon ini dibentuk dengan menambahkan ubi ungu kedalam bahannya. Untuk resep cara menciptakan masakan ringan bagus klepon ubi ungu ikuti langkah langkah resep berikut ini. 



Bahan menciptakan Kue Klepon :
tepung ketan 100 gr 
Ubi Ungu 250 gr 
gula merah 50 gr 
air hangat 75 cc 
Garam secukupnya
kelapa parut 100 gr + garam ( untuk taburan )

Cara menciptakan masakan ringan bagus klepon Ubi Ungu :
  • Kukus ubi ubi ungu sesudah itu dihaluskan.
  • Campurkan ubi yang telah dihaluskan dengan tepung ketan dan air hangat, aduk rata hingga materi menjadi kalis dan halus.
  • Ambil  adonan setengah sendok, isi campuran klepon dengan gula merah, lalu bentuk menjadi bundar hingga campuran habis.
  • Panaskan air hingga mendidih, masukkan campuran masakan ringan bagus klepon yang telah dibulatkan kedalamnnya, hingga masakan ringan bagus klepon matang dan mengambang.
  • Angkat Kue Klepon dan tiriskan, sisihkan.
  • Sbagai suplemen masakan ringan bagus klepon, parutan kelapa dikukus dan ditambah garam hingga matang, lalu angkat.
  • Klepon yang telah ditiriskan diguling gulingkan pada kukusan parutaan kelapa. Kue Klepon Ubi Ungu siap disajikan.

Jika anda ingin klepon berwarna hijau anda sanggup memakai ubi putih atau ubi lainnya lalu tambahkan air daun suji / pandan atau pewarna hijau ketika mencampurkan ubi, tepung ketan dan air.

Cukup Praktis dan sederhana bukan membuat klepon ubi, jajanan pasar yang tak kalah yummy dari banyak sekali jenis kue masakan ringan bagus modern. Semoga resep menciptakan masakan ringan bagus klepon ini bermanfaat dan sanggup melestarikan masakan ringan bagus klepon sebagai salah satu masakan ringan bagus khas nusantara. Silakan mencobanya dirumah agar bermanfaat.

Video Orang Bule Membuat Klepon Youtube :

0 Response to "Cara Menciptakan Camilan Anggun Klepon Ubi Ungu Istimewa"