Latest News

Resep Cara Menciptakan Camilan Bagus Lupis Ketan Hitam Tradisional


Kue lupis dikenal juga dengan nama  kue lopiskue lupis ketan merupakan jajanan tradisional khas Nusantara yang populer di pulau jawa, ada yang bilang camilan bagus ini dari jawa barat  dan betawi. Namun camilan bagus lupis juga gampang ditemukan di tempat jawa  tengah dan jawa timur. Meskipun namanya mirip Kue lapis tapi camilan bagus lupis ini tak sama dengan kue lapis.

Kue lupis gampang dijumapi di pasar pasar tradisional dan juga di jajakan secara keliling. Aneka camilan bagus lupis hingga kini masih banyak disukai. camilan bagus lupis ini seakan-akan dengan camilan bagus lemang terbuat dari beras ketan. Kue lapis ketan disajikan dengan taburan kelapa parut dan siraman sirup gula jawa yang menciptakan camilan bagus lupis ini terasa bagus dan legit. Tekstur kue lembut dan kenyal dibungkus dengan daun pisang sehingga rasa tradisionalnya terasa banget.

Kue lopis biasanya dibuat dengan materi ketan putih maupun ketan hitam. Cara menciptakan lupis ketan ini juga tergolong gampang dan sederhana. Kue lupis ketan sanggup menjadi jajanan yang sehat untuk keluarga anda. Karena proses dan materi baku yang dipakai masih tradisional tidak memerlukan materi kimia.

Untuk menciptakan camilan bagus lupis tidaklah sulit. Resep lupis tradisional ini sanggup kita buat dengan gampang dan praktis. Jika anda ingin menciptakan resep lupis berikut resep cara menciptakan camilan bagus lupis ketan hitam

 ada yang bilang camilan bagus ini dari jawa barat  Resep Cara Membuat Kue Lupis Ketan Hitam Tradisional 


Bahan Membuat camilan bagus lupis ketan hitam :
beras ketan hitam 1/2 liter 
air kapur sirih 1/2 sdm
Daun pisang ( untuk membungkus )
kelapa 1/4 butir ( parut untuk taburan )
garam halus secukupnya

Bahan sirup gula merah lupis ketan hitam :
gula pasir 2 sdm
daun pandan 1 lembar
150 gram gula merah
air 60 cc 

Cara menciptakan camilan bagus lupis ketan hitam :
  • Cuci beras ketan hitam dan tiriskan
  • campurkan garam dan air kapur sirih kedalam beras ketan hitam aduk hingga merata.
  • Siapkan daun pisang dan potong selebar 8 cm kemudian buat rangkap dua dan dibuat kerucut di salah satu sisi lipatannya.
  • Jika daun telah terbentuk, masukkan beras ketan hitam sebanyak 2 sendok makan kedalam daun pisang. Pipihkan dan tutup dengan melipat sisa lipatan daun pisang. Supaya tak gampang pecah dikala lupis direbus, sebaiknya daun pembungkus di ikat.Rapikan.
  • Rebus camilan bagus lapis selama lebih kurang 4 jam. Angkat.
  • Sambil menunggu kita buat sirup gula camilan bagus lupis dengan merebus semua materi sirup lupis hingga menjadi kental, Kemudian saring.
  • Hidangkan kue lupis ketan hitam ini dengan bersama sirup gula jawa.
Cukup gampang bukan cara buat camilan bagus lupis ketan ini. Kue ini sangat cocok sebagai cemilan dan sanggup dinikmati kapan saja. Silakan anda coba dirumah semoga resep camilan bagus lupis ini sanggup bermanfaat. resep kue ini dibuat untuk melestarikan camilan bagus lupis semoga selalu ada dan sanggup dipakai untuk siapapun yang membutuhkan. terimakasih

0 Response to "Resep Cara Menciptakan Camilan Bagus Lupis Ketan Hitam Tradisional"