Latest News

Resep Cara Menciptakan Camilan Elok Onde Onde Jawa Tradisional

Kue Onde onde isi kacang ijo adalah kue tradisional yang sudah dikenal usang Indonesia terutama di tempat mojokerto yang memang dikenal sebagai kota onde onde semenjak zaman majapahit.  Onde onde mempunyai bentuk lingkaran dengan balutan wijen menyerupai kue wijen tapi kue onde onde ini ukurannya lebih besar dan rasanya empuk dan manis. Salah satu yang khas dari kue enak ini pada bab dalam camilan anggun yang diisi dengan kacang hijau menciptakan camilan anggun onde onde terasa nikmat.

Di malaysia onde onde sering disebut kue buih dengan isi kelapa atau kacang. Menyebut Onde onde di malaysia sering menciptakan rancu alasannya yaitu di malaysia kue onde onde juga ada dengan wujud kue klepon. Ya di sana camilan anggun klepon di Malaysia disebut dengan camilan anggun onde onde.

Onde onde bertabur wijen nampak begitu menarik biasa dimasak dengan cara digoreng. Untuk menciptakan Onde onde biasanya memakai tepung ketan namun di tempat lain ada juga yang menciptakan camilan anggun onde onde ini menggunakan tepung terigu

Bagi anda yang ingin mencoba resep onde onde tradisional aku akan bagikan resep menciptakan onde onde yang praktis dan sederhana namun tetap enak dan lezat. Membuat onde onde praktis kok tidak susah menyerupai membuat lapis legi. Berikut resep menciptakan camilan anggun onde onde tradisional

Cara Membuat Kue Onde onde Istimewa


yang sudah dikenal usang Indonesia terutama di tempat  Resep Cara Membuat Kue Onde Onde Jawa Tradisional

Bahan menciptakan onde onde : 
kacang hijau 250 gr ( tanpa kulit, rendam selama 4 jam )
garam 1/2 sdt 
gula pasir 100 g
vanilli bubuk 1/4 sdt

Bahan Kulit onde onde :
beras ketan 500 g tepung 
tepung beras 75 g 
gula pasir 250 g 
wijen 200 g 
minyak untuk menggoreng
air hangat 150 ml
garam 1 sdt 
vanilla bubuk 1/2 sdt 

Cara menciptakan Isi Kue Onde Onde:
  • Rebus kacang hijau diriebus dengan api yang sedang hingga kacang empuk, kemudian masukan gula serta vanilli bubuk, aduk rata.
  • Masukkan air secara bertahap sambil mengaduknya hingga empuk dan kering. Angkat sisihkan.
Cara menciptakan Kulit Onde onde :
  • Campurkan tepung beras, tepung beras ketan, garam, serta vanili bubuk kemudian aduk rata.
  • Masak air hingga panas namun jangan biarkan mendidih. Angkat.
  • Tuangkan air panas ke dalam adonan tepung sedikit demi sedikit, aduk rata hingga adonan menjadi sanggup dipulung.
  • Ambil adonan tepung sebanyak 2 sendok makan, kemudian pipihkan pada tangan untuk menciptakan cekungan.
  • Isi cekungan dengan adonan isi kacang hijau, tutup adonan dan bentuk lingkaran kembali menjadi menyerupai bola-bola.
  • Celupkan adonan onde onde pada air dingin. Kemudian Guling gulingkan pada wijen sambil ditekan tekan sedikit,dan  putar menggunakan kedua telapak tangan biar bentuknya semakin lingkaran dan wijen sanggup melekat rata.
  • Panaskan minyak sehabis itu kecilkan api dan goreng camilan anggun onde onde hingga mengapung dan berwarna kekuningan. Angkat dan tiriskan.
  • Onde onde nikmat disajikan ketika masih hangat. untuk 12 buah.
Sangat praktis bukan menciptakan onde onde ini. Meskipun resepnya sederhana namun onde onde ini tetap enak tak kalah dengan aneka camilan anggun basah lainnya. Sangat cocok dihidangkan sebagai sobat minum teh. Semoga sanggup bermanfaat, selamat mencobanya dirumah.

0 Response to "Resep Cara Menciptakan Camilan Elok Onde Onde Jawa Tradisional"