Latest News

Resep Menciptakan Camilan Cantik Bugis Tradisional Makasar Enak

Kue Bugis pasti yang belum pernah dengar masakan ringan cantik ini tahunya masakan ringan cantik ini berasal dari kawasan makasar sehingga dikenal dengan nama kue bugis makasar. Namun ada yang bilang masakan ringan cantik tradisional bugis ini berasal dari kawasan sumatra ada pula yang bilang dari jawa barat. Tapi yang terperinci masakan ringan cantik ini yakni kue tradisional khas Nusantara yang telah usang dikenal di Indonesia. 

Kue berair tradisional ini terbuat dari ketan sehingga rasanya kenyal dan sedikit lengket, tapi ketika digigit isi dari masakan ringan cantik bugis ini dapat pribadi terasa dilidah. Resep masakan ringan cantik bugis ini memang istimewa sebab proses pembuatannya juga masih tradisional.

Kue ini menyerupai kue mendut yang ada di kawasan Jawa Tengah. Campuran daun pandan membuat masakan ringan cantik bugis bewarna hijau menggoda. Biasanya masakan ringan cantik bugis disajikan dengan saus santan menyerupai mirip masakan ringan cantik mendut santan. Kue bugis tradisional biasa disajikan ketika hajatan atau arisan. Kue tradisional bugis ini Nikmat juga disajikan sebagai teman minum teh, ketika santai bersama keluarga. Saat ini kue khas bugis ini sudah mulai jarang kita jumpai baik di toko masakan ringan cantik maupun pasar jajanan tradisional. Berikut Resep Membuat Kue Bugis Tradisional.

pasti yang belum pernah dengar masakan ringan cantik ini tahunya masakan ringan cantik ini berasal dari kawasan makasar sehingg Resep Membuat Kue Bugis Tradisional Makasar Enak

Bahan Membuat masakan ringan cantik bugis
tepung ketan 25 gr 
tepung kanji 50 gr 
air daun pandan 100 ml 
air 150 ml
air kapur sirih  1 sdt 
200 ml santan kental
Daun pisang ( untuk membungkus )

Isi masakan ringan cantik bugis 
kelapa  100 gr (agak muda,  parut)
gula pasir 2 sdm
gula merah 100 gr  ( iris halus )
garam 1/2 sdt
100 ml air

Cara menciptakan Kue Bugis:
  • Membuat isi masakan ringan cantik bugis : Campurkan semua materi isi masakan ringan cantik bugis jadi satu hingga gula merah lumer dan bermetamorfosis gabungan yang agak agak kering.  Angkat dan dinginkan gabungan isi kue.
  • Membuat Kulit masakan ringan cantik : Campurkan tepung ketan, tepung kanji dan ar daun pandan serta air kapur sirih, campur hingga gabungan menjadi kalis. Beri air secukpnya Usahakan gabungan jangan hingga encer sebab kebanyakan air. Diamkan  sebentar.
  • Ambil gabungan kulit sebanyak 1 sdm lalu Isi dengan gabungan isi masakan ringan cantik bugis selanjutnya bulatkan gabungan kulit tersebut. Beri sedikit santan kental selanjutnya letakan kedalam wadah tahan panas dan  Kukus hingga matang. Angkat. 
  • Sebelum hirau taacuh bungkus tiap bulatan gabungan masakan ringan cantik bugis dengan daun pisang bentuk segitiga atau sesuai selera. Biarkan dingin. Kue bugis sipa dihidangkan. 
Cara menciptakan masakan ringan cantik bugis ini cukup gampang dibentuk dengan materi yang gampang ditemukan disekitar kita. Coba juga resep menciptakan nagasari untuk menemani masakan ringan cantik bugis yang telah anda buat. Selamat mencoba resep menciptakan masakan ringan cantik bugis makasar. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Resep Menciptakan Camilan Cantik Bugis Tradisional Makasar Enak"