Latest News

Resep Menciptakan Es Pisang Ijo Makassar Segar

Pisang ijo ada juga yang menyebutnya kue pisang ijo merupakan jenis makanan khas Makasar yang dibentuk dari materi pisang yang dibalut dengan tepung dengan warna hijau dari gabungan air daun suji. Biasa disajikan sebagai kuliner berbuka puasa di bulan ramadhan.  Rasanya anggun dan seger menyerupai mirip bubur sum sum namun pisang ijo tidak bikin enek. Apalagi dengan perhiasan serutan es dan sedikit siraman sirup pastinya semakin lezat.

Rasanya yang enak dan segar membuat es pisang ijo banyak disukai. Minuman ini semakin terkenal ketika mulai dilirik oleh para pengusaha waralaba atau franchise es pisang ijo. Saat ini es pisang ijo sudah dapat ditemukan di bandung dan jabodetabek.

Anda ingin membuat es pisang ijo sebagai bisnis atau sekedar untuk disantap bersama keluarga sendiri? Cara menciptakan es pisang ijo khas makassar ini cukup gampang dan sederhana. Resep Membuat Es Pisang Ijo Makassar ini sedikit di modivikasi dari resep aslinya.

 yang dibentuk dari materi pisang yang dibalut dengan tepung dengan warna hijau dari gabungan Resep Membuat Es Pisang Ijo Makassar Segar

Bahan Kulit Pisang Ijo:
tepung sagu 50 gram 
tepung beras 175 gram ( ayak )
pisang raja matang 6 buah 
daun suji 100 ml air 
air 300 ml 
garam 1/2 sdt

Bahan Kuah Pisang Ijo
santan
tepung terigu
daun pandan

Bahan Tambahan Es Pisang Ijo:
Cokelat meses
Serutan keju cheddar
Susu kental manis
Sirup strawberry
Es serut

Cara Membuat es Pisang Ijo :
  • Membuat kuah  : campurkan materi kuah pisang ijo jadi satu. masak diatas kompor dengan api sedang sambil diaduk hingga mendidih. Angkat.
  • Campurkan air, tepung beras, daun suji dan garam jadi satu. Masak dengan api yang sedang sambil diaduk hingga mendidih. Aduk hingga rata dan adonan menjadi lembut. Angkat.
  • Selanjutnya bertahap tambahkan tepung terigu ke dalam adonan kemudian aduk hingga adonan menjadi kalis.
  • Ambil adonan menjadi 6 bab kemudian bentuk lingkaran dan tipiskan dengan ketebalan  1/2 cm. Balut pisang dengan adonan hingga tertutup rata kemudian kukus hingga matang. Angat dan dinginkan.
  • Ambil 1 buah pisang ijo kemudian iris serong tipis, letakan pada piring dan siram dengan kuah pisang ijo. Tambahkan Cokelat meses,  keju dan es serut kemudian siram dengan susu kental anggun dan sirup strawberry. 
Es pisang ijo ini untuk 6 buah sajikan dikala panas disiang hari niscaya segar. Selamat Mencoba Resep Membuat es pisang ijo, supaya bermanfaat. Coba juga resep puding cokelat yang enak dan lezat.

0 Response to "Resep Menciptakan Es Pisang Ijo Makassar Segar"