Latest News

Cara Menciptakan Kripik Tempe Renyah Dan Gurih

Keripik tempe atau Kripik Tempe merupakan Makanan gurih dan renyah yang dibentuk dari tempe tipis yang dicelupkan gabungan tepung kemudian digoreng garing. Keripik tempe dikenal diberbagai kawasan di indonesia ibarat Keripik tempe bandung, kripik tempe malang dan Kripik tempe banyumas. Rasanya gurih dan renyah, cocok sekali buat cemilan bahkan lauk pauk. Apalagi kandungan protein yang ada pada kedelai sebagi bahan utama membuat kripik banyak mengandung protein sehingga keripik tempe  baik untuk dikonsumsi.

Kripik tempe sebagai oleh oleh biasa ditemukan di tempat tempat wisata hingga toko oleh oleh. Selain itu keripik tempe juga di jual di warung warung hingga pasar tradisional. Memang keripik tempe ini sangat merakyat dan disukai semua kalangan. Keripik tempe sanggup bertahan cukup usang serta cara pembuatan keripik tempe juga relatif mudah. Sehingga Usaha keripik tempe ini pun berkembang dan menjadi lahan bisnis yang cukup menguntungkan. Kripik tempe banyak di produksi oleh industri rumahan.

Meskipun gampang dibuat, supaya hasil kripik tempe tetap gurih dan renyah, dalam pembuatannya perlu kebersihan dan ketelitian. Pemilihan bahan baku kripik tempe yang baik menjadi kunci sukses biar kualitas keripik sanggup maksimal. Minyak untuk menggoreng haruslah minyak baru, sebaiknya tempe diiris dikala kita akan menggorengnya saja, sebab jamur tempe sanggup berkembang cepat bila dibiarkan usang yang menyebabkan keripik tempe kurang gurih.

 yang dibentuk dari tempe tipis yang dicelupkan gabungan tepung kemudian digoreng garing Cara Membuat Kripik Tempe Renyah dan Gurih

Cara menciptakan keripik tempe hampir sama dengan cara menciptakan tempe mendoan atau tempe selimut. Namun jenis tempe dan cara menggorengnya yang berbeda. Bumbu keripik tempe juga lebih sedikit dan sederhana. Untuk lebih jelasnya berikut resep cara menciptakan keripik tempe renyah.

Bahan Membuat Keripik Tempe
5 kg Tempe ( Iris tipis )
0,5  kg Tepung beras 
1 kg Minyak goreng / Minyak kelapa
1/2 sdm Ketumbar 
5 gram Kemiri
3 siung Bawang putih
Kapur sirih secukupnya
Santan secukupnya
Garam secukupnya

Cara menciptakan keripik tempe renyah
  • Gerus bumbu ketumbar, bawang putih dan kemiri hingga halus
  • Campurkan tepung beras dengan kapur sirih kedalam ember kemudian tambahkan bumbu yang telah dihaluskan, aduk hingga rata tambahkan sedikit garam. 
  • Selanjutnya masukan santan bertahap sambil diaduk hingga tercipta gabungan yang encer.
  • Celupkan tempe yang diiris tipis kedalam adonan. Kemudian goreng pada minyak panas hingga matang dan kering. Angkat dan tiriskan.
  • Biarkan dingin, Simpan keripik tempe dalam plastik atau toples kedap udara biar lebih tahan lama.
Tidak terlalu sulit bukan membuat keripik tempe ini, anda sanggup mencobanya sendiri dirumah dan siapa tahu sanggup menjadi peluang perjuangan anda. Keripik tempe ini juga nikmat di jadikan lauk dan pelengkap bubur ayam lho.

0 Response to "Cara Menciptakan Kripik Tempe Renyah Dan Gurih"