Latest News

Resep Cara Menciptakan Yangko Jogja Istimewa

Yangko merupakan jajanan khas kota Yogyakarta berbentuk kotak dengan baluran tepung biasanya tepung maizena atau tepung terigu. Kue Yangko terbuat dari ketan putih sehingga mempunyai teksture yang lembut dan kenyal. Aslinya masakan ringan bagus yangko ini di isi dengan kacang tanah tapi kebanyakan kini yangko yang dijual di toko oleh oleh tanpa isi tapi rasanya tetap lezat kok. Terkadang ada orang yang salah mengatakan kue wingko dan masakan ringan bagus yangko, mungkin alasannya yaitu namanya yang ibarat padahal kedua masakan ringan bagus ini sangat berbeda.

Kue  yangko ini bila di samakan dengan masakan ringan bagus jepang mungkin sama dengan moci. Namun ada yang berbeda, yangko tidak lembek ibarat moci serta tidak sekenyal moci bentuknya kotak. Yangko juga mempunyai amis harum yang khas menarik hati selera. Asal ajakan masakan ringan bagus yangko ada yang bilang masakan ringan bagus ini dari kata kiyangko yang kemudian dikenalkan oleh mbah ireng semenjak tahun 1921 dan gres pada tahun 1939 yangko dikenal luas di masyarakat.

Yangko selalu mengikuti zaman sehingga yangko tetap disukai oleh masyarakat. Dalam perkembangannya cara menciptakan yangko tanpa isi dan digantikan dengan yangko aneka rasa dengan menambah esense rasa buah ketika menciptakan adonan.  Bentuknya tidak banyak berubah semenjak dahulu kala yaitu kotak kecil dan tetap keyal, lembut dan manis.

Kue tradisional ini gampang ditemukan di hampir semua daerah wisata dan toko jajanan di yogyakarta bahkan juga toko oleh oleh diluar yogyakarta ibarat magelang. Harga yang ditawarkan bervariasi tergantung brand dan daerah yangko dijual. Biasanya antara 8000 hingga 10000 perkotak ( ketika goresan pena ini dibentuk ) dari toko produksi. Namun bila anda membeli masakan ringan bagus yangko ini di sentra oleh oleh harganya akan lebih mahal antara 13.000 – 15.000 apalagi bila di daerah tempat wisata atau daerah tempat umum.

Untuk membuat yangko tradisional sebenarnya tidaklah sulit. Namun memang memerlukan kesabaran dan ketelitian. Untuk menciptakan yangko yang berkualitas baik biasannya para produsen yangko menciptakan sendiri tepung beras ketannya. Namun bila anda ingin mencoba coba resep yangko sendiri boleh saja anda membeli tepung beras ketan untuk menciptakan yangko.  Berikut resep menciptakan yangko jogja :

 merupakan jajanan khas kota Yogyakarta berbentuk kotak dengan baluran tepung biasanya tep Resep Cara Membuat Yangko Jogja Istimewa

Resep Bahan Membuat Yangko
Tepung ketan 500g
margarin 2 sdm
santan 300 ml (1/2 butir kelapa)
garam secukupnya
tepung maizena 100g ( untuk taburan sanggup juga memakai tepung terigu )
Resep Isi Yangko
Kacang Tanah 140 g 
gula pasir 140 g

Cara menciptakan yangko jogja
  • isi yangko : kacang tanah ditumbuk kemudian disangrai hingga halus kemudian masuka gula pasir sambil di aduk rata.  Sisihkan
  • Aduk tepung ketan dengan air hingga rata kemudian saring campuran sanggup memakai kain bersih.
  • Masukan margarin yang telah dilelehkan aduk rata sambil memasukan air santan, garam dan pewarna. aduk rata kembali.
  • Siapkan loyang, alasi dengan plastik sehabis itu tuangkan campuran yangko ke dalam loyang. Kukus campuran selama kurang lebih 45 menit hingga matang. Angkat dan dinginkan.
  • Keluarkan yangko yang telah masak dari loyang dan bagi menjadi dua bagian.
  • Berikan campuran isi di salah satu yangko dan ratakan, Tutup dengan yangko lainnya.
  • Potong kotak yangko sehabis itu guling gulingkan dengan tepung maizena. Bungkus Yangko dengan kertas minyak.
Yangko memang gampang dibentuk ibarat ketika memakannya. Kue yangko ini gampang ditemui di sentra oleh leh di jogja. Jika anda pergi ke jogja jangan lupa membeli yangko sebagai oleh-oleh atau boleh juga bila anda ingin menciptakan yangko sendiri, Silakan anda mencoba resep menciptakan yangko jogja dirumah. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Resep Cara Menciptakan Yangko Jogja Istimewa"