Latest News

Resep Cara Menciptakan Camilan Cantik Gemblong Ketan Hitam Tradisional

Kue Gemblong aneh, pertama dengar nama kue gemblong memang sedikit asing dan lucu. Awalnya Kue ini saya kira combro yang dilapisi dengan gula namun ternyata bukan. Gemblong termasuk jenis Jajanan pasar yang gampang kita jumpai di pasar pasar tradisional terutama di jawa.

Cara buat gemblong cukup mudah, makanan ringan cantik gemblong dibuat memakai tepung ketan yang dibuat gabungan kemudian digoreng. Tepung ketan yang dipakai sanggup memakai tepung ketan putih untuk membuat gemblong ketan putih serta sanggup pula memakai ketan hitam untuk membuat gemblong ketan hitam. Selain memakai beras ketan gemblong ada juga yang dibuat dari tepung singkong.

Jajanan tradisonal yang satu ini memang unik dan khas. Rasa makanan ringan cantik gemblong ketan legit cantik gurih, tak ibarat bentuknya, Gemblong ternyata juga empuk rasanya serta mengenyangkan sanggup menjadi pengganjal perut yang sedang keroncongan. Jika anda ingin membuat makanan ringan cantik gemblong ketan hitam berikut resep yang sanggup anda coba.

 yang dilapisi dengan gula namun ternyata bukan Resep Cara Membuat Kue Gemblong Ketan Hitam Tradisional
sumber gambar

Bahan Membuat Kue Gemblong Ketan Hitam:
tepung ketan hitam 150 gram 
ketan putih 150 gram tepung 
kelapa parut kering 75 gram 
garam 1 sdt 
air jeruk nipis 1 sdt ( selera )
santan hangat 200 ml  
Minyak goreng untuk menggoreng.

Lapisan Gemblong Ketan  :
75 gram gula pasir 
2 sdm  air 

Cara Membuat Gemblong Ketan Hitam

  • Campurkan tepung ketan hitam dan ketan putih, kelapa parut dan garam kemudian aduk rata.
  • Masukkan santan hangat serta air jeruk nipis, aduk rata hingga gabungan sanggup dibentuk.
  • Ambil gabungan sebanyak 1 sdm, memakai selembar plastik, pulungi gabungan semoga bentuknya menjadi oval. Lakukan hingga semua gabungan habis sisihkan.
  • Siapkan minyak dengan panas sedang,goreng gabungan makanan ringan cantik gemblong hingga makanan ringan cantik mengapung dan matang, angkat kemudian tiriskan.
  • Panaskan gula diatas api sedang tambahkan air, masak hingga kental dan mengeluarkan buih, masukkan makanan ringan cantik gemblong, aduk rata hingga permukaan makanan ringan cantik gemblong tertutup gula.
  • Biarkan semoga gula mengeras dan menempel pada makanan ringan cantik gemblong angkat dan siap disajikan.
Mari kita lestarikan kue gemblong semoga makanan ringan cantik gemblong tetap sanggup dinikmati hingga kapanpun.  Kue berair tradisional ini sanggup menjadi alternatif anda yang ingin menciptakan jajanan sehat untuk anak dan keluarga alasannya makanan ringan cantik gemblong dibuat dari materi dan cara yang tradisional. Selamat mencoba resep makanan ringan cantik gemblong ketan hitam dan semoga bermanfaat


0 Response to "Resep Cara Menciptakan Camilan Cantik Gemblong Ketan Hitam Tradisional"