Latest News

Manfaat Dan Dampak Samping Bawang Putih Untuk Kesehatan

Manfaat Dan Efek Samping Bawang Putih Untuk Kesehatan - Bawang putih merupakan salah satu bumbu kuliner yang semenjak dahulu dikenal mempunyai banyak keuntungannya lantaran di dalam bawang putih banyak terkandung vitamin C, kalsium, anti virus, anti bakteri, anti oksidan dan lain sebagainya. Namun dibalik manfaat juga ada beberapa imbas samping. Agar pembahasannya tidak terlalu panjang dan lebar eksklusif saja anda simak bebetapa keterangan dari kami, biar sanggup bemanfaat dan menambah wawasan anda.

Kandungan nutrisi bawang putih

Di bawah ini yaitu nutrisi yang diperoleh dari bawang putih per 136 gram bawang putih
* Vitamin C, memenuhi 70% kebutuhan harian
* Kalsium, memenuhi 25% kebutuhan harian
* Besi, memenuhi 14% kebutuhan harian
* Karbohidrat (45 gram), memenuhi 15% kebutuhan harian
* Serat ( 3 gram ), memenuhi 11% kebutuhan harian

Nutrisi yang terdapat dalam bawang putih tersebut sangat bermanfaat buat tubuh manusia. Uniknya bawang putih tidak mengandung zat atau nutrisi yang mungkin sanggup berbahaya buat tubuh kalau terlalu besar ibarat kalori dan lemak jenuh.
Manfaat Dan Efek Samping Bawang Putih Untuk Kesehatan  Manfaat Dan Efek Samping Bawang Putih Untuk Kesehatan
Manfaat Dan Efek Samping Bawang Putih Untuk Kesehatan

Manfaat bawang putih untuk kesehatan

1. Sumber antivirus/ anti bakteri/ antioksidan yang ampuh

Khasiat yang paling populer dari bawang putih yaitu mengandung antioksidan yang sanggup bermanfaat untuk tubuh, bukan hanya untuk mencegah, bawang putih juga dikenal sebagai antivirus dan juga antik basil yang sanggup mencegah perkembangan basil serta virus.

2. Bawang putih herbal anti kanker

Dalam sebuah penelitian menyampaikan kalau ternyata bawang putih sanggup berguna untuk mengatasi penyakit yang berbabahaya ibarat kanker, bawang putih tersebut sangat efektif untuk mencegah pertumbuhan sel dari banyak sekali jenis kanker yang berbahaya.

3. Meningkatkan metabolisme zat besi

Menurut para ahli, bawang putih sanggup meningkatkan protin ferroportin sehingga akan meningkatkan peredaran zat besi yang diperlukan oleh tubuh manusia.

4. Obat infeksi

Dalam bawang putih terkandung nutrisi ibarat antivirus, anti basil dan anti benalu yang sanggup bermanfaat buat penyembuhan banyak sekali infeksi.

5. Obat pilek dan batuk

Gangguan pernapasan ibarat batuk dan pilek sanggup diatasi memakai bawang putih, hal ini lantaran kandungan vitamin C, antivirus dan anti basil yang terdapat dalam bawang putih. Bawang putih juga sanggup berguna untuk menyembuhkan jerawat pada jalan masuk pernapasan.

6. Obat sakit gigi

Sakit gigi memang sangat menyiksa sekali, namun siapa sangka ternyata bawang putih sanggup mengatasi problem sakit gigi. Sakit gigi umumnya disebabkan oleh bakteri, nah bawang putih mempunyai sifat anti basil dan anti virus yang sanggup membunuh basil yang mengakibatkan sakit gigi.

7. Mencegah demensia dan penyakit alzheimer

Bawang putih terbukti sanggup meningkatkan enzim antioksidan pada manusia, secara siginifikan sanggup mengatasi setres oksidatif pada pasien dengan tekanan darah tinggi. Manfaat adonan dari pengurangan kolesterol dan tekanan darah, serta sifat antioksidan sanggup membantu mencegah penyakit otak umum ibarat demensia dan alzheimer.

8. Bawang putih sanggup memangkas berat badan

Dalam sebuah study menemukan bahwa zat anti inflamasi yang terdapat dalam bawang putih sanggup membantu mengatur sel lemak yang terbentuk dalam tubuh, hal tersebut sanggup menghambat terjadinya proses inflamasi yang tentunya baik untuk mencegah kenaikan berat badan.

9. Ampuh menurunkan tekanan darah tinggi

Diantara manfaat bawang putih yang sudah teruji yaitu sanggup efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Bahkan imbas bawang putih ini sanggup menurunkan tekanan darah pada orang yang normal.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi tekanan darah tinggi

10. Ampuh memangkas kolesterol jahat ( LDL )

Diantara khasiat bawang putih lainnya yaitu sanggup menurunkan kolesterol jahat dan sanggup memangkas LDL ( kolesterol jahat ) dalam tubuh secara signnifikan. Produksi insulin sendiri juga sanggup dipacu dengan mengkonsumi bawang putih.

Baca juga : Cara alami menurunkan kolesterol yang tinggi

11. Baik untuk kesehatan jantung

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya kalau bawang putih sanggup ampuh menurunkan tekanan darah tinggi serta mengontrol kolesterol itu tandanya bawang putih juga baik untuk kesehatan jantung. Seperti kita ketahui bahwa kesehatan jantung sanggup terancam lantaran kolesterol yang tinggi atau tekanan darah yang tinggi.

12. Mengatur kadar gula pada penderita diabetes

Buat penderita diabetes sangat baik kalau mengkonsumsi bawang putih. Dengan mengkonsumsi bawang putih sanggup meningkatkan sekresi insulin yang membantu mengatur kadar gula dalam darah penderita diabetes.

Baca juga : Cara gampang cegah diabetes semenjak dini

13. Mengobati asma

Asma merupakan penyakit yang berafiliasi dengan pernapasan. Penyakit asma sanggup disembuhkan dengan bawang putih. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam bawang putih sangat ampuh untuk menetralisir radikal bebas yang mengakibatkan kontrakasi pada belahan jalan pernapasan.

Efek samping bawang putih

1. Bau verbal lebih menyengat

Bau verbal anda akan menyengat ketika sesuai memakan bawang putih, busuk tersebut sanggup hilang kalau anda segera menggosok gigi anda. Namun jangan kaget kalau beberapa ketika kemudian keringat anda juga busuk menyengat.

2. Bau keringat menyengat

Senyawa allicin yang terdapat dalam bawang putih sanggup memperlihatkan aroma bawang pada keringat yang anda hasilkan. Orang yang sesuai makan bawang putih biasanya keringatnya akan busuk khas bawang putih.

Baca juga : Cara alami dan cepat mengatasi busuk tubuh menyengat

3. Merusak jalan masuk pencernaan

Bawang putih mentah yang dikonsumsi begitu saja sanggup merusak sistem pencernaan anda, diantara imbas samping yang mungkin sanggup terjadi yaitu sanggup terjadi iritasi pada lambung anda.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi asam lambung

4. Memicu diare

Gangguan pencernaan lainnya yang dihasilkan dari bawang putih yaitu sanggup menciptakan terjadinya diare atau mencret. Bahkan parahnya hingga sanggup terjadi muntaber.

5. Memacu reaksi alergi

Bawang putih juga sanggup memacu reaksi alergi. Paling parah yaitu terjadi gangguan pernapasan. Biasanya buat orang yang benar-benar alergi dengan bawah putih yaitu akan mengalami kesulitan dalam bernafas.

6. Memicu rasa panas di mulut

Sebaiknya hindari memakan bawang putih dalam keadaan mentah, hal tersebut lantaran rasa panas sanggup menjalar pada verbal anda, alasannya yaitu senyawa allicin yang gres saja keluar sanggup memicu imbas panas yang terbakar dalam mulut.

Demikianlah warta tentang  Manfaat Dan Efek Samping Bawang Putih Untuk Kesehatan. Semoga warta diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "Manfaat Dan Dampak Samping Bawang Putih Untuk Kesehatan"