Latest News

Resep Cara Menciptakan Abon Ikan Lele Spesial

Abon ikan Lele merupakan Salah satu masakan dari ikan lele. Abon ikan Istimewa ini lezat disajikan sebagai lauk nasi enak, isi kue lemper atau aneka gabungan makanan. Abon lele mempunyai kadar protein yang tinggi dan kadar kolestrol yang rendah. Bisa menjadi alternatif lain untuk yang tidak mengkonsumsi daging sapi.  

Kelebihan lain abon ikan lele dibanding dengan abon dari materi  hewani lainnya alasannya yaitu ikan lele mempunyai kadar Leusin dan Lisin yang cukup banyak. Leusin merupakan asam amino esensial yang berkhasiat untuk perkembangan dan pertumbuhan anak anak serta menjaga keseimbangan nitrogen. Leusin juga bermanfaat untuk membentuk protein otot sehingga abon lele baik untuk ibu hamil dan anak anak

Soal rasa jangan salah, abon lele tak kalah dari abon sapi atau abon lainnya. Rasa abon lele lebih gurih dari abon sapi. Sekarang bisnis abon lele juga mulai dilirik oleh para usahawan alasannya yaitu mempunyai nilai ekonomi yang baik. Usaha abon lele ini sanggup dijalankan mulai dari perjuangan menengah keatas dan menengah kebawah.

Harga abon lele yang relatif terjangkau berkisar Rp 8.000 - Rp 10.000 menciptakan konsumen abon lele bervariasi mulai dari kalangan menengah kebawah hingga kalangan berada. Bahkan perjuangan abon ikan lele ada yang sudah hingga ke luar negeri.

Jika anda ingin menciptakan abon lele anda sanggup mencoba resep menciptakan abon ikan lele. Abon dari ikan lele ini merupakan jajanan lezat yang sanggup juga dijadikan untuk isi roti dan camilan anggun biasa dijadikan untuk taburan atau isi. Makara tak ada salahnya kan, berikut resep dan proses pembuatan abon lele.

 Abon ikan Lele merupakan Salah satu masakan dari ikan lele Resep Cara Membuat Abon Ikan Lele Spesial


Bahan Membuat Abon Lele
10 kg Lele Segar
Gula Pasir 1 kg
3 kg Gula Merah
100 gram Jahe
10 batang Sereh
50 gram Ketumbar
250 gram Lengkuas
10 lembar Daun Salam
250 gram Bawang Putih
250 gram Bawang Merah
100 gram Asam Jawa  ( rebus menggunakan air 200 cc saring untuk diambil airnya )
Garam secukupnya
2 kg Minyak goreng

Proses Pembuatan Abon Ikan Lele
  • Siapkan ikan lele segar yang telah dimatikan kemudian potong bab kepalanya kemudian pisahkan kulit dan daging sesudah itu bersihkan isi perutnya. Selanjutnya pisahkan antara daging dan tulang. sisihkan
  • Kukus daging ikan lele yang telah dibersihkan hingga matang, dinginkan.
  • Suwiri daging ikan lele sanggup menggunakan garpu hingga halus.
  • Persiapkan bumbu-bumbu, haluskan   lengkuas, bawang merah, bawang putih, jahe, ketumbar,  kemudian bumbu yang telah halus ditumis dengan minyak goreng hingga beraroma harum, Masukan  daun salam serta sereh kemudian tambahkan air gula pasir, gula merah, asam jawa dan garam. 
  • Selanjutnya masukan daging ikan lele yang telah dihaluskan. Aduk hingga bumbu meresap.
  • Panaskan minyak goreng kemudian goreng daging ikan lele bertahap secara bertahap hingga bewarna kecoklatan, angkat dan tiriskan.
  • Langakah selanjutnya masukkan daging ikan dalam alat pengepres minyak untuk mengurangi kadar minyak semoga tidak tengik dan gampang basi.
  • Abon lele siap disajikan, simpan dalam toples atau plastik kedap udara semoga lebih tahan lama
Abon lele sanggup bertahan usang hingga beberapa bulan, kalau anda menyimpannya dengan benar abon lele sanggup bertahan hingga 3 bulan. Abon lele gampang dibentuk dan tidak  memerlukan penganan khusus dan mempunyai banyak manfaat. Anda sanggup menciptakan abon lele ini untuk dikonsumsi sendiri atau sanggup juga untuk bisnis. Selamat mencoba resep menciptakan abon ikan lele. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Resep Cara Menciptakan Abon Ikan Lele Spesial"